Bunga DBS Deposito 2020 – Simulasi dan Info Lengkapnya

dbs deposito

DBS deposito adalah salah satu produk tabungan berjangka yang memberikan bunga kompetitif, dan tenor atau jangka waktu mulai dari 7 hari hingga 12 bulan. Melalui layanan perbankan Digibank, buka DBS deposito dimulai dari Rp1 juta.

Di artikel ini, kamu juga dapat melihat daftar bunga DBS deposito dan melakukan perhitungan deposito DBS dengan kalkulator yang telah disediakan.

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) menjadi acuan suku bunga simpanan dan kredit perbankan, termasuk juga deposito. Dalam beberapa bulan terakhir, berikut ini daftar suku bunga acuan BI atau BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Periode BI 7-day
16 July 2020 4,00%
18 June 2020 4,25%
19 May 2020 4,50%
14 April 2020 4,50%
19 March 2020 4,50%
20 February 2020 4,75%
23 January 2020 5,00%

Perubahan suku bunga acuan ini tentu saja mendorong perubahan suku bunga deposito. Buat tahu lebih jelas berapa bunga DBS deposito yang terbaru, cek persentasenya dalam ulasan berikut.

Bunga DBS deposito terbaru tahun 2020

DBS deposito melalui produknya, saat ini menawarkan tenor atau jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan.

Dengan setoran awal sebesar Rp1 juta dan bunga hingga 5,25%, kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari deposito ini.

Namun, tetap diingat ya. Suku bunga yang berlaku sewaktu-waktu bisa berubah. Berikut ini suku bunga deposito DBS dalam bentuk mata uang rupiah:

1 bulan 3 bulan 6 bulan 12 bulan 24 bulan
Rp1.000.000 – Rp499.999.999 5.25% 5.25% 5.25% 5.25% 5.25%

Bunga deposito DBS dolar terbaru

DBS juga memberikan fleksibilitas pilihan mata uang. Di deposito DBS valas, selain dalam bentuk dolar Amerika Serikat, kamu juga bisa memakai mata uang asing lainnya seperti Euro, Poundsterling, hingga dolar Singapura.

Untuk membuka deposito berjangka DBS, kamu hanya harus menyetorkan dana minimal Rp10 juta atau US$10.000, dan dapatkan suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu tertentu.

Pilihan waktu penempatan dana juga sangat fleksibel. Deposito bisa dipilih dari jangka waktu sehari hingga 24 bulan. Kalaupun ingin ditarik di luar masa jatuh tempo tetap dimungkinkan, karena ada layanan cut-off time dari Bank DBS. 

Rumus dan simulasi perhitungan DBS deposito

Umumnya, cara menghitung deposito bisa dilakukan memakai cara sederhana. Begitu juga dengan deposito DBS.

Berikut ini rumus menghitung deposito yang digunakan: Bunga Deposito = Dana Deposito x (Bunga Tahunan / 12) * Jumlah Bulan Tenor.

Rumus bunga deposito tersebut juga telah menghitung pajak bunga deposito sebesar 20 persen.

Untuk memudahkan melakukan perhitungan, berikut ini simulasi perhitungan deposito DBS dengan kalkulator bunga deposito di bawah ini.

Daftar bunga deposito bank-bank di Indonesia

Berminat untuk menyimpan uang dalam bentuk deposito? Sebelumnya, kamu bisa cek suku bunga deposito yang ditawarkan beberapa bank di bawah ini untuk melakukan perbandingan.

Apa itu DBS deposito?

DBS Deposito adalah produk simpanan berjangka yang memberikan bunga kompetitif sebesar 5.25% per tahunnya dengan setoran awal mulai dari Rp1 juta.

Deposito berjangka DBS menyediakan empat pilihan jangka waktu yang dapat dicairkan pada tanggal jatuh tempo atau diperpanjang secara otomatis.

Manfaat DBS deposito

Ada beragam manfaat memiliki deposito berjangka DBS, antara lain:

  • DBS telah dinobatkan sebagai Bank Teraman di Asia oleh Global Finance selama lima tahun berturut-turut, sejak tahun 2009 hingga 2013.
  • Tingkatkan keuntungan dengan suku bunga yang bersaing.
  • Tingkatkan likuiditas melalui berbagai pilihan mata uang Asia dan dunia: US$, AUD, CHF, EUR, GBP, IDR, JPY, NZD, dan SGD.
  • Dapatkan kemudahan melalui cut-off time di mana nasabah dapat melakukan pencairan sebelum jatuh tempo bila diperlukan.
  • Pilih berbagai jangka waktu yang fleksibel, mulai dari satu hari hingga 36 bulan.

Kelebihan DBS deposito

Beberapa kelebihan yang ditawarkan deposito berjangka DBS untuk nasabahnya, antara lain:

  • Pokok bunga bisa diperpanjang secara otomatis (Automatic Rollover/ARO).
  • Deposito bisa digunakan sebagai jaminan untuk fasilitas kredit atau secured overdraft.
  • Tersedia fasilitas rekening gabungan (joint account).
  • Proses online.
  • Suku bunga tinggi.
  • Kemudahan cut-off time di mana nasabah dapat melakukan pencairan deposito berjangka sebelum jatuh tempo bila diperlukan.
  • Jaringan DBS yang luas di Asia.

Kekurangan DBS deposito

Selain memiliki kelebihan, deposito berjangka DBS juga mempunyai beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Bunga deposito tergantung suku bunga acuan BI sehingga bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Saldo minimum yang lebih besar dibanding tabungan biasa.

Pajak DBS deposito

Seperti dijelaskan sebelumnya, bunga deposito dikenakan sebagai objek pajak. Dengan kata lain, dana akhir yang akan kamu terima setelah jatuh tempo akan terkena potongan pajak. Pajak atas bunga deposito merupakan salah satu jenis Pajak Penghasilan (PPh).

Dasar pengenaan pajak atas bunga deposito adalah PPh Pasal 4 ayat 2 dengan besaran 20 persen untuk deposito > Rp7,5 juta.

Itu berarti nilai deposito di bawah Rp7,5 juta gak akan dikenai pemotongan pajak atas bunga deposito.

Syarat-syarat buka deposito DBS

Cara membuka deposito lewat aplikasi Digibank:

  • Login aplikasi Digibank
  • Klik di symbol “Deposito”
  • Klik buka deposito baru
  • Klik dari beberapa option sesuai kebutuhan, lalu klik “Setuju”
  • Tulis nominal yang diinginkan dan pilih rencana deposito yang sesuai
  • Klik “Ok! Mari kita mulai”
  • Klik pilihan jatuh tempo, lalu klik OK
  • Masukkan nama nasabah, pilih simbol yang diinginkan, lalu klik “Otentikasi”
  • Masukan password Digibank by DBS kamu.

Tentang Bank DBS

Bank DBS didirikan pada tahun 1989 dan telah menjadi bagian dari kelompok usaha DBS Group di Singapura.

Bank DBS banyak memberikan pelayanan kepada nasabah, antara lain consumer, institusional, tresuri dan lainnya.

Diakui sebagai “Best Wealth Manager in Indonesia” oleh The Asset dan “Best Foreign Exchange Bank in Indonesia” oleh Global Finance, DBS Indonesia juga merupakan penerima predikat ‘Sangat Baik’ untuk kategori Aset Rp50 Triliun sampai dengan di bawah Rp100 Triliun dari Infobank.

Pada 10 Februari 2018, Bank DBS Indonesia mengambil alih bisnis Retail dan Wealth dari Bank ANZ Indonesia.

Sekilas tentang MiTreasure Flexi Assurance

Bank DBS Indonesia dan Manulife Indonesia berupaya untuk menjawab kebutuhan nasabah dalam membantu mewujudkan tujuan keuangannya dengan meluncurkan produk asuransi, MiTreasure Flexi Assurance (MiFA).

MiTreasure Flexi Assurance adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat lebih luas dengan perlindungan seumur hidup hingga 110 tahun serta dilengkapi dengan investasi dan berbagai pilihan riders (asuransi tambahan) untuk melengkapi kebutuhan nasabah.

Selain itu, produk ini juga memberikan alokasi investasi sebesar 50% di tahun pertama, 100% alokasi investasi mulai tahun kedua hingga tahun kesepuluh, dan 102% alokasi investasi mulai tahun ke 11.

Nasabah juga dapat memperoleh loyalty benefit hingga 200% dari premi dasar tahunan pada akhir tahun polis ke 15 sesuai syarat dan ketentuan produk.

Di akhir kontrak, nasabah akan menerima nilai polis yang terbentuk yang dapat digunakan sebagai aset keuangan mereka.

Kerja sama Bank DBS Indonesia dan Manulife sudah terjalin sejak 2016 melalui rangkaian produk mulai dari unit link, asuransi jiwa hingga asuransi kesehatan. MiTreasure Flexi Assurance dipasarkan melalui kanal distribusi bancassurance Bank DBS Indonesia.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →