20 Saham yang Hobi Bagi-Bagi Dividen Tertinggi di 2020

Telah Ditinjau: Rivan Kurniawan Rivan Kurniawan
saham dividen

Buat memudahkan para investor untuk beli saham, Bursa Efek Indonesia alias BEI merilis sejumlah indeks daftar saham berdasarkan beberapa kriteria.

Sebagian dari kriteria tersebut terbagi ke dalam kelompok syariah, ada yang likuid, dan ada juga yang sering membagikan dividen.

Nah kali ini kita akan bahas soal indeks IDX High Dividen 20 alias yang daftar saham yang paling sering membagikan dividen.

Bisa dibilang, penghuni indeks ini adalah daftar saham yang memang hobi bagi-bagi dividen ke investornya.

Sementara itu angka 20 di belakang menunjukkan jumlah emiten saham di indeks tersebut, ya jelas artinya ada 20 saham di IDX High Dividen 20.

Tapi ngomong-ngomong soal dividen, udah pada paham belum ya soal dividen itu apa? Terus gimana cara kita mendapatkannya?

Pengertian dividen

Dividen bisa diartikan sebagai pembagian laba kepada pemegang saham yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sederhananya, bila perusahaan itu “untung” maka pemegang sahamnya bisa kecipratan.

Tapi, besar kecilnya itu ditentukan dari kebijakan perusahaan dan jumlah saham yang dimiliki pemegang saham.

Sebut saja PT ABCD membagikan dividen senilai Rp50 perak per lembar. Sedangkan kamu saat ini mengantongi 1000 lembar saham. So, dividen yang bakal kamu dapatkan adalah, 1000 lembar x Rp50 = Rp50 ribu.

Jika suatu perusahaan akan memberikan dividen, tentu saja hal itu akan diumumkan di media. Dan biasanya besaran dividen akan diumumkan saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Seandainya kamu memiliki saham perusahaan yang bersangkutan sampai dengan Cum Date atau tanggal akhir batas pembagian dividen, biasanya kamu akan menerima email dari sekuritas soal tanggal pembagiannya.

Dividen itu pun akan langsung disetorkan ke rekening dana nasabah pada saat yang ditentukan.

Itulah asyiknya investasi saham. Selain dapat keuntungan dari capital gain, kamu juga bisa dapat dividen. Akan tetapi dividen juga ada pajaknya ya, jadi jangan kaget kalau uang yang kamu terima ada potongannya.

Nah jangan lupa sebagian dari keuntungan investasimu nanti ditabung sebagai simpanan dana darurat andai dibutuhkan di masa depan. Tapi lebih baik lagi, belikan juga asuransi kesehatan untuk dirimu.

Manfaat asuransi kesehatan akan menjaminmu dari mahalnya biaya berobat di rumah sakit karena asuransi yang akan menanggung tagihannya. Dengan begitu, uang tabunganmu pasti aman.

Daftar saham di IDX High Dividend 20, fundamentalnya bagus

Karena rajin bagi dividen, otomatis daftar saham di indeks yang satu ini memang cukup bagus. Rata-rata semuanya blue chip dan tergabung juga di LQ45.

Tapi apakah semua saham di IDX High Dividend 20 itu layak beli untuk saat ini? Belum tentu.

Ingat lho, membeli saham artinya harus mencermati juga soal perkembangan terkini perusahaannya. Bisa jadi hari ini harganya masih terlalu mahal, dan beberapa bulan ke depan bakal turun.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait produk simpanan dan investasi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Siapa saja penghuni IDX High Dividend 20 hingga Agustus 2020 – Januari 2021?

Indeks IDX High Dividend 20 adalah indeks yang mengukur performa harga saham dari 20 perusahaan yang memberikan dividen setiap tahunnya selama 30 tahun terakhir, dengan yield yang tinggi. 

Di Agustus 2020 – Januari 2021, emiten penghuni index High Dividend 20 diantaranya: 

ADRO

CPIN PGAS BBRI

BMRI

GGRM

PTBA

LPPF

ASII

HMSP

TLKM

BBCA

INDF

BBNI

INTP

UNTR

TOWR

ITMG

UNVR

KLBF

Apa benar berinvestasi saham menjadi pilihan terbaik?

Buat sebagian besar orang, berinvestasi saham memberi keuntungan besar. Namun, tidak semua orang dapat memetik keuntungan dari berinvestasi saham dan seketika menyimpulkan investasi saham bukan pilihan terbaik.

Bagi kamu yang bingung dalam menentukan pilihan, silakan isi survei Profil Risiko Investasi berikut ini agar jelas ke instrumen investasi mana uang sebaiknya ditempatkan.

Itulah serba serbi sekaligus nama-nama daftar saham penghuni IDX High Dividend 20. Kira-kira apakah tertarik untuk membeli beberapa saham yang tergabung di indeks ini?

Intinya, baca-baca dulu ya informasi seputar perusahaannya dan pantau harganya. Jangan beli saat harganya mahal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →