Selain Reza Rahadian, 8 Artis Ini Juga Nyambi Jadi Dosen Lho!

Reza Rahadian (IG officialpilarez)

Reza Rahadian sempat tertangkap kamera menjadi dosen di Universitas Indonesia, beberapa waktu lalu. Duh! Udah tampan, jago akting, ternyata pintar pula!

Eits, ternyata gak cuma Reza Rahadian doang artis yang aktif dan sempat menjadi dosen. Ada nama-nama papan atas lain yang lulus dari sekolah tinggi sampai S2 yang kemudian mengajar di berbagai universitas di Indonesia.

Langkah artis-artis ini patut dicontoh. Meski aktif di dunia hiburan, mereka gak lupa pentingnya pendidikan.

Siapa aja artis terkenal Indonesia yang aktif dan sempat jadi dosen? Yuk, simak pemaparan berikut:

1. Desy Ratnasari

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hj Desy Ratnasari, M.Si, M.Psi (@desyratnasari.officialsukabumi) on Jun 6, 2018 at 7:27am PDT

Desy Ratnasari merupakan salah satu artis lawas Indonesia. Udah aktif di dunia hiburan sejak tahun 1990-an, Desy kini lebih aktif di pemerintahan sebagai anggota DPR, dan partai Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain aktif di partai politik dan pemerintahan, Desy ternyata sempat menjadi dosen. Desy tercatat jadi dosen Psikologi di Universitas Atma Jaya, Jakarta, sejak tahun 2012.

2. Wanda Hamidah

 

View this post on Instagram

 

A post shared by WH (@wanda_hamidah) on Sep 5, 2018 at 8:42am PDT

Seperti Desy Ratnasari, nama Wanda Hamidah kini lebih tenar di dunia politik ketimbang hiburan.

Bintang film Pengejar Angin tahun 2011 itu menyelesaikan bangku S2-nya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 2006 silam.

Selepas program pasca-sarjana tersebut, dia sempat menjadi dosen tamu di beberapa universitas. Namun, Wanda kini lebih aktif menjadi politikus.

Mantan istri Cyril Raoul Hakim itu juga sempat mengungkapkan bakal fokus berprofesi sebagai dosen setelah kelar S3.

3. Farhan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by farhanpenyiar (@farhanpenyiar) on Jul 16, 2017 at 7:15am PDT

Pemilik nama lengkap Muhammad Farhan ini emang terkenal banget sebagai presenter. Farhan sempat aktif sebagai penyiar radio setelah lulus dari Universitas Padjajaran jurusan Ekonomi.

Presenter kawakan itu juga gak bisa jauh-jauh dari dunia siaran. Dia menjadi dosen untuk program kursus broadcasting. Keren deh!

4. Ellen Cherrybelle

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ellen N. Vindriana (@ellennitaa) on Sep 28, 2016 at 4:00am PDT

Ellen Nita Vindriana atau lebih dikenal sebagai Ellen eks Cherrybelle kini aktif menjadi dosen. Pentolan grup penyanyi perempuan tersebut lahir tahun 1993, dan menyelesaikan pendidikan di bidang manajemen akuntansi Politeknik Negeri Malang.

Ellen sekarang berprofesi sebagai dosen di kota, dan kampus asalnya. Dia mengajar di Politeknik Negara Malang (Polinema).

5. Herfiza Novianti

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Herfiza Novianti (@herfiza) on Jun 14, 2017 at 3:18am PDT

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Herfiza Novianti sebelum jadi dosen dulunya juga artis, lho! Istri aktor Ricky Harun ini dulu sempat menjadi model, dan membintangi beberapa film dan sinetron.

Usai menyelesaikan studi S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB), Herfiza kini menjadi dosen di Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Jakarta. Wanita yang kini tengah hamil anak ketiga itupun sempat berkuliah di tempat mengajarnya sekarang.

6. Marissa Haque

 

View this post on Instagram

 

A post shared by marissa haque ikang fawzi (@marissahaque) on Sep 14, 2018 at 8:12pm PDT

Artis lawas yang sempat tenar di tahun 1980-an kini lebih aktif di dunia politik, dan pendidikan.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti itu sempat mengecap beberapa bangku pendidikan tinggi lainnya, seperti Universitas Katolik Atma Jaya. Marissa Haque juga mengambil beberapa gelar lain di universitas lain, seperti UGM dan IPB.

Istri Ikang Fawzi itu kini aktif mengajar di beberapa universitas, mulai dari Perbanas, Universitas Yarsi, hingga Universitas Trisakti.

7. Pak Qomar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hanafi Setiyo Nugroho (@hanafi_sn) on Dec 23, 2015 at 5:49pm PST

Pemilik nama lengkap Nurul Qomar ini lebih dikenal sebagai Pak Qomar. Dikenal sebagai pelawak senior, pria kelahiran 1960 tersebut sempat menjadi anggota DPR RI.

Dia juga udah memperoleh gelar doktor. Pak Komar kini gak hanya jadi dosen, tetapi rektor di Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes, Jawa Tengah.

8. Dono “Warkop DKI”

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PECINTA WARKOP DKI (@videowarkopdki) on Mar 25, 2018 at 9:01pm PDT

Bernama lengkap Drs. H. Wahyu Sardono, pesohor yang udah tutup usia di tahun 2001 itu lebih akrab disapa Dono “Warkop”.

Di balik sepak terjangnya sebagai komedian, siapa sangka Dono sempat menjadi dosen. Dono sempat berprofesi sebagai dosen jurusan Sosiologi di FISIP Universitas Indonesia.

Kecerdasan artis yang aktif jadi aktivis itu diwariskan pada sang buah hati. Salah satu putra Dono yang bernama Damar Canggih Wicaksono menempuh pendidikan di Swiss.

Gak tanggung-tanggung, Damai mengambil jurusan yang benar-benar bikin bangga, yaitu jurusan teknik nuklir di École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL).

Hebat deh artis-artis ini! Karena gak cuma aktif di dunia entertain yang telah mengharumkan nama mereka, tapi juga mementingkan pendidikan. Salut!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →