DANA: Kemudahan Bertransaksi dan Keunggulannya

Kemudahan transaksi

Di zaman yang serba digital, urusan transaksi dalam bentuk jual beli tidak lagi diwajibkan dilakukan secara langsung dengan uang tunai. 

Bila sebelumnya saat kita bepergian, dompet selalu menjadi barang yang wajib dibawa. Kini, kita bisa bertransaksi melalui ponsel saja. 

DANA: Dompet Digital Masa Terkini 

Dompet digital masa kini

Pada perkembangannya, tentu akan sangat merepotkan membawa uang tunai dalam jumlah yang besar saat kita berencana berbelanja dalam jumlah yang besar, misalnya belanja bulanan. Selain persoalan tidak praktis, membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak akan mengundang risiko keamanan tersendiri. 

Seiring teknologi digital yang kian canggih, transaksi keuangan pun turut berubah. Masyarakat modern mulai memilih untuk bertransaksi secara virtual. 

DANA sebagai dompet digital nan canggih didesain untuk menjadikan setiap transaksi dapat dilakukan secara nontunai, baik online maupun offline. Transaksi lewat DANA diklaim dapat berjalan dengan cepat, praktis, dan tetap keamanannya tetap terjamin.

Perusahaan e-wallet ini dibangun oleh PT Espay Debit Indonesia Koe. Espay merupakan payment gateway yang menjadi produk andalan dari PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses (PT PLUS) yang telah terdaftar di Bank Indonesia.

Tujuan dari Keberadaan DANA bagi Masyarakat

Keberadaan dana

Berbagai aplikasi keuangan di ponsel kita saat ini bertujuan mempermudah segala urusan yang berkenaan dengan kebutuhan finansial sehari-hari. Begitu juga dengan kehadiran DANA yang telah membawa transformasi baru di dalam sistem penyimpanan keuangan di era modern.. 

Berikut tujuan yang diekspektasi oleh DANA untuk masyarakat Indonesia. 

  • Mengembangkan DANA sebagai dompet digital dengan platform terbuka yang siap dimanfaatkan untuk mendukung setiap aktivitas ekonomi dan gaya hidup digital semua kalangan masyarakat Indonesia.
  • Menjadikan masyarakat bisa menjadi lebih produktif, efisien, dan kompeten. 
  • Mendukung komitmen pemerintah dalam menghemat biaya produksi dan distribusi uang fisik. 
  • Meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.
  • Membangun serta mengembangkan teknologi dan infrastruktur ekonomi digital yang senantiasa dapat diandalkan.

Keunggulan Menggunakan Fitur-Fitur DANA

dana

Sebagai dompet digital, DANA memang menarik perhatian masyarakat saat ini di era cashless. Lewat DANA, transaksi menjadi terasa lebih mudah dan efisien sehingga kegiatan masyarakat di sektor keuangan makin terasa menyenangkan dan tentu saja makin praktis. 

Diluncurkan pada tahun 2018, DANA boleh dibilang sebagai salah satu platform finansial yang populer. 

Mengutip dari Kompas.com, berikut keunggulan menggunakan DANA yang tidak dimiliki platform dompet digital lainnya. 

  • Merupakan hasil karya anak bangsa yang tidak mengandung campur tangan tenaga asing. Khusus diperuntukan bagi konsumen Indonesia. 
  • Disokong oleh dua data center agar menjamin transaksi dapat terus berjalan tanpa gangguan. 
  • Terintegrasi dengan sistem Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri sehingga proses pendaftaran dan verifikasi akun pengguna aplikasi dompet elektronik DANA diklaim hanya memakan waktu beberapa detik. 
  • Telah mendapat empat lisensi keabsahan, yakni dari Bank Indonesia soal penggunaan e-money dan e-wallet serta dari Lembaga Keuangan Digital (LKD) dan transfer uang online
  • Open Platform yang terhubung dengan layanan transaksi digital dari vendor yang telah bekerjasama, seperti KFC, TIX.ID, dan Ramayana. Integrasi ini turut memudahkan pengguna untuk bisa membuat akun DANA di aplikasi lain yang terhubung dengan DANA secara langsung. 

Jenis-Jenis Transaksi Melalui DANA

transaksi dana

Melalui DANA, kita bisa melakukan berbagai macam transaksi elektronik melalui berbagai layanan yang tersedia. Berikut sejumlah layanan yang dapat dilakukan dengan DANA. 

  1. Menyimpan uang di akun pribadi DANA.
  2. Transfer bank.
  3. Kartu kredit.
  4. Setor tunai ke minimarket. 
  5. Membayar cicilan. 
  6. Bayar tagihan listrik dan air. 
  7. Membayar premi asuransi dan BPJS. 

Hanya saja untuk mendapatkan layanan tersebut, pemilik aplikasi harus menjadi pemilik akun premium. Akun premium DANA berarti telah mendapatkan verifikasi melalui pengecekan biometrik dan identitas. 

Tentu, pertanyaan jamak yang sering dilontarkan adalah keuntungan dari akun premium ini, bukan? Jadi memiliki akun premium ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu:

  1. Top up sampai dengan 10 Juta.
  2. Kirim uang.
  3. Tarik tunai.
  4. Mendapatkan penawaran spesial dan berbagai keuntungan lainnya.

Cara Memiliki Akun Premium DANA

dana

Eksklusivitas DANA membatasi kita untuk menggunakannya hanya di satu ponsel saja. Jika kita terpaksa mengganti nomor ponsel, ada term atau waktu yang menjadi persyaratan agar bisa menyelesaikannya. DANA ID kita hanya dapat diganti setiap 90 hari dan yang perlu diingat adalah kita tidak dapat menggunakan nomor sebelumnya sebagai identitas DANA. 

Tertarik untuk memiliki akun premium DANA? Lakukan hal berikut pada aplikasi DANA.

  • Foto kartu identitas.
  • Verifikasi foto wajah.
  • Isi nomor identitas dengan benar.
  • Tunggu sampai proses validasi selesai dilakukan.

Cara Menggunakan Aplikasi DANA

Dana

Tidak sulit untuk menggunakan aplikasi DANA. Syaratnya juga tidak sulit karena kita hanya butuh ponsel dan memiliki sumber dana untuk membayar semua kebutuhan saat bertransaksi di DANA. 

Kita cukup mengunduh aplikasi dari Google Playstore dan Apple App Store untuk mendapatkan aplikasi DANA-Dompet Digital Indonesia. Selanjutnya pilih pembayaran menggunakan Saldo DANA atau kartu debit dan kartu kredit yang sudah tersimpan dengan aman di DANA. 

Berikut cara bertransaksi menggunakan DANA yang terbilang sederhana. 

  1. Saat melakukan pembayaran di kasir, hanya perlu melakukan pindai kode QR untuk menyelesaikan pembayaran. 
  2. Proses transfer dan menerima uang semudah kita mengirim pesan dan tidak dikenakan biaya administrasi.
  3. Membayar tagihan dengan membuka aplikasi DANA di ponsel kita.

Ingin Menutup Akun DANA, Begini Caranya

dana

Saat ini, rupanya belum tersedia pilihan untuk menutup akun DANA apabila kita berkeinginan untuk berhenti menikmati layanan transaksi keuangan dari DANA. Dengan kata lain, akun kita bersifat permanen.

Kalaupun tidak ingin menggunakan akun DANA lagi, disarankan untuk menghabiskan sisa dana yang tersedia dengan sejumlah cara. Ada beberapa pilihan yang kita bisa lakukan, yaitu:

  • Transaksi online di toko online untuk membeli produk e-commerce, pulsa/paket data, PLN, tiket pesawat & tiket kereta, membayar tagihan BPJS, air PDAM, dan lain-lain.
  • Membeli tiket bioskop melalui aplikasi TIX-ID.
  • Membeli voucher belanja melalui aplikasi Ramayana.

Meski kita bisa menghapus aplikasi DANA dari ponsel kita, namun akun kita tetap akan terdaftar dan bisa dibuka kembali sewaktu-waktu saat kita unduh kembali. 

Demikian informasi soal DANA, semoga memperluas wawasan kita soal pilihan bertransaksi keuangan dan ragam pilihannya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →