Syarat dan Cara Daftar Pajak Online dengan Mudah

Prosedur Daftar Pajak Online

Yang bilang mendaftar pajak itu ribet, siap-siap menelan ludah sendiri. Karena kini sudah ada layanan daftar pajak online, jadi tidak perlu ke kantor pajak lagi. 

Selain menghemat ongkos transportasi, memanfaatkan layanan online ini bisa dilakukan kapan saja asalkan ada akses internet dari rumah, kantor, maupun di mana saja.

Wajib pajak bisa melakukan pendaftaran online untuk beberapa manfaat, di antaranya pelaporan SPT pajak tanpa antrean panjang dan pembayaran pajak tanpa mendatangi kantor pelayanan pajak (KPP). Di sisi yang sama, konsep pendaftaran terbaru ini justru disarankan agar wajib pajak dapat memiliki akun di situs DJP online

Cara melakukan pendaftaran pajak secara online akan dijelaskan dalam langkah-langkah berikut ini.

Persyaratan untuk Bisa Daftar Pajak Online

Persyaratan untuk Bisa Daftar Pajak Online

Ada tiga syarat utama agar wajib pajak dapat melakukan pendaftaran online, yaitu:

  1. NPWP.
  2. Nomor EFIN.
  3. Alamat surel aktif.

Untuk mendapatkan nomor EFIN, Anda harus mengurusnya langsung ke kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat yang sesuai dengan domisili atau tempat tinggal terdekat.

Salah satu syarat untuk mendapatkan nomor EFIN adalah sudah memiliki NPWP dan alamat surel aktif. Di KPP, Anda hanya perlu mengisi formulir yang disediakan dengan melampirkan KTP asli dan fotokopi kartu NPWP. 

Ikuti Langkah-Langkah Pendaftaran Pajak secara Online Ini

Ikuti Langkah-Langkah Pendaftaran Pajak secara Online Ini

Kini Anda sudah memiliki nomor EFIN di surel yang sudah didaftarkan. Cara daftar pajak online selanjutnya adalah mengikuti langkah-langkah berikut. 

1. Mengunjungi situs DJP Online dan memasukkan nomor EFIN

Kunjungi situs resmi DJP Online untuk melakukan registrasi, yaitu di  djponline.pajak.go.id/registrasi dan memilih tombol daftar untuk melanjutkan proses pendaftaran wajib pajak secara online.

2. Registrasi dan validasi data

Isi laman registrasi secara lengkap berdasarkan kepemilikan NPWP dan Nomor EFIN yang sudah diaktivasi. Pastikan bahwa pengisian nomor NPWP sudah benar, lalu isi kolom yang tersedia hanya dengan angka saja dan tidak perlu diisi dengan strip, spasi, atau titik sesuai yang tertera pada kartu NPWP.

Setelah itu, pastikan mengisi kode keamanan yang ditampilkan di layar sebagai kode verifikasi. Kemudian klik tombol verifikasi.

3. Melengkapi data diri dan menentukan kata sandi

Laman selanjutnya adalah pengisian data diri dan menentukan kata sandi yang akan digunakan untuk mengakses situs DJP online kembali saat nanti dibutuhkan.

Pastikan bahwa alamat surel yang digunakan masih aktif dan sama dengan surel yang didaftarkan saat mengajukan nomor EFIN. Pastikan juga mengisi nomor ponsel utama yang selalu aktif.

Tanya Ahli Hukum Lifepal
Tanya Ahli Hukum Lifepal

Setelah itu, masukkan kata sandi yang diinginkan. Disarankan untuk menggunakan kombinasi huruf dan angka yang mudah diingat dan jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir. Isi kembali kolom kata sandi untuk melakukan verifikasi. Setelah itu, klik Selesai pada menu yang ada di layar.

4. Aktivasi akun surel

Buka surel yang sudah didaftarkan saat mengisi data pribadi. Pastikan ada surel dari DJP online. Situs DJP online akan memberikan tautan sebagai tanda aktivasi akun. Klik tautan tersebut untuk mengaktivasi surel yang sudah didaftarkan.

Jika tidak ditemukan di inbox, cek secara berkala di spam untuk memastikan Anda tidak melewatkannya.

5. Aplikasi DJP Online siap digunakan

Saat aktivasi berhasil dilakukan, pastikan mendapatkan pesan “Aktivasi Akun Berhasil” di situs DJP Online. Pesan tersebut merupakan tanda bahwa akun Anda sudah dapat digunakan di situs DJP online untuk menggunakan layanan dan fitur-fitur yang disediakan. 

Pertanyaan Seputar Aktivasi DJP Online

Pertanyaan Seputar Aktivasi DJP Online

Kegagalan dalam pendaftaran umumnya terjadi karena kesalahan dalam mengisi kode keamanan. Pastikan untuk menuliskan kode keamanan terbaru untuk melanjutkan proses aktivasi. Perlu diperhatikan, kesalahan pendaftaran juga bisa dikarenakan kesalahan dalam menginput kode verifikasi.

Kesalahan lain bisa saja terjadi karena terdapat dua kode aktivasi yang dikirimkan berbarengan. Pilih kode aktivasi yang terakhir diterima untuk proses verifikasi surel atau data. 

Kesalahan lain yang juga mungkin terjadi adalah proses aktivasi surel yang belum tuntas meskipun akun sudah terdaftar. Langkah penyelesaiannya adalah dengan klik tautan yang diterima lagi atau meminta tautan baru untuk melakukan aktivasi ulang.

Itulah penjelasan singkat tentang langkah-langkah daftar pajak online melalui situs DJP online dengan mudah. Harapannya, kini wajib pajak pribadi semakin mudah dalam mengecek dan melunasi pajak. Semoga bermanfaat, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →