Demam Batu Akik: Apa Bisa Menguntungkan?

demam batu akik

Demam batu akik tengah melanda Indonesia. Tren ini sangat ramai diikuti orang. Tapi, apakah demikian menguntungkan fenomena batu akik ini sampai-sampai banyak orang yang terjun ke dunia bisnis akik?

 

Jawabannya, iya. Setiap tren selalu mendatangkan peluang mendapat keuntungan finansial bagi siapa pun yang bisa memanfaatkannya. Batu akik ini terbukti bisa menjadi investasi yang menggiurkan.

 

Di Aceh, bongkahan akik seberat 16 kilogram yang dibanderol Rp 600 juta jadi rebutan. Bahkan sebutir akik asal Baturaja, Sumatera Selatan, yang menang kontes di Jakarta langsung ditawar Rp 450 juta!!

 

Selain bernilai ekonomi, batu akik juga dipercaya bisa mendatangkan rezeki dan menyehatkan bagi penggunanya.  Karena itulah ada saja orang yang berniat membeli batu alam ini.

 

Asal Usul

Sebelum mengupas cara memanfaatkan tren batu akik, ada baiknya kita mengenal asal usul batu ini dulu. Batu akik termasuk golongan batu mulia level kedua. Selain batu akik, di level ini ada intan, giok, amatis, topas, pirus, dan jaspis.

 

Sedangkan batu mulia yang termasuk level pertama atau berkualitas premium adalah rubi, mirah, jamrud (emerald), safir, dan mata kucing. Perbedaan utama di antara kedua level ini terletak di harga. Batu mulia premium lebih mahal, sehingga lebih sering dijadikan investasi.

 

Tapi tak jarang orang yang berinvestasi batu akik karena harganya terjangkau dan banyak dicari orang, terutama yang langka. Batu akik dapat dijumpai di hampir seluruh daerah di Indonesia.

 

Sebab, batu ini berasal dari perut gunung api, yang banyak terdapat di Nusantara. Setiap kali gunung api meletus, ada material yang keluar dari perutnya. Salah satu material ini adalah batu akik.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

batu bacan
Batu akik banyak di Indonesia karena berasal dari perut gunung api yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air

 

Peluang Investasi

Seperti disebutkan di atas, batu mulia premium lebih populer dijadikan investasi karena nilainya tinggi. Batu mulia jenis itu laku dijual di kalangan kolektor kelas atas. Balai lelang kelas dunia, seperti Christie, juga sering melelang batuan ini dengan harga yang bikin melongo.

 

Beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi-rendahnya harga batu mulia premium:

  1. Kualitas kristal
  2. Warna yang dipancarkan dan corak
  3. Cacat atau tidak
  4. Tingkat kebeningan
  5. Keistimewaan/kelangkaan

 

Jika ingin berinvestasi batu akik, kelima faktor tersebut juga menjadi acuan untuk menentukan mahal-murahnya sebuah batu akik. Berbeda dengan batu mulia premium, pasar batu akik lebih luas. Dari kalangan elite sampai masyarakat kelas bawah tertarik menggunakan batu ini.

 

batu gunungapi
Batu yang bermotif unik bisa dihargai puluhan hingga ratusan juta rupiah

 

Masyarakat di kota besar bahkan sampai berburu ke pelosok-pelosok untuk mendapat batu Bacan, akik yang paling mahal harganya. Berinvestasi batu akik menguntungkan karena harganya stabil, bahkan cenderung naik dari tahun ke tahun dan kecil risikonya.

 

Pada saat demam batu akik semacam, ini keuntungan dari investasi akik bisa berlipat-lipat. Sejumlah kolektor bahkan mengaku lebih memilih batu akik daripada membeli mobil karena nilainya tidak pernah menyusut. [Baca: Beli Mobil Kredit Rugi, Masak Sih?]

 

Akik yang saat ini berharga Rp 5 juta tahun depan mungkin harganya sama, atau bahkan naik dua kali lipat. Kolektor berani membayar mahal sebutir akik hanya untuk menggenapi koleksinya. Kita beruntung bila bisa menemukan kolektor semacam ini.

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Seorang kolektor pun kerap membuka bisnis jual-beli batu mulia. Ada yang membuka kios sendiri, tapi ada juga yang hanya menawarkannya dari mulut ke mulut karena punya profesi lain.

Agar batu mulia yang kita punyai lebih memiliki nilai jual, kita bisa mengurus sertifikasi di lembaga resmi yang punya fasilitas laboratorium geologi, contohnya Pegadaian. Dengan adanya sertifikat, harga batu mulia bakal terdongkrak.

 

tarif pegadaian batu akik
Akik yang punya sertifikat dari lembaga resmi akan terdongkrak harganya


Selain lewat sertifikat, kita juga bisa menambah nilai jual dengan merangkai batu akik itu menjadi perhiasan. Agar aman, kita bisa menyimpan koleksi batu mulia di brankas rumah atau safe deposit box di bank.

 

 

 

 

Image credit:

  • https://simomot.files.wordpress.com/2014/11/batu-bacan-batu-mulia-dari-maluku-utara.jpg?w=620&h=413
  • http://i842.photobucket.com/albums/zz342/rudymaulana/Batuan/gunungapi.jpg
  • http://akikpedia.com/images/sampledata/akikpedia_tarif_pegadaian.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →