5 Cara Membuat Dekorasi Pernikahan Sederhana dan Berkesan

Selektif Mencari Vendor Dekorasi yang Tepat

Menyelenggarakan pernikahan dengan dekorasi yang indah, siapa yang tidak mau? Tidak jarang untuk mendapatkan dekorasi pernikahan yang seperti itu, Anda diminta mengeluarkan kocek yang lumayan besar untuk berbagai propertinya.

Jika Anda memiliki bujet yang besar, tentu ini bukanlah masalah, namun lain halnya dengan bujet terbatas.

Daripada memaksakan diri, coba deh memanfaatkan dekorasi pernikahan sederhana yang sedang digandrungi belakangan ini. Dekorasi pernikahan sederhana tentu tidak menghabiskan bujet yang sangat banyak karena jumlah propertinya yang sedikit. Apalagi dekorasi seperti ini juga bisa membuat suasana pernikahan semakin hangat dan akrab.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan dekorasi pernikahan sederhana, pertama dengan mencari vendor dekorasi yang sesuai dan kedua dengan membuat dekorasi sendiri. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pilih Vendor Dekorasi Pernikahan Sederhana yang Tepat

Vendor Dekorasi yang Tepat Untuk Dekorasi Pernikahan Sederhana

Bujet tidak besar tapi tidak punya waktu untuk menyiapkan dekorasi pernikahan sendiri, berarti sudah saatnya untuk Anda mencari vendor dekorasi yang tepat. Pilihlah vendor dengan harga yang murah atau sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa vendor dekorasi murah di Jakarta yang dapat Anda coba.

Dewi’s Wedding
Harga: Rp9 juta
dewiswedding.com

Wilhelmina Wedding
Harga: Rp3 juta
instagram.com/wilhelmina_Wedding

Dekorasi Wedding
Harga: Rp8,5 juta
Dekorasi-wedding.com

Setelah Anda menentukan vendor dekorasi pernikahan, mintalah pada mereka promo atau paket apa yang sedang mereka hadirkan, pertimbangkan promo atau paket yang sedang mereka hadirkan dengan konsep dekorasi pernikahan yang Anda inginkan.

Membuat Dekorasi Pernikahan Sederhana dengan Kreatif

Membuat Dekorasi Pernikahan Sendiri 

Membuat dekorasi pernikahan sendiri dapat menjadi solusi terbaik mengatasi bujet dekorasi yang terbatas. 

Tidak perlu mewah dan elegan, pilihlah konsep yang sederhana, murah, tetapi tidak murahan. Pilihlah properti dekorasi yang mudah didapat seperti barang-barang yang ada di rumah atau di lingkungan sekitar. Biar momen persiapan dekorasi pernikahan lebih mudah dan cepat, ajaklah teman dan keluarga untuk ikut menyiapkannya. 

Nah, untuk membantu Anda menyiapkan dekorasi pernikahan sederhana, berikut ini adalah beberapa properti pelaminan sederhana yang bisa Anda gunakan.

1. Gunakan kayu dengan daun-daun lebar

Agar pelaminan pernikahan Anda tidak terkesan monoton, Anda bisa mengemasnya dengan tampilan dekorasi bernuansa rustic. Salah satu properti yang dapat Anda manfaatkan adalah papan kayu dan daun-daunan lebar.

Papan kayu dapat Anda jajarkan di samping dan atas Anda kemudian tempelkan atau lilitkan daun-daun tersebut di tiap sisinya. Letakkan juga beberapa pot tanaman hias di bawahnya.

Anda bisa mendapatkan papan kayu dengan jenis meranti atau borneo seharga Rp50 ribu, untuk daun lebar Anda dapat menggunakan daun monstera seharga Rp5 ribu per lembar. Sedangkan untuk pot tanaman, Anda bisa menggunakan pot yang ada di rumah.

2. Manfaatkan tangga kayu di rumah

Tangga kayu juga bisa Anda manfaatkan lho sebagai area pelaminan. Anda bisa meletakkan tangga kayu lipat ditiap sisi Anda dan hiasi tangga dengan pot-pot kecil dan kain tile yang panjang.

Apabila di rumah Anda tidak memiliki tangga kayu, Anda bisa meminjam dari teman atau tetangga, dengan meminjam tentu dapat menghemat pengeluaran Anda. 

Untuk pot-pot kecil dapat Anda isi dengan berbagai tanaman hias yang murah seperti kaktus-kaktus mini, Anda bisa mendapatkan kaktus mini dengan harga Rp5 ribu per pot. 

3. Manfaatkan papan tulis sebagai dekorasi pernikahan sederhana Anda

Daripada mengisi background pelaminan pernikahan dengan wallpaper bunga, Anda bisa menggantinya dengan papan tulis hitam yang ditulis kalimat-kalimat cinta menggunakan kapur.

Selain membuat unik dekorasi pernikahan, papan tulis juga bisa membuat dekorasi terkesan artistik, lho. Untuk harga papan tulis dapat Anda dapatkan dengan harga Rp200 ribu sampai Rp500 ribu.

4. Pajang foto momen bahagia

Manfaatkan koleksi foto Anda bersama pasangan dari zaman pertemanan sampai berpacaran. Memajang  foto-foto tersebut bisa menjadikan pernikahan Anda layaknya museum kecil perjalanan kisah cinta Anda, lho. Para tamu pun bisa terhanyut dengan indahnya momen kebersamaan Anda bersama pasangan.

Anda bisa memajang foto-foto tersebut dengan bingkai di tiap meja atau menjepitnya dengan tali di tiap dinding.

5. Meriahkan dengan balon transparan serta gliter 

Siapa bilang balon hanya cocok untuk dipasang di pesta ulang tahun, nyatanya balon dapat memeriahkan dekorasi pernikahan, lho.

Gunakan balon-balon berwarna transparan yang diisi dengan potongan kertas ber-glitter dan letakkan di tiap sisi jalan menuju pelaminan. Pastinya pernikahan Anda akan semakin berkesan.

Anda bisa mendapatkan balon transparan dengan Rp1.000 per buah dan kertas ber-glitter dengan harga Rp45 ribu untuk 200 gsm.

Untuk mendapatkan dekorasi pernikahan yang indah tidaklah harus mahal, cobalah dengan tips-tips dekorasi sederhana dan murah rekomendasi Lifepal lainnya agar Anda bisa mendapatkan momen pernikahan yang berkesan namun tetap hemat. Dijamin pernikahan Anda akan semakin berkesan dan terkenang oleh tamu undangan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →