Yuk Kenalan dengan Bank Danamon Syariah dan Produk-Produknya

logo danamon syariah

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia kini sudah semakin pesat. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Statistik Perbankan Syariah (SPS) hingga Januari 2020, jumlah bank syariah di Indonesia saat ini berjumlah sekitar 198 bank syariah.

Bank yang menjalankan usaha dengan menjunjung prinsip hukum agama Islam yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini memang banyak diminati. Prinsipnya termasuk keadilan dan keseimbangan, kemaslahatan, serta gak mengandung unsur riba atau objek yang dilarang Islam menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia

Nah, salah satu perbankan syariah yang layak kamu perhitungkan adalah Danamon Syariah. Bank satu ini menawarkan beragam produk berbasis syariah yang gak kalah menarik dengan bank syariah lainnya.

Sekilas mengenai Bank Danamon Syariah

Dalam rangka mendukung kemajuan perbankan syariah di Indonesia, PT Bank Danamon Indonesia akhirnya mengembangkan produk syariah melalui Unit Usaha Syariah (UUS) melalui Danamon Syariah.  

Beragam produk dan layanan perbankan Syariah disediakan oleh Bank Danamon seperti setoran haji, perencanaan tabungan haji, perencanaan tabungan umrah, qurban, asuransi syariah, dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga produk Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah (PPR Syariah) dan pembiayaan untuk usaha.

Bank Danamon Syariah memberikan pilihan layanan dan produk dengan skema akad Mudharabah (bagi hasil) atau Wadiah (tabungan aman) sesuai dengan pengelolaan dana yang transparan dan sesuai dengan prinsip Syariah. 

Transaksi keuangan Danamon Syariah pun terbilang positif. Sampai dengan akhir semester pertama tahun 2019, unit usaha syariah Danamon mencatatkan kelolaan aset senilai Rp4,7 triliun atau tumbuh sebesar 13 persen dari periode yang sama tahun lalu. 

Sedangkan kontribusi pendapatan bersih setelah pajak per Semester I 2019 adalah sebesar Rp48,5 miliar atau naik 5 persen secara setahunan.

Produk-produk Danamon Syariah

pengertian wadiah dan mudharabah

Mengenai produk dan layanan Syariah yang tersedia di Bank Danamon, boleh dibilang lengkap, lho. Pasalnya, Bank Danamon telah mengeklaim akan membantu nasabahnya dalam mewujudkan niat suci dalam melakukan berbagai ibadah melalui layanan unggulannya seperti umrah, haji, qurban, hingga zakat agar terencana dengan baik.

Lebih lengkapnya, ini dia lima produk unggulan yang ditawarkan oleh Bank Danamon Syariah. 

1. Tabungan Danamon Syariah

Tabungan Danamon Syariah merupakan jenis tabungan personal dengan akad bagi hasil (Mudharabah), yaitu lima jenis tabungan berikut.

Umumnya manfaat yang didapatkan dari produk tabungan Danamon Ini sama seperti gak ada biaya admin bulanan dan gak ada biaya transaksi jika kamu melakukan cek Saldo, tarik Tunai, maupun transfer online antarbank dengan jaringan ATM bersama, PRIMA atau ALTO maksimal sebanyak 10 kali per bulan untuk masing-masing transaksi. 

Untuk kemudahan transaksi, kamu juga dapat menggunakan semua fitur transaksi terkini melalui fasilitas mobile banking (D-Bank), Internet Banking (Danamon Online Banking), Danamon SMS, ATM dan Hello Danamon untuk menambahkan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di mana saja dan kapan saja.

Tertarik punya produk satu ini? Dengan setoran awal mulai dari Rp50 ribu hingga Rp250 ribu, kamu sudah membuka produk tabungan Danamon Syariah, lho. 

2. Deposito Syariah

Selain tabungan, Bank Danamon Syariah juga punya produk tabungan yang disimpan dalam jangka waktu tertentu alias deposito. Produk deposito syariah ini dijalankan dengan prinsip Mudharabah yang diperuntukkan bagi nasabah perorangan atau badan (non-perorangan).

Untuk minimum penempatan ditentukan sebesar Rp8 juta untuk perorangan dan Rp100 juta untuk perusahaan. Adapun pilihan waktu penempatan berjangka 1, 3, 6 atau 12 bulan atau On Call (harian) pilihan 7, 14 dan 21 hari. Jangka waktu produk akan berakhir pada saat jatuh tempo atau nasabah break (menutup) deposito sebelum jatuh tempo.  

Jika tertarik memiliki produk deposito syariah bank danamon syariah, kamu dapat mengunjungi situs resmi Bank Danamon Syariah.

3. Giro Syariah

Setelah memiliki tabungan dan deposito, Bank Danamon Syariah punya layanan Giro yang bernama Giro Bisa iB. Prinsip yang diterapkan adalah akad Mudharabah (Bagi Hasil). 

Produk Giro Syariah ini ditujukan untuk perorangan maupun perusahaan. Jangka waktu produk akan berakhir pada saat nasabah menutup rekening.  

Adapun manfaat yang didapatkan diantaranya bagi Hasil tiering atau berjenjang, bebas biaya administrasi bulanan, Bebas biaya transfer ke bank lain SKN dan atau RTGS, Bebas biaya setoran warkat (kliring), Bebas biaya Pembelian Warkat (Cek dan Bilyet Giro).

4. Proteksi Prima Amanah

Bank Danamon Syariah juga memiliki produk asuransi jiwa berjangka berbasis syariah, lho. Produk asuransi syariah yang bernama Proteksi Prima Amanah ini mempunyai berbagai keuntungan, seperti premi terjangkau mulai dari Rp50 ribu, dan perlindungan jiwa dengan santunan hingga 500 kali kontribusi dasar bulanan. 

Pengembalian kontribusi pada akhir masa perlindungan jika status kepesertaan asuransi masih aktif dan tidak ada tunggakan kontribusi. Selain itu jangka waktu perlindungan juga dapat disesuaikan dengan keinginan kamu (10 sampai 15 tahun). 

Jika kamu memiliki produk asuransi syariah ini kamu akan diberikan santunan meninggal dunia, manfaat ketidakmampuan tetap total dan manfaat akhir masa kepesertaan berupa pengembalian kontribusi yang telah terbentuk (jika ada) saat polis jatuh tempo. 

Yuk langsung klik ajukan sekarang di situs resmi Bank Danamon jika tertarik memiliki perlindungan asuransi Proteksi Prima Amanah ini.

5. Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah (KPR) Syariah

Produk Danamon Syariah yang tertarik adalah Pembiayaan KPR Syariah. Kamu dapat memiliki hunian sesuai prinsip Syariah dengan Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) atau Akad Modal Bersama. Artinya pembiayaan ini diberikan dengan konsep kerja sama modal untuk pembelian properti.

Pembayaran angsuran yang dibayarkan oleh nasabah digunakan untuk membeli porsi modal Bank secara bertahap sehingga porsi modal Nasabah akan meningkat. Di akhir masa pembiayaan, porsi modal nasabah menjadi 100 persen sehingga properti menjadi milik nasabah sepenuhnya.

Adapun limit pembiayaan minimum Rp100 juta dengan maksimal Rp5 Miliar dengan jangka waktu maksimal 20 tahun untuk rumah dan 15 tahun untuk apartemen. Pembiayaan properti bisa baru atau bekas, inden, Kavling Siap Bangun  hingga Take Over (Balance Transfer), dan Top Up

Jika kamu berusia 21 tahun atau sudah menikah dengan maksimal usia 65 tahun pada saat pinjaman jatuh tempo, kamu bisa mengajukan pembiayaan KPR Syariah.

Kantor cabang dan layanan pelanggan Danamon Syariah

Saat ini, kantor pusat Bank Danamon Syariah sama seperti Bank Danamon Konvensional yaitu terletak Menara Bank Danamon Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. E4 No.6. Mega Kuningan Jakarta Selatan. 

Hingga Agustus 2019,  Danamon Syariah telah memiliki 11 Kantor Cabang Syariah, serta didukung oleh Office Channeling di lebih dari 400 cabang konvensional. Untuk dapat menikmati produk-produk Danamon Syariah, segera kunjungi kantor cabang Bank Danamon terdekat

Jika ada pertanyaan, keluhan, atau permasalahan terkait produk Danamon Syariah kamu dapat langsung menghubungi layanan pelanggan Danamon melalui Hello Danamon di nomor 1-500-090. Namun, buat kamu yang berada di luar negeri, dapat menghubungi Hello Danamon melalui nomor +6221 23546100. Layanan pelanggan ini beroperasi selama 24 jam. 

Jika kamu mempunyai pertanyaan dan keluhan yang lebih detail, dapat mengirimkan email melalui [email protected]. Mudah, bukan? 

Keunggulan memilih produk perbankan syariah dibanding konvensional

Buat sebagian besar yang beragama Islam mungkin salah satu alasan memilih bank syariah atas dasar ingin terhindar dari yang namanya riba. Namun, selain itu ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih produk perbankan syariah, lho. 

Lantas apa sih keunggulan jika kita memilih produk syariah dibandingkan perbankan konvensional? Nah, untuk mengetahui lebih lanjut berikut ini alasan kenapa memilih produk syariah. 

  • Dalam pemberian keuntungan bank syariah menggunakan  pendekatan bagi hasil alias profit sharing, artinya dana yang diterima bank disalurkan kepada pembiayaan. Keuntungan yang didapatkan dari pembiayaan tersebut dibagi dua, untuk bank dan untuk nasabah. Oleh sebab itu terkadang tingkat imbal hasil yang diterima oleh nasabah tidak sama.
  • Transaksi ekonomi syariah dibangun di atas tiga pilar utama, yaitu: keadilan, keseimbangan, dan kemaslahatan yang bertumpu pada aqidah, syariah dan akhlak, sehingga meletakkan transaksi bisnis dalam konteks kesetiakawanan sosial, yakni motif saling tolong-menolong untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Hubungan bank syariah dengan nasabah pengguna dana merupakan hubungan kemitraan. Bank bukan sebagai kreditor, akan tetapi sebagai mitra kerja dalam usaha bersama antara bank syariah dan debitur. 
  • Manajemen finansial bank syariah lebih aman. Terbukti saat terjadi krisis ekonomi global tahun 1998 yang menyebabkan hampir semua bank konvensional bangkrut, hanya Bank Muamalat sebagai satu-satunya bank syariah yang relatif kuat menahan krisis kala itu. 

Itu dia beberapa alasan kenapa memilih bank syariah. Umumnya bisnis secara syariah memang dijalankan untuk menciptakan iklim bisnis yang baik dan lepas dari aspek kecurangan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →