Ini Deretan Orang Tajir di Dunia yang Tahun 2018 Kekayaannya Makin Menjadi-jadi

Miliarder dunia yang kekayaannya bertambah pada tahun 2018. (Pixabay)

Sebentar lagi tahun 2018 bakal berakhir. Rupanya selama satu tahun terakhir, ada beberapa miliarder dunia yang diam-diam bertambah lho pundi-pundi kekayaannya.

Padahal, seperti yang kamu tahun, tahun 2018 diwarnai peristiwa yang memengaruhi dunia keuangan secara global. Misalnya aja isu perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang dampaknya terasa sampai ke Indonesia.

Walaupun situasi ini menyebabkan kekayaan sejumlah miliarder menyusut, ternyata ada beberapa miliarder yang kekayaannya malah meningkat besarannya. Wah, kalo gitu, makin tambah kaya dong ya?

Penasaran siapa aja miliarder yang makin kaya sepanjang tahun 2018? Cek yuk dalam ulasan berikut ini seperti yang dikutip dari Forbes.

Baca Juga: Ini Sosok Miliarder di Balik Perusahaan Teknologi Raksasa di Dunia

1. Jeff Bezos

Jeff Bezos, miliarder yang kekayaannya bertambah tahun ini. (Instagram/@jeffbezos)
Jeff Bezos, miliarder yang kekayaannya bertambah tahun ini. (Instagram/@jeffbezos)

Kayaknya tahun 2018 ini menjadi tahun yang gemilang buat miliarder dunia yang satu ini. Udah namanya berada di urutan teratas dalam daftar orang terkaya di dunia, di akhir tahun, namanya tercatat sebagai miliarder yang kekayaannya bertambah.

Gak bisa dipungkiri, perkembangan Amazon yang pesat turut menambah kekayaan Jeff Bezos yang besaran kenaikannya mencapai US$ 27,9 miliar atau Rp 406 triliun. Apalagi, harga saham Amazon sempat naik di pertengahan tahun sehingga turut berefek ke kekayaan Bezos.

Kenaikannya aja segitu, gimana total kekayaannya ya? Dari data yang terakhir dirilis, kekayaan Bezos telah mencapai US$ 126,2 miliar atau Rp 1.840 triliun. Luar biasa banget Bezos ini. Kekayaannya aja udah mau menyamai pendapatan Negara.

Baca Juga: Jeff Bezos hingga Bill Gates, 6 Kampus Ini Pencetak Miliarder Dunia

2. Tadashi Yanai

Tadashi Yanai, miliarder yang kekayaannya meningkat Rp 102 triliun. (Instagram/@tadashiyanai67)
Tadashi Yanai, miliarder yang kekayaannya meningkat Rp 102 triliun. (Instagram/@tadashiyanai67)

Pernah belanja di Uniqlo atau pernah lihat tokonya di dalam mall-mall? Gak disangka kekayaan bos dari brand pakaian ternama ini meningkat di tahun 2018.

Diketahui, kekayaan Tadashi Yanai naik sebesar US$ 7 miliar atau Rp 102 triliun. Peningkatan kekayaan miliarder dunia ini disebabkan naiknya harga perusahaan induk Uniqlo, yaitu Fast Retailing Co. sejak Desember 2017.

Udah gitu penjualan Uniqlo secara global meningkat buat pertama kalinya. Asal tahu aja nih, peningkatan penjualan global ini melebihi presentase penjualan di Jepang.

Baca Juga: Mengapa Miliarder Dunia Seperti Bill Gates dan Jack Ma Mau Jadi Filantropis

3. Vagit Alekperov

Miliarder Vagit Alekperov, kekayaannya bertambah Rp 67 triliun. (Instagram/@vagitalekperovv)
Miliarder Vagit Alekperov, kekayaannya bertambah Rp 67 triliun. (Instagram/@vagitalekperovv)

Bagusnya harga minyak dan gas beberapa waktu yang lalu bikin Lukoil, perusahaan migas asal Rusia, meraup banyak untung. Efeknya bikin harga saham Lukoil naik yang tentu aja bikin bos Vagit Alekperov diuntungkan dengan bertambahnya kekayaan yang dimilikinya.

Pertambahan kekayaan miliarder asal Rusia ini dilaporkan mencapai US$ 4,6 miliar atau Rp 67 triliun. Kabar bertambahnya kekayaan Vagit Alekperov juga gak lepas dari melemahnya nilai Rubel Rusia di tahun ini.

Berkat situasi tersebut, kekayaan miliarder ini menyentuh angka US$ 19,5 miliar atau Rp 284 triliun.

4. Rupert Murdoch

Kekayaan miliarder Rupert Murdoch naik Rp 67 triliun tahun ini. (Wikimedia Commons/ Flickr/Eva Rinaldi)
Kekayaan miliarder Rupert Murdoch naik Rp 67 triliun tahun ini. (Wikimedia Commons/ Flickr/Eva Rinaldi)

Sosok yang dijuluki “Raja Media” ini sepertinya menikmati tahun 2018 ini. Sebab kekayaan miliarder ini naik sebesar US$ 4,6 miliar atau setara Rp 67 triliun. Saat ini, total kekayaan yang dimiliki Rupert Murdoch telah mencapai US$ US$ 19,3 miliar atau Rp 281 triliun.

Beritanya nih, harga beberapa saham anak perusahaan News Corporation dilaporkan turun. Namun, saham 21st Century Fox mengalami kenaikan harga yang signifikan di tahun 2018 ini. Tentu aja, kenaikan harga tersebut mendongkrak kekayaan Murdoch.

Asal tahu aja nih, News Corporation adalah induk perusahaan buat beberapa media besar. Beberapa medianya pasti udah kamu kenal, seperti The Wall Street Journal dan New York Post.

Melonjaknya harga saham 21st Century Fox kabarnya juga gak lepas dari keputusan Walt Disney buat membeli 21st Century Fox. Seperti yang udah ramai diberitakan, Walt Disney akhirnya sukses mengakuisisi Walt Disney dengan nilai US$ 71 miliar atau Rp 1.036 triliun.

5. Leonid Mikhelson

Miliarder Rusia Leonid Mikhelson, dapat tambahan kekayaan Rp 58 triliun tahun ini. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента России)
Miliarder Rusia Leonid Mikhelson, dapat tambahan kekayaan Rp 58 triliun tahun ini. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента России)

Ada pula perusahaan gas yang diuntungkan dari naiknya harga gas dunia, yaitu Novatek. Harga saham Novatek bergerak naik. Naiknya harga saham perusahaan gas alam asal Rusia ini juga gak lepas dari meningkatnya permintaan gas alam secara internasional.

Leonid Mikhelson sebagai bos Novatek jelas diuntungkan dari peningkatan harga saham perusahaannya. Kekayaan pria asal Rusia ini dilaporkan naik sebesar US$ 4 miliar atau Rp 58 triliun. Kini total kekayaannya mencapai US$ 21,4 miliar atau Rp 312 triliun.

Udah tahu kan sekarang siapa aja miliarder yang kekayaannya makin menjadi-jadi di tahun ini? Kalau di tahun 2019, pergerakan harga saham mereka makin menanjak, gak menutup kemungkinan kekayaan mereka yang disebut di atas bisa melonjak lebih dari tahun ini. Makin kaya banget deh mereka! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →