Tutorial Membeli Valas Lewat Danamon Online

Butuh valuta asing, tapi tidak punya waktu untuk datang ke Money Changer? Bagi nasabah Bank Danamon, kini membeli valas bisa dilakukan lewat Danamon Online, lho!

Danamon Online atau Danamon Online Banking (DOB) adalah layanan internet banking dari Bank Danamon untuk melakukan transaksi perbankan dari mana saja tanpa harus datang ke kantor cabang ataupun mencari mesin ATM. Ini tentu akan memudahkan kegiatan perbankan kita.

Ada banyak layanan perbankan yang bisa kita akses lewat Danamon Online. Mulai dari informasi saldo dan mutasi rekening, transfer antar rekening ke sesama nasabah Bank Danamon, transfer antarbank, pembayaran berbagai macam kartu kredit, pembayaran tagihan telkom, hingga pembayaran tagihan listrik.

Bahkan per tanggal 3 September 2019 lalu, nasabah Bank Danamon sudah bisa melakukan transaksi beli valas dari rekening IDR melalui Danamon Online dengan cepat dan nyaman.

Untuk membelinya, kita hanya perlu mengakses internet untuk membeli valas di Danamon Online. Tidak perlu keluar rumah atau kantor dan berpanas-panas di jalanan.

Valas Apa saja yang Bisa Dibeli?

Meskipun tergolong sebagai jenis layanan baru di Danamon Online, sudah cukup banyak valas yang bisa kita beli. Total ada delapan valas yang bisa kita beli dari rekening IDR melalui Danamon Online. Ini dia daftarnya:

  •  AUD (Australian Dollar)
  • EUR (Euro)
  • GBP (Great Britain Poundsterling)
  • NZD (New Zealand Dollar)
  • SGD (Singapore Dollar)
  • USD (American Dollar)
  • JPY (Japanese Yen)
  • Yuan/RMB (China Renminbi)

Cara Beli Valas Lewat Danamon Online Banking

Apakah sulit untuk membeli valas lewat Danamon Online? Pasti tidak. Membeli valas lewat Danamon Online cukup mudah. Fitur yang disediakan sudah dirancang agar nasabah tidak kebingungan. Informasi tentang kurs tukar dan hasil konversi dari mata uang Rupiah ke valas pun juga tersedia di Danamon Online.

Nah, untuk membeli valas di Danamon Online, kita hanya perlu mengikuti tutorial sederhana ini.

  1. Login Email/User id & Password
  2. Pilih Transaksi >>Transfer Rupiah & Valas Ke Rekening Danamon >>Transfer Ke Rekening Pribadi
  1. Terdapat Informasi Transfer yang harus dilengkapi sebagai berikut
  2. Pilih Rekening Asal*
  3. Pilih Rekening Tujuan*
  4. Pilih Mata Uang dan Isi Jumlah
  5. Input Pesan (apabila perlu)
  6. Input Pesan Tambahan (apabila perlu)
  7. Berikan tanda centang (tickmark) pada Jenis Transaksi – Transaksi Sekarang
  8. Terdapat Informasi Tambahan yang harus dilengkapi sebagai berikut
  9. Pilih Hubungan Pengirim dan Penerima
  10. Pilih Kategori Transaksi
  11. Pilih Tujuan Transaksi
  12. Terdapat Pernyataan yang harus diberikan tanda centang (tickmark)
  13. Pilih Lanjut
  14. Muncul Layar Konfirmasi atas data transaksi yang telah dilengkapi sesuai data pribadi kita
  15. Masukkan Token/OTP (One Time Password). Khusus pengguna Perangkat Token, masukkan Token dari APPLI 1
  16. Pilih Kirim (terdapat pilihan Ubah – jika terdapat perubahan data transaksi)
  17. Jika Token/OTP sesuai, maka Layar akan memunculkan Transaksi Berhasil serta menampilkan data/informasi transaksi yang telah dilakukan.
  18. Pilih Cetak/Simpan atau Pilih OK 

Kurs Tukar dan Hasil Konversi di Danamon Online Banking

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan terkait kurs tukar dan hasil konversi di Danamon Online. Ini penting diperhatikan agar kita tidak melakukan kesalahan ataupun merasa rugi saat membeli valas melalui Danamon Online.

Pertama, tabel kurs tukar hanya indikasi saja dan kemungkinan akan berbeda dengan kurs tukar yang ditampilkan secara otomatis pada layar Danamon Online. 

Kedua, kurs tukar (counter rate) yang digunakan akan langsung ditampilkan secara otomatis di screen konfirmasi transaksi pada Danamon Online. Sedangkan hasil konversi juga akan ditampilkan secara otomatis pada saat konfirmasi transaksi pada layar Danamon Online. Jadi semua informasi yang kita butuhkan sudah tersedia. Selalu jeli untuk memperhatikannya, ya.

Selain itu, kurs tukar dan hasil konversi valas yang telah dimunculkan oleh sistem secara otomatis, tidak dapat diubah secara manual oleh nasabah. Sebab kurs tukar dan hasil konversi tersebut telah ditetapkan oleh sistem. Jadi jangan lupa untuk selalu memastikan kurs tukar dan hasil konversi yang tertera, ya.

Sebagai informasi tambahan, ada waktu khusus untuk melakukan transaksi pembelian valas di Danamon Online. Yakni setiap hari pukul 00.00-19.00 WIB. Kecuali Sabtu, Minggu, libur nasional, dan cuti bersama. Selain itu, limit transaksi pembelian valas di Danamon Online juga dibatasi, yakni ekuivalen atau setara dengan Rp200 juta. 

Untuk mendapatkan informasi dan bantuan bertransaksi, kita bisa menghubungi Hello Danamon melalui call center Danamon 1-500-090. Semoga informasi ini membantu, ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →