Danareksa Sekuritas dan Cara Daftarnya [Plus Fee Transaksi]

danareksa sekuritas

Sebagai bank plat merah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) ternyata memiliki banyak anak usaha, selain perusahaan asuransi BRI Life, ada juga perusahaan sekuritas yang diberi nama Danareksa Sekuritas.

Sebagai salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia, anak usaha dari BUMN PT Danareksa (Persero) telah menyabet banyak penghargaan. 

Sebut saja seperti 2nd Rank Securities Company dari Majalah Infobank tahun 2019, Most Admired Company 2018 dari Warta Ekonomi, Best Islamic Finance Sukuk House, dan lainnya.

Kira-kira seperti apa sih keuntungan membuka akun saham di Danareksa Sekuritas ini? Lalu bagaimana caranya?

Profil Danareksa Sekuritas

PT Danareksa (Persero) didirikan tahun 1976 dan memiliki kegiatan utama di bidang pasar modal dan pasar uang, yang meliputi pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, hingga pengelolaan investasi.

Berdirinya Danareksa gak luput dari Bursa Efek Batavia yang tutup karena Perang Dunia II. Setelah perang berakhir, bursa pun kembali buka di tahun 1952 namun di tahun 1958 bursa malah tutup lagi karena jumlah transaksi yang sedikit.

Singkat cerita, pada tahun 1977 di Gedung Danareksa, Bursa Efek Jakarta pun diresmikan. 

Nah seperti yang dijelaskan di atas, Danareksa Sekuritas adalah anak usaha dari Danareksa Persero yang 100 persen sahamnya dimiliki Pemerintah RI. 

Kepemilikan saham Danareksa Persero terhadap Danareksa Sekuritas adalah 33 persen. Perusahaan sekuritas ini didirikan tahun 1992 silam, berbarengan dengan Danareksa Finance dan Danareksa Investment Management.

Keunggulan Danareksa Sekuritas

Apa saja sih yang membuat investor memilih Danareksa Sekuritas untuk membuka akun saham? Mari simak ulasannya.

1. Aplikasinya bisa untuk transaksi produk lain

Pembahasan soal aplikasi Danareksa akan kita kupas di poin selanjutnya. Namun, yang harus kamu ketahui soal aplikasi ini adalah gak cuma saham yang bisa kamu beli.

Kamu bisa membeli reksadana sekaligus obligasi di aplikasi ini.

2. Fee transaksi Danareksa Sekuritas lumayan terjangkau

Langsung saja kita buka berapa fee transaksi di Danareksa. Biaya transaksinya terbilang lumayan terjangkau karena fee belinya 0,17 persen dari total transaksi. Sementara itu, fee jualnya adalah 0,27 persen.

Jumlah ini jelas jauh lebih murah ketimbang IndoPremier dan Phillip Sekuritas. Akan tetapi, masih kalah murah dibandingkan dengan Mirae Asset Sekuritas dan RHB Sekuritas.

3. Proses buka rekening mudah 

Ini juga jadi salah satu kelebihan dari Danareksa. Proses pembukaan rekeningnya sangat mudah, karena langkah-langkahnya sudah tersedia di situsnya.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Kita akan bahas langkah-langkah buka rekening Danareksa di poin lainnya ya.

4. Sekuritas milik BUMN

Bagi sebagian orang, status perusahaan cukup penting untuk menentukan kredibilitasnya.

Danareksa bukanlah perusahaan sembarangan. Mereka adalah sebuah BUMN. Di dunia finansial, PT Danareksa Persero yang merupakan induk dari sekuritas ini, juga sudah melanglang buana di dunia keuangan.

5. Pilihan rekening di Danareksa ada tiga

Pilihan rekening dana nasabah dari Danareksa Sekuritas ada tiga. Bank-banknya adalah: 

  • Bank Central Asia (BCA)
  • Bank Mandiri
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Cara menjadi nasabah Danareksa Sekuritas

Gimana caranya menjadi nasabah Danareksa Sekuritas? Agar lebih cepat, unduh saja formulir registrasinya di https://eform.danareksaonline.com/index.html#/registrasi_user.

Tunggu sampai email notifikasi dan dokumen pembukaan rekening akan terkirim ke emailmu. Setelah sudah muncul masukkan kode aktivasinya dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Isi formulirnya

Isilah formulir itu dengan data-data yang valid. Sabar ya, kolom yang harus diisi banyak, selain itu formulir ini juga ada enam step.

2. Kamu akan dihubungi petugas Danareksa

Petugas Danareksa akan menghubungi kamu dan mengkonfirmasikan jadwal dan alamat pengambilan dokumen. Pastikan ponsel kamu selalu aktif ya.

3. Permohonan pembukaan rekening kamu diproses

Proses pembuatan rekeningmu akan segera diproses. Jika sudah jadi, kamu akan dikirimi email berisi informasi seputar user ID, password, dan nomor rekening virtual untuk top up dana di rekening dana nasabah (RDN).

Biasanya, proses pembukaan rekening ini akan berlangsung selama tujuh hari.

4. Install D’One dan mulailah berinvestasi

Setelah password didapat, maka langkah selanjutnya adalah menginstall D’One di ponsel atau laptop untuk trading. Lakukan top up dana lewat virtual account dan selamat berinvestasi saham.

Setoran awal Danareksa Sekuritas

Salah satu persyaratan untuk bisa bertransaksi jual beli saham di Danareksa, nasabah harus menyerahkan setoran awal sebesar Rp25 juta untuk rekening reguler, dan Rp5 juta untuk rekening mandiri.

Biaya transaksi atau fee Danareksa Sekuritas

Untuk mengetahui berapa nominal transaksi di Danareksa, ketahui dulu bahwa ada dua jenis rekening yang bisa dibuka di sekuritas ini. Beda rekening beda juga fee transaksinya.

Mau tahu apa saja? Mari simak perbedaannya di tabel ini.

Rekening Reguler Rekening Online
Layanan  Ada layanan account executive Transaksi mandiri tanpa layanan account executive
Fee transaksi  Beli: 0,25 persen, jual: 0,35 persen Beli: 0,17 persen, dan jual: 0,27 persen
Deposit awal Rp25 juta Rp5 juta

Aplikasi Danareksa Sekuritas

Danareksa memiliki aplikasi trading saham bernama Danareksa Online atau D’ONE. Danareksa Online sendiri hadir dalam tiga pilihan yang sesuai dengan platform yang kamu gunakan. 

1. Danareksa Online TradePro

Danareksa Online Trade Pro adalah aplikasi bagi investor yang harus di-install di komputer desktop atau laptop. 

Aplikasi trading ini juga disertai dengan tools analisis teknikal yang dapat membantu anda secara profesional dalam menganalisis pasar.

Keamanan aplikasi ini cukup baik, karena menggunakan sistem enkripsi dan data otentikasi. 

Aplikasi ini sama sekali gak berat kok. Spesifikasi minimum komputer desktop atau laptop kamu untuk bisa menginstal aplikasi ini adalah: 

  • Pentium IV
  • RAM 512 MB
  • 5 GB Hard Disk free space
  • Microsoft Window XP
  • Koneksi internet

2. Danareksa WebTrade

WebTrade adalah aplikasi berbasis web yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi menggunakan perangkat komputer melalui jaringan internet di mana pun. Intinya, gak perlu di-install pun bisa digunakan.

Cukup sambungkan komputer ke internet dan kunjungi halaman Danareksa Online Web Trade di mobiletrade.danareksaonline.com.

3. Danareksa online mobile

Nah kalau yang ini adalah aplikasi milik Danareksa Sekuritas yang harus diinstall di ponsel. 

Gak usah khawatir, aplikasi ini mensupport berbagai jenis ponsel ataupun tablet. Tentunya yang punya sistem operasi sebagai berikut.

  • iPhone mulai dari iOS Ver 4.3.5 sampai dengan iOS Ver 6.0
  • iPad mulai dari iOS Ver 4.3 sampai dengan iOS Ver 6.0
  • Android mulai dari OS Android Gingerbread

Daftar perusahaan sekuritas terbaik lainnya di Indonesia

Apabila kamu tertarik membuka rekening efek, ada banyak perusahaan sekuritas di Indonesia yang bisa kamu pilih selain Danareksa. Masing-masing dari perusahaan sekuritas tersebut menawarkan kelebihan dalam bertransaksi saham. 

Berikut ini daftar perusahaan sekuritas di Indonesia serta ulasannya.

Seberapa cocokkah kamu berinvestasi saham?

Berinvestasi tidak selamanya untung. Terkadang ada kerugian yang harus ditanggung. Karena itu, ketahui profil risiko investasi untuk mengetahui seberapa cocokkah kamu berinvestasi saham dengan mengisi kuis berikut ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang investasi saham? Lihat pertanyaan populer seputar investasi di Tanya Lifepal.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Pertanyaan seputar Danareksa Sekuritas

Berikut sejumlah pertanyaan yang perlu kamu ketahui terkait perusahaan sekuritas milik BRI ini, mulai dari profil hingga cara daftarnya. 

Danareksa Sekuritas adalah salah satu perusahaan broker saham di Indonesia yang telah berdiri sejak 40 tahun silam. Perusahaan ini berada di bawah grup Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang merupakan perusahaan perbankan milik negara.

Danareksa memiliki peran sebagai broker saham dan penasehat keuangan yang telah memiliki banyak klien individu, institusi, baik domestik maupun asing.

Cara daftar Danareksa bisa dilakukan secara offline maupun online. Untuk pendaftaran secara offline, kamu bisa mendatangi langsung kantor cabang Danareksa terdekat.

Sementara online, kamu bisa mengisi formulir pembukaan yang ada di situs resmi mereka. Lalu nantinya pihak Danareksa akan menghubungimu untuk proses pembukaan rekening selanjutnya.

Fee atau biaya transaksi yang dibebankan Danareksa kepada nasabahnya mulai dari 0,17 - 0,25 persen untuk aktivitas pembelian saham. Sementara aktivitas penjualan akan dikenakan biaya transaksi sebesar 0,27 - 0,35 persen.

Danareksa memiliki aplikasi trading saham bernama Danareksa Online atau D’ONE. Danareksa Online sendiri hadir dalam tiga pilihan, yaitu Danareksa Online TradePro, Danareksa WebTrade, dan Danareksa online mobile.

Danareksa Online TradePro sendiri merupakan aplikasi online trading untuk perangkat komputer atau laptop. Berbeda dengan Danareksa WebTrade yang merupakan layanan online trading, tapi berbasis website.

Sementara Danareksa Online Mobile adalah aplikasi online trading yang dikhususkan bagi perangkat ponsel pintar. Jadi, nasabah bisa mengecek kondisi saham dan melakukan pembelian hanya dengan bermodalkan jaringan internet dan ponsel.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau menyampaikan segala keluhan, hubungi saja pihak Danareksa Sekuritas di:

  • Telepon ke 1500688 atau 021-1500688 via GSM. (Senin-Jumat, pk. 08:30 – 17:30 WIB)
  • Email kami di [email protected]
  • Hubungi Sentra Investasi Danareksa (SID) terdekat.
  • Website: danareksasekuritas.co.id

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →