Fresh Graduate Wajib Tahu! Ini 11 Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Diajukan HRD

Ini lho deretan pertanyaan yang kamu hadapi saat interview kerja

Untuk pekerja yang sudah bekerja selama lebih dari 5 tahun, mungkin proses wawancara kerja adalah hal yang biasa untuk dijalani. Namun berbeda cerita apabila fresh graduate yang minim pengalaman dalam menjawab pertanyaan interview kerja.

Hal ini gak lain karena pengalaman kerja yang masih sangat sedikit. Apalagi kalau kamu sebelumnya belum pernah mengikuti program magang. Pastinya akan bingung banget dalam menjalani proses wawancara kerja.

Sebetulnya menjawab pertanyaan interview itu gak terlalu susah, asal kamu bisa mempersiapkannya terlebih dahulu sebelumnya. Penasaran gimana caranya?

Langsung aja yuk kita simak daftar pertanyaan interview kerja yang sering diajukan oleh HRD berikut ini!

1. Coba ceritakan tentang diri kamu!

Pertanyaan interview kerja yang satu ini umum ditanyakan ketika awal pembicaraan dengan HRD. Di sini kamu harus bisa menggambarkan karakter diri kamu seperti apa dan hal apa aja yang udah kamu lakukan selama duduk di bangku Perguruan Tinggi.

Alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki prestasi dan sertifikat yang telah dicapai selama mengemban pendidikan. Poin ini akan menjadi nilai lebih agar kamu bisa masuk ke proses yang selanjutnya.

2. Kenapa ingin bekerja di perusahaan ini?

Selanjutnya kamu harus bisa menjawab tentang alasan kenapa kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Kamu bisa menjawabnya dengan menjelaskan tentang sejarah perusahaan tersebut berdiri dan prestasi-prestasi yang udah dicapai oleh korporasi tersebut dari awal berdiri hingga sekarang.

Dengan begitu, HRD akan memandang kamu sebagai kandidat yang memiliki keinginan tinggi untuk bekerja di perusahaan tersebut.

3. Posisi apa yang dilamar dan alasannya

Setelah menjabarkan tentang perusahaannya, kini kamu harus bisa menjelaskan kenapa ingin menduduki sebuah posisi di perusahaan tersebut. Jawabannya sebenarnya sih simpel, cukup jelaskan aja latar belakang pendidikan yang kamu miliki dan itu menjadi alasan utamanya.

Sebagai contoh, kalau kamu adalah lulusan akuntansi maka kemungkinan besar posisi yang diambil adalah di seputar akunting atau finansial.

4. Kelebihan diri sendiri 

Pertanyaan interview kerja tentang kelebihan diri ini bisa mencakup banyak hal. Bisa mencakup tentang skill yang kamu punya, sikap kepemimpinan, atau kontribusimu untuk tim. 

Pewawancara tentu bermaksud untuk mencari tahu apakah kamu cocok untuk mengisi posisi yang tengah lowong. 

Cara menjawabnya, cukup ceritakan keahlian dan kelebihanmu selama bekerja di kantor sebelumnya atau di organisasi. Perlu diingat juga untuk tidak menjawab dengan jawaban yang terkesan sombong. 

5. Kekurangan diri sendiri 

Setelah pertanyaan tentang kelebihan, tentu perusahaan juga pengin tahu kelemahan yang ada di dalam diri kamu itu apa saja sih. Jawab pertanyaan ini dengan jujur, kelemahan yang berhubungan dengan skill kerja silakan disebutkan. 

Jangan sekali-kali menjawab, tidak memiliki kelemahan. Perusahaan tidak akan tahu apakah kamu cocok atau tidak kalau gak jawab pertanyaan ini. Daripada mereka bertaruh untuk masa depan perusahaan, lebih baik mereka mencoret dari seleksi selanjutnya.

6. Prestasi dan pencapaian apa yang pernah didapatkan?

Pertanyaan wawancara kerja yang satu ini pasti muncul, gak mungkin enggak. Ada baiknya, kamu mempersiapkan jawabannya jauh-jauh hari sebelum sesi wawancara dimulai. 

Saat pertanyaan ini muncul, jawablah dengan jujur sesuai fakta. Bukan cuma prestasi saja, tapi pencapaian kamu dalam menangani suatu permasalahan juga perlu untuk diceritakan. 

7. Hal yang kurang disukai dalam pekerjaan sebelumnya 

Kalau kamu orang yang berpengalaman, pertanyaan ini pasti bakal muncul. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu bakal menyenangi tugas dan tanggung jawab yang nantinya bakal diberikan atau tidak sekaligus  mengetahui apakah budaya perusahaan cocok denganmu.

Ceritakan sejujurnya, tapi usahakan lebih banyak menceritakan tentang apa yang kamu sukai. Berikan penjelasan singkat juga bagaimana hal-hal yang kamu sukai itu berkontribusi terhadap perkembangan kariermu. 

8. Apakah kamu bersedia bertugas ke luar kota atau luar negeri?

Pertanyaan interview yang satu ini emang gampang-gampang susah untuk dijawab. Sebab gampang untuk dijawab oleh orang yang suka tinggal sendiri alias merantau, sedangkan agak sedikit sulit bagi fresh graduate yang terbiasa tinggal dengan keluarga atau lingkungan dekat lainnya.

Jadi yakinkan diri kamu terlebih dahulu apakah siap untuk berdinas ke luar kota atau luar negeri sebelum maju ke tahap selanjutnya.

9. Kamu akan menjadi apa dalam 5 tahun kedepan? 

Biasanya perusahaan bakal bertanya, apa yang ingin kamu capai di dalam lima tahun ke depan, hingga apa cita-citamu. Maksud dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana ambisimu di masa yang akan datang. 

Jawablah secara rasional, misalnya ingin terus belajar, naik jabatan, dan memiliki peran yang besar untuk perusahaan. 

10. Berapa ekspektasi gaji yang kamu inginkan?

Pertanyaan interview kerja kesembilan yang sering ditanyakan oleh HRD adalah tentang ekspektasi gaji yang diinginkan. Untuk fresh graduate, umumnya standar gaji yang diberikan adalah Rp 5 juta hingga Rp 6 jutaan tergantung posisi dan perusahaan yang dilamar.

Tapi hal itu bukanlah suatu patokan yang pasti. Kamu bisa menyebutkan nominal yang kamu harapkan, asal angkanya masih cukup rasional untuk diterima oleh sebuah perusahaan.

11. Ada yang ingin ditanyakan tentang proses rekrutmen atau perusahaan ini? 

Di akhir sesi wawancara, biasanya di wawancara bakal menanyakan apakah kamu punya pertanyaan untuknya atau tidak. Kesalahan yang paling banyak dilakukan para kandidat adalah menjawab tidak memiliki pertanyaan. 

Padahal, pertanyaan ini adalah kesempatan yang baik bagi kamu untuk menunjukkan keseriusanmu terhadap pekerjaan itu. Tanyakan saja mengenai seluk beluk perusahaan, bagaimana ritme kerja, budayanya, dan lain-lain. Nah, itulah beberapa pertanyaan interview kerja yang patut kamu persiapkan sebelum menjalani wawancara HRD maupun User di sebuah perusahaan. Dengan mempersiapkan pertanyaan tersebut, kamu akan lebih mudah dan cepat dalam menjalani wawancara, terutama bagi yang baru lulus jenjang Perguruan Tinggi. Selamat Mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →