Tips Dekorasi Pernikahan Murah Tapi Mewah Cuma Rp1,4 Juta

tempat liburan imlek

Dekorasi pernikahan dianggap sebagai seni menghias acara pernikahan yang sakral agar tampak indah dan tidak terlupakan. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa aspek pernikahan yang satu ini senantiasa dianggap sebagai hal yang krusial untuk dipersiapkan. Tidak hanya kedua mempelai, bahkan pihak keluarga kerap turun tangan mengurusinya juga.

Yuk, kita mulai bahas bareng-bareng dekorasi pernikahan murah tapi mewah yang bisa Anda manfaatkan nanti di hari resepsi pernikahan.

Jangan Mendiskreditkan Murah sebagai Murahan, Lho!

Dekorasi Pernikahan Murah Tapi Mewah

Tidak masalah untuk memiliki angan-angan dekorasi pernikahan yang mewah dan elegan bak menikah di hotel berbintang. Namun, apa daya jika bujet pernikahan terbatas dan pernikahan pun akhirnya diselenggarakan di rumah saja untuk menekan biaya? 

Tunggu dulu, tahan kesedihan Anda apalagi untuk menunda pernikahan! Sebab Lifepal kini memiliki kiat khusus dalam mewujudkan dekorasi pernikahan yang murah, tapi tetap mengedepankan kesan mewah, dengan bujet tidak lebih dari Rp1,4 juta saja!

Meskipun murah, namun penting untuk memastikan kualitas barang-barang yang akan dipakai. Jangan sampai ada komponen yang rusak hingga mengganggu momen pernikahan Anda. Untuk membantu menemukan ide dekorasi pernikahan spesial ini, ada beberapa tips yang bisa wajib diikuti. Yuk, simak tips lengkapnya di bawah ini.

Daripada Warna-Warni, Pilih Satu Warna sebagai Tema

Memilih Lokasi Pernikahan yang Tepat

Saat menggelar pernikahan, pastinya Anda memiliki warna khusus sebagai warna tema pernikahan, misalnya paduan warna cokelat kayu dan hijau daun untuk mendukung pernikahan berkonsep tradisional atau menggunakan warna emas yang dipadukan putih untuk mengesankan pernikahan modern minimalis.

Untuk mendapatkan kesan yang elegan atau mewah tapi tetap murah, Anda dapat memilih salah satu warna saja sebagai tema besar pernikahan. Misalnya, warna putih atau emas yang bisa memberikan kesan romantis, elegan, dan mewah. Sesuaikan juga warna tersebut pada bunga, tirai, karpet, dan meja agar warna tetap senada.

Berikut ini adalah beberapa vendor kain backdrop untuk dekorasi pernikahan murah yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Deris Jaya Tenda

Rp25 ribu per meter

Jakarta Pusat

Reza Nabhilla

Rp50 ribu per meter

Jakarta Pusat

Enkaya

Rp60 ribu per meter

Bogor

Pilih Bunga Lokal Dibandingkan Impor

Lalu, Estimasi Biaya Pernikahan

Rasanya ada yang kurang jika sebuah pernikahan dihadirkan tanpa dihadirkannya bunga-bunga indah. Tidak hanya berfungsi menyemarakkan pernikahan, tapi juga untuk memberikan kesan hati yang berbunga-bunga atas kebahagian mempelai pengantin.

Apabila Anda menikah di rumah, maka biasanya bunga akan diletakkan di depan gerbang masuk rumah, photo booth, panggung pelaminan, sepanjang jalan menuju pelaminan, dan area penulisan daftar tamu. 

Untuk menekan kebutuhan bunga yang cukup besar, Anda dapat siasati dengan menggunakan bunga-bunga lokal yang harganya lebih murah dibandingkan bunga-bunga impor, misalnya bunga krisan yang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp30 ribu per 10 potong.

Berikut ini adalah beberapa kisaran perbandingan harga bunga lokal dan impor yang dapat dijadikan acuan.

Bunga Mawar

Rp50 ribu per 10 potong

Bunga Krisan

Rp30 ribu per 10 potong

Bunga Balon

Rp40 ribu per 10 ikat

Bunga Lavender (Impor)

Rp115 ribu per satu ikat

Bunga Tulip (Impor)

Rp465 ribu per 10 tangkai

Bunga Baby Breath (Impor)

Rp140 ribu per 10 batang

Sediakan Photo Booth Sederhana dengan Kain dan Origami

Berdayakan Teman untuk Membantu Foto Prewedding

Siapa bilang photo booth hanya bisa dimiliki mereka yang menikah di gedung atau hotel saja? Anda juga bisa, lho, menghadirkannya meskipun menikah di rumah. Justru, photo booth akan bagus jika diletakkan di pekarangan rumah dekat pintu masuk atau dekat penerima tamu.

Khususnya dalam merancang photo booth yang mewah seperti di hotel tidak perlu ribet-ribet bahkan sampai menguras bujet dekorasi. Cukup sediakan triplek sebesar papan tulis yang ada di rumah, jika tidak ada Anda dapat membelinya seharga Rp44 ribu saja. 

Sanggah triplek agar dapat berdiri tegak, lalu hiasi dengan kain berwarna sesuai tema yang Anda usung ditambah beberapa origami berbentuk kipas bulat yang besar dengan warna senada. 

Di sini kreativitas Anda akan diuji. Ekspresikan gaya sendiri dan hasilkanlah sesuatu yang menarik dan yang terpenting Anda puas dengan jerih payah sendiri. 

Manfaatkan Halaman Belakang sebagai Tempat Menjamu Tamu, Hiasi dengan Pita dan Lampu Kelap-kelip

Persiapan Pernikahan di Rumah

Daripada Anda harus mengganggu lalu lintas jalan demi tempat menjamu para tamu undangan, lebih baik manfaatkan taman belakang rumah sebagai tempat para tamu undangan menyantap makanan. Jika halaman belakang kurang memadai, Anda bisa meminta izin meminjam halaman rumah tetangga.

Untuk kesan yang lebih mewah, namun tetap murah, Anda bisa menghias setiap kursi dengan pita-pita berwarna sama dengan konsep pernikahan. Tambahkan juga balon lateks monokrom yang dililitkan di setiap sisi bangku untuk memberikan kesan lebih romantis.

Untuk hiasan pita, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan kain tile, umumnya harga kain tile sekitar Rp13 ribu per meter. Sedangkan, untuk balon Anda harus merogoh kocek sebesar Rp2.000 per buahnya.

Pasang Foto Kenangan saat Pendekatan dengan Jepit Tali

Membuat Suvenir Pernikahan Sendiri

Momen bahagia di hari pernikahan memang layak dibagikan kepada seluruh tamu undangan. Salah satu caranya bisa dengan memasang foto-foto semasa pendekatan berdua. Dengan foto-foto yang dipajang, maka pernikahan akan terlihat seperti museum kecil perjalanan hidup berdua.

Untuk kesan yang lebih indah, Anda bisa mencetak foto-foto tersebut dalam bentuk polaroid dan dijepitkan di tali yang sudah direkatkan pada dinding. Tidak usah khawatir soal harga cetak foto karena kini cetak foto polaroid sudah bisa Anda dapatkan seharga Rp200 saja per foto dengan minimal pemesanan 100 foto.

Gunakan Lampu-Lampu Tumblr

tokopedia.com

Banyak keunggulan yang didapatkan dengan melangsungkan pernikahan di rumah, misalnya saja bebas menentukan berapa lama durasi pesta pernikahan. Apabila pernikahan berlangsung sampai malam, Anda bisa menghias halaman sekitar rumah dengan lampu-lampu tumblr

Lampu-lampu tumblr dapat dipasang di sekeliling pohon dan dinding sekitar rumah. Dengan adanya lampu ini, maka pernikahan akan lebih terlihat hangat, romantis, dan elegan.

Untuk mendapatkan lampu tumblr, Anda tidak perlu mengeluarkan bujet yang besar karena dengan uang Rp10 ribu Anda sudah bisa mendapatkan lampu tumblr sepanjang satu meter, lho.

Simulasi Pernikahan Murah nan Mewah di Rumah

Hukum Pernikahan di Indonesia

Saking serunya, kita jadi terlupa untuk menyusun bujet, ya? Jangan cemas, semua sudah disiapkan untuk Anda. Tabel berikut berisi simulasi biaya pernikahan di rumah yang baru saja kita rancang bersama-sama.

Kain Backdrop (20 meter) Rp500 ribu
Bunga Krisan (150 potong) Rp450 ribu
Triplek (3 mm 122×244) Rp44 ribu
Kertas Origami (20×20 cm) Rp20 ribu
Kain Tile (6 meter) Rp78 ribu
Balon Lateks Monokrom Premium (50 buah) Rp100 ribu
Cetak Foto Polaroid (100 pcs) Rp20 ribu
Lampu tumblr (15 meter) Rp150 ribu
TOTAL Rp1,387 juta

Terbukti, ya, sepanjang kita mau berusaha dan ditambah dengan sedikit kreativitas, angan-angan untuk menyusun dekorasi pernikahan yang murah, tetapi dengan tetap memberi kesan mewah, bisa terwujud.

Pada harinya nanti menentukan dekorasi pernikahan murah tapi mewah tidak perlu terpatok oleh tips-tips di atas secara terperinci. Jadikan saja sebagai inspirasi untuk mendorong kreativitas Anda dan pasangan dalam membuat pernikahan kalian menjadi indah. Satu lagi, jangan lupa untuk memilih suvenir pernikahan yang menarik untuk para tamu, ya. Semoga berhasil!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →