Cara Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan 2020 [Plus Info Fitur]

SIPP BPJS Ketenagakerjaan

SIPP BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat untuk mengelola data kepesertaan tenaga kerja. Setiap perusahaan bakal terbantu banget jika mereka daftarkan diri di SIPP Online.

Meskipun sudah banyak perusahaan yang mengenal SIPP Online ini, gak sedikit yang masih bingung gimana daftarnya. Padahal, cara mendaftarnya cukup mudah asal kamu mau mempelajarinya.

Nah, dalam ulasan kali ini, Lifepal mau bantu informasikan cara daftar SIPP Online yang perlu banget digunakan perusahaan atau pelaku usaha.

Pastinya informasi ini resmi diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan. Mau tahu lebih lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan?

Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) BPJS Ketenagakerjaan adalah aplikasi  yang berfungsi untuk mengelola data perusahaan terkait dengan keperluan BPJS TK. Data tersebut dapat berupa jumlah tenaga kerja, besaran upah, hingga iuran BPJS yang dibayar tenaga kerja.

Tentu saja aplikasi ini membantu cukup banyak pelaku usaha yang mengalami kesulitan saat mengelola data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK). 

Cara daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online

Sebenarnya melakukan pendaftaran agar bisa menggunakan SIPP BPJS TK itu gak sesulit yang dibayangkan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.

  1. Buka sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk melakukan pendaftaran SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online.
  2. Setelah halaman utama SIPP Online telah terbuka, klik Daftar yang terdapat di menu Login.
  3. Masukkan Nomor Pendaftaran Perusahaan atau Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan Divisi. Nama Perusahaan bakal terisi secara otomatis kalau NPP benar-benar sudah terdaftar. Setelah semuanya terisi, pilih Next.
  4. Halaman selanjutnya meminta kelengkapan Data User Login, seperti Email dan Password. Lengkapi semua yang diminta lalu pilih Next.
  5. Halaman selanjutnya meminta Data User KPJ yang terdiri dari Nomor Peserta (KPJ), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, dan Nomor Handphone. Sehabis itu, pilih tombol Daftar. Untuk mengisi Data User KPJ boleh menggunakan data HRD sebagai pihak yang mendaftarkan SIPP Online.
  6. Begitu tombol Daftar ditekan, SIPP Online akan menampilkan verifikasi nomor handphone dan mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor handphone kamu. 
  7. Masukkan OTP yang diminta SIPP Online dan notifikasi “Berhasil!” bakal muncul.
  8. Langkah terakhir adalah melakukan aktivasi akun SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online. Email yang telah didaftarkan bakal dikirimkan link aktivasi. Klik link tersebut agar ter-direct ke aplikasi SIPP supaya bisa login.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan BPJS Ketenagakerjaan Online dijamin siap buat digunakan.

Setelah berhasil mendaftar, mungkin kamu bertanya-tanya hal apa saja yang bisa dilakukan dengan SIPP Online BPJS TK? Berikut adalah penjelasan mengenai fitur dan menu yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

Fitur dan menu yang tersedia

Ada sejumlah fitur atau menu yang berguna banget bagi pelaku usaha dalam urusan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Apa saja fitur dan menu tersebut?

1. Mutasi data

Dalam menu Mutasi Data, terdapat beberapa fitur pelaporan peserta ataupun perhitungan iuran, seperti fitur Tambah Tenaga Kerja, Upload Upah, Upload Tenaga Kerja Non Aktif, Hitung Iuran, hingga Finalisasi. 

Fungsi dari fitur Mutasi Data adalah untuk membantu perusahaan memasukkan data-data yang bakal diolah dan dilaporkan.

2. Monitoring Iuran

Menu yang satu ini bertujuan agar perusahaan dapat dengan mudah memantau iuran dan data peserta lainnya. Pada menu Monitoring, SIPP Online menampilkan data iuran perusahaan, total iuran, dan status pembayaran.

3. Laporan

Lewat aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan BPJS TK Online, kamu sebagai perwakilan perusahaan dapat mengakses beberapa jenis formulir laporan, yaitu:

  • Laporan F1A buat melaporkan Tenaga Kerja Baru. 
  • Laporan F1B buat melaporkan Tenaga Kerja Keluar. 
  • Laporan F2A buat melaporkan Rincian Upah. 
  • Laporan F2 buat melaporkan Rincian Iuran.

4. Pengaturan

Pada menu Pengaturan di dalam aplikasi SIPP Online, terdapat beberapa fungsi berikut:

  • Pengaturan Profil Perusahaan, 
  • Tambah Perusahaan, 
  • Penghapusan Perusahaan Binaan, 
  • Penambahan user pengelola perusahaan binaan, hingga 
  • Penonaktifan user pengelola perusahaan binaan.

5. Fitur Tambahan

Keberadaan Fitur Tambahan ini membantu perusahaan atau pelaku usaha buat mengubah password user. Dengan begitu, hal-hal yang bisa membahayakan keamanan akun bisa dihindari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Selain mengetahui fitur serta kegunaannya, perusahaan juga perlu memahami beberapa hal selama menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Apa saja?

1. Kalau terjadi penyalahgunaan aplikasi, semua kerugian biaya yang ditimbulkan menjadi tanggung jawab perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Perusahaan bakal diminta untuk segera melapor ke BPJS Ketenagakerjaan mengenai terjadinya penyalahgunaan tersebut.

2. BPJS Ketenagakerjaan berwenang melakukan penangguhan dan pemutusan layanan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk keputusan ini, gak bakal ada ganti rugi buat peserta. Wewenang ini berlaku pada kondisi berikut:

  • Adanya perbaikan, modifikasi, ataupun pemeliharaan layanan.
  • Adanya kerugian atau kerusakan terhadap layanan yang disebabkan pengguna aplikasi.
  • Adanya kebocoran atas credential data tenaga kerja yang disebabkan pengguna apliasi.
  • Adanya penyalahgunaan atau penipuan yang dilakukan pengguna aplikasi.

Namun, di luar kondisi-kondisi di atas, BPJS Ketenagakerjaan berhak menangguhkan dan memutuskan layanan akses terhadap layanan di luar wilayah Indonesia dapat dilakukan selama mendapat izin dari BPJS TK.

Pemberian izin ini mempertimbangkan syarat-syarat yang bisa dipenuhi perusahaan dan cuma negara-negara tertentu saja yang memungkinkan hal tersebut.

Ini alasan-alasan kenapa keamanan informasi SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan terjamin

BPJS Ketenagakerjaan selaku penyedia aplikasi telah menjamin keamanan informasi dalam aplikasi dengan beberapa fitur pengaman.

1. One Time PIN

Ini adalah kode rahasia untuk melakukan aktivasi akun SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. One Time PIN ini bertujuan untuk memastikan pengguna benar-benar melakukan registrasi. Kode ini dikirimkan melalui SMS ataupun email pengguna.

2. Email konfirmasi

Isi email ini berupa link aktivasi supaya benar-benar bisa menggunakan akun. Dengan begitu, gak bakal ada oknum yang menyalahgunakan identitasmu buat memiliki akun SIPP Online.

3. Automatic log out

Ada kondisi di mana pengguna bakal keluar dari aplikasi dengan sendirinya. Kalau selama lima menit gak ada aktivitas apa pun terkait penggunaan akun, koneksi bakal terputus secara otomatis dari aplikasi. Dengan begitu, akun bakal aman dari tangan-tangan jahil.

4. Firewall

Fungsi dari fitur pengaman ini adalah buat membatasi dan menjamin cuma pengguna yang boleh mengakses SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

5. User ID dan Password

Semua aplikasi pastinya memiliki fitur ini, termasuk SIPP Online. Keberadaan User ID dan Password bertujuan agar akun cuma bisa diakses pengguna yang mengetahui User ID beserta Password.

6. SSL 128-bit encryption

Fitur pengaman ini berperan dalam mengacak data yang dikirimkan menjadi kode-kode rahasia dengan menggunakan 128-bit encryption.

Upaya buat mencuri data yang masuk ke SIPP Online bakal sulit dilakukan kalau pengirimannya melalui protokol Secure Socket Layer (SSL).

Nah, itu tadi informasi seputar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dan cara daftarnya. Dalam proses pendaftaran termasuk penggunaan aplikasi ini, BPJS TK menjamin keamanan informasi yang dikirimkan berkat sederet sistem canggih mulai One Time PIN, email konfirmasi, firewall, hingga SSL 128-bit encryption.

Kalau menemui kendala dalam pemakaian aplikasi ini, bisa segera menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500910 atau akun Twitter @BPJSTKinfo. Semoga informasi barusan bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →