Dapat Tawaran Kerja, Ini 6 Cara Memilih yang Tepat Biar Dikasih Gaji Besar

Cara memilih tawaran kerja biar dapat gaji besar

Mendapat tawaran pekerjaan dengan gaji baru selalu menggoda. Namun, masih banyak pegawai berusia 30-40 tahun terjebak zona nyaman di posisi tetap sehingga malas memulai petualangan baru meski mendapat gaji pas-pasan.

Sebaiknya sebelum mencapai usia 30 hingga 40 tahun, harus sudah mempersiapkan matang mengenai pekerjaan untuk jangka panjang, bahkan hingga usia pensiun. 

Namun, terkadang ada waktu di mana tawaran-tawaran pekerjaan memberikan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Jika mengalami hal seperti ini, sebaiknya jangan sembarang memilih tawaran pekerjaan tersebut. Ada baiknya pertimbangkan beberapa hal penting agar tidak mengalami kerugian meninggalkan pekerjaan lama.

Berikut ini beberapa tips memilih tawaran pekerjaan yang tepat agar mendapat gaji besar:

1. Perusahaan kredibel

Perusahaan kredibel salah satu syarat pindah kerja dan dapat gaji besar

Pastikan tawaran pekerjaan yang datang berasal dari perusahaan yang kredibel atau dapat dipercaya, mulai dari nama perusahaan, alamat, bisnis yang dijalankan, hingga stuktur organisasi perusahaan tersebut.

Jangan sampai tergiur iming-iming gaji besar, dan tunjangan tinggi tetapi dari perusahaan fiktif yang ingin melakukan penipuan.

Sebaiknya, cek dan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut dan apa saja bisnis yang dijalani, hingga alamat perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu akan terhindari tindak penipuan dari perusahaan fiktif.

2. Tujuan karier jelas

Tujuan karier jelas untuk mendapat gaji besar

Hal utama sebelum memilih tawaran pekerjaan yang tepat adalah melihat tujuan karier masing-masing. 

Setiap orang pasti memiliki tujuan karier yang ingin dicapai. Karena itu, pastikan tawaran pekerjaan tersebut sesuai dengan tujuan kariermu.

Jangan sampai tujuan karier dengan tawaran pekerjaan yang diberikan perusahaan tidak sesuai. Pasalnya, akan membuat kamu tidak nyaman bekerja dan memilih untuk resign.

Cara mengetahui apakah tawaran pekerjaan sesuai dengan tujuan karier ialah menghimpun informasi tentang jenjang karier di perusahaan saat sesi wawancara.

Perekrut juga akan menjelaskan tentang jenjang karier di tempat mereka, dan budaya perusahaan untuk mendapat kenaikan jabatan.

Calon pegawai juga bisa bertanya terkait mekanisme penilaian untuk promosi jabatan. Dengan informasi mengenai mekanisme tersebut, maka bisa dilihat dan dihitung mana pekerjaan yang paling realistis dan sejalan dengan tujuan kariermu.

3. Kesempatan untuk berkembang

 Kesempatan untuk berkembang dan dapat gaji besar

Kesempatan berkembang dalam sebuah pekerjaan sangat penting bagi pegawai. Pasalnya, seorang pegawai akan mengabdikan diri kepada perusahaan di mana dia bekerja.

Kesempatan berkembang yang dimaksud seperti menjalani pendidikan kembali, pelatihan, kursus, hingga workshop. Itu menjadi nilai lebih bagi perusahaan dan pegawai.

Jika perusahaan mempunyai peluang terkait hal tersebut, maka bisa dibilang perusahaan terbuka untuk memberikan kesempatan berkembang para pegawainya menambah pengetahuan dan skill dalam bekerja.

Intinya, sebelum memilih pekerjaan di perusahan baru coba pastikan dan cari tahu apakah perusahaan yang dituju membuka kesempatan berkembang bagi pegawainya atau tidak. 

Dan, pilihlah perusahaan yang memberikan kesempatan tumbuh dan berkembang paling besar.

4. Budaya kerja

Budaya kerja dan dapat gaji besar

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda. Karena itu, mulai cari tahu informasi mengenai budaya kerja yang diterapkan pada perusahaan saat sebelum, dan sesudah wawancara kerja.

Pasalnya, dalam bekerja biasanya para pegawai akan menghabiskan 70 persen waktunya di kantor. Namun, dengan era teknologi seperti sekarang ini ada juga para perusahaan yang menawarkan budaya kerja yang fleksibel. Yaitu, memberikan opsi bekerja hanya dari rumah saja.

Akan tetapi, masih banyak juga para perusahaan yang menerapkan budaya kerja seperti kolaborasi, independensi, penuh tantangan, dan  juga produktivitas. Jadi, pilihlah tempat kerja yang paling bisa membuat Anda nyaman.

5. Gaji dan tunjangan

Seorang pekerja mendapat gaji dan tunjangan

Gaji dan tunjangan dalam sebuah pekerjaan jadi pertimbangan sangat penting bagi seorang pegawai memilih sebuah pekerjaan.  

Akan tetapi, jangan hanya terjebak dengan tawaran gaji tinggi, sementara jenjang karier yang tidak jelas, budaya kerja yang tidak membuat nyaman, hingga tingkat stres pekerjaan tinggi. Sebab, uang belum tentu dapat menjamin kebahagiaan Anda di tempat kerja kelak.

Biasanya, jika perusahaan menawarkan nominal gaji tinggi, maka perusahaan akan meminta banyak waktu dan energi dalam pekerjaan. Namun, seorang pegawai juga berhak mendapatkan gaji yang reasonable dan sesuai dengan tugas dalam pekerjaan.

Hal terpenting adalah jangan melakukan downgrade atau yang merendahkan nilai dan keahlian dengan gaji yang pas-pasan.

Pastikan semua kebutuhan utama mulai dari makan, ongkos transportasi, serta sewa tempat tinggal sudah tercukupi dengan baik. Selain itu, pastikan juga ada anggaran untuk kebutuhan lainnya seperti rekreasi, tabungan, dan investasi.

Bisa juga cari informasi gaji sebuah perusahaan melalui website penyedia informasi gaji. Dengan mengetahui informasi besaran rata-rata gaji dalam sebuah perusahaan, maka memudahkan calon pegawai dalam proses negosiasi gaji.

Selain gaji, hal yang juga perlu menjadi pertimbangan adalah tunjangan. Apakah perusahaan memberikan tunjangan standar asuransi kesehatan, gigi, penglihatan, hingga dana pensiun. Jika perusahaan tidak menawarkan ini, maka sebaiknya hilangkan dari daftar pilihan.

Perhatikan juga soal tunjangan lainnya seperti tunjangan atau bonus jika mendapat sebuah prestasi, tunjangan hari raya, tunjangan biaya pulsa, parkir, dan lainnya.

6. Pilih yang sesuai intuisi

Pilih yang sesuai intuisi untuk mendapat gaji besar

Setelah melihat beragam tawaran pekerjaan dan menimbang beberapa poin di atas, sebaiknya berikan waktu untuk berpikir dan merenungi pilihan terbaik untuk mendapat gaji besar.

Pada proses ini, utamakan pandangan pribadi dan kesampingkan dahulu pandangan teman, kerabat, serta keluarga.

Pikirkan masak-masak pekerjaan terbaik yang akan dipilih. Dan pilihlah tawaran mana yang paling membuat tertarik dan bersemangat. 

Jika masih bingung dan bimbang, barulah meminta pendapat keluarga, teman, atau kerabat. (Editor: Chaerunnisa)