Dengan Gaji Rp 10 Juta, Udah Bisa Beli Mobil LCGC Lho, Yuk Simak Caranya!

Pastikan kondisi keuangan sebelum membeli kendaraan

Mobil LCGC masih menjadi pilihan untuk sebagian masyarakat di Indonesia yang pengin punya kendaraan pribadi dengan harga yang terjangkau. Meskipun pamornya udah sedikit meredup dibandingkan pertama kali diperkenalkan beberapa tahun lalu, tapi produk tersebut masih banyak yang mencari lho!

Perkembangan industri otomotif di Indonesia termasuk yang paling maju di antara negara lainnya di kawasan Asia Tenggara. Itu bisa dilihat dari jumlah pemotor dan pengguna mobil yang trennya cenderung meningkat dalam satu dekade terakhir.

Mobil LCGC sendiri menyasar pasar kelas menengah yang pengin memiliki mobil dengan penghasilan secukupnya. Kalau kamu sekarang memiliki penghasilan sebanyak Rp 10 juta, kamu bisa membeli salah satu dari mobil di bawah ini lho!

Langsung aja yuk simak sedikit bagaimana caranya dan harga terlengkap tentang produk mobil LCGC berikut ini:

Sedikit info tentang mobil LCGC

Mobil LCGC (Low Cost Green Car)
Mobil Low Cost Green Car (Shutterstock.

Mempunyai singkatan Low Cost Green Car, secara harfiah produk yang satu ini adalah jenis kendaraan yang ramah lingkungan dan menghasilkan gas karbon relatif kecil. Peraturannya tertuang di dalam Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 2013.

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sebuah mobil masuk dalam kategori ini. Berikut adalah syaratnya:

  •     Hemat energi
  •     Harga terjangkau (dapat disesuaikan dengan kondisi pasar)
  •     Menggunakan tambahan brand dari Indonesia
  •     Model produk dan logo mencerminkan khas Indonesia

Itulah 4 indikator yang membedakan antara mobil LCGC dengan yang lainnya. Di poin selanjutnya kita akan membahas tentang daftar harga kendaraan yang satu ini.

1. Mobil LCGC Toyota Calya – Rp 145 juta

Toyota Calya (Shutterstock).
Toyota Calya (Shutterstock).

Kendaraan pertama yang masuk dalam daftar adalah Toyota Calya yang bisa menampung sampai 7 penumpang. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, kini produk yang dirakit di Indonesia tersebut udah menjadi pilihan banyak orang.

Toyota Calya dibekali dengan mesin sebesar 1,2 liter yang mampu menghasilkan kekuatan 87 tenaga kuda. Untuk varian paling standar, harganya dibanderol sekitar Rp 145 jutaan, sedangkan untuk varian tertingginya dipatok sebesar Rp 163 jutaan per unitnya.

2. Daihatsu Sigra – Rp 117 juta

Daihatsu Sigra (Shutterstock).
Daihatsu Sigra (Shutterstock).

Kedua ada saudara dari Toyota Calya yakni Daihatsu Sigra. Kedua mobil ini sama-sama diperkenalkan pada tahun 2016 untuk segmen mobil LCGC.

Varian terendah Daihatsu Sigra dibekali mesin sebesar 1 liter yang mampu menghasilkan kekuatan hingga 66 tenaga kuda. Untuk harganya sendiri dibanderol sekitar RP 117 juta, sedangkan untuk varian 1,2 liter dipatok seharga Rp 136 jutaan per unitnya.

3. Suzuki Wagon R – Rp 118 juta

Suzuki Wagon R (Shutterstock).
Suzuki Wagon R (Shutterstock).

Datang dari pabrikan Suzuki ada Wagon R yang bisa menampung penumpang 4 hingga 5 orang. Mobil LCGC yang satu ini mempunyai mesin sebesar 1 liter yang mampu mengeluarkan kekuatan hingga 67 tenaga kuda.

Untuk varian terendahnya dipatok harga sekitar Rp 118 juta, sedangkan untuk varian tertinggi dibuka dengan harga Rp 140 jutaan per unitnya.

4. Toyota Agya – Rp 143 juta

Toyota Agya (Shutterstock).
Toyota Agya (Shutterstock).

Toyota Agya adalah saudara kecil dari Calya yang hanya bisa menampung hingga 5 penumpang. Pihak pabrikan menyiapkan mesin sebesar 1 liter yang bisa menghasilkan kekuatan 66 tenaga kuda.

Varian terendah Toyota Agya dibanderol sekitar Rp 143 jutaan, lalu untuk yang tertinggi harganya dipatok sekitar Rp 163 jutaan per unitnya.

5. Daihatsu Ayla – Rp 101 juta

Daihatsu Ayla (Shutterstock).
Daihatsu Ayla (Shutterstock).

Urutan kelima ada Daihatsu Ayla yang sekilas mirip dengan Agya karena memang memiliki kerangka yang mirip. Daihatsu Ayla dibekali dengan mesin sebesar 1 liter yang bisa menghasilkan kekuatan 64 tenaga kuda.

Buat yang penasaran sama harganya, mobil LCGC yang satu ini dibanderol dengan mahar Rp 101 jutaan. Kalau pengin fitur lebih lengkap dan bertenaga juga ada, harganya dibanderol Rp 155 juta per unitnya.

6. Honda Brio Satya – Rp 148 juta

Honda Brio Satya (Shutterstock).
Honda Brio Satya (Shutterstock).

Terakhir datang dari pabrikan asal Jepang yakni Honda Brio Satya. Mobil berpenumpang 5 orang ini punya mesin sebesar 1,2 liter yang bisa menyalurkan kekuatan 89 tenaga kuda. Untuk harganya sendiri dibanderol paling murah sekitar Rp 148 juta dan yang termahalnya dipatok sebesar Rp 202 juta per unitnya.

Bukan hanya spesifikasi dan harga yang berbeda, dalam merawat mobil LCGC kamu juga perlu perawatan khusus agar kendaraan gak cepat rusak. Seperti menggunakan bensin dengan oktan 92, rutin melakukan servis dan menjauhkan dari tempat yang rawan banjir. Sebab sekalinya udah terendam, pasti akan sulit ditangani meskipun udah menggunakan asuransi kendaraan.

Tapi apakah penghasilan kamu udah mencukupi untuk membeli mobil ini?

Perencanaan keuangan beli kendaraan
Perencanaan keuangan beli kendaraan

Sebagai umpama, anggep aja kamu memiliki gaji sekitar Rp 10 juta per bulan dan mengalokasikan dana sekitar Rp 3 juta (30 persen) untuk menabung beli mobil LCGC secara kas. Maka kamu perlu waktu sekitar 34 bulan untuk mendapatkan yang termurah yakni Daihatsu Ayla, dengan catatan gak ada peningkatan harga yang terdengar mustahil.

Sedangkan untuk mencicil, kamu perlu mengumpulkan dana sekitar Rp 21 jutaan sebagai DP dan mencicil angsuran selama 3 tahun sebesar Rp 2,8 juta per bulan. Untuk mewujudkannya kamu perlu menabung dulu nih selama 7 bulan untuk memenuhi minimal pembayaran DP.

Jika menggunakan metode pengelolaan uang 50 persen (kebutuhan), 30 persen (hiburan), 20 persen (investasi dan tabungan), pastinya untuk mengumpulkan uang Rp 3 juta sebulan akan kurang. Oleh karena itu kamu perlu mengambil alokasi dari pos anggaran lain.

Contohnya seperti beralih ke transportasi umum dari yang tadinya menggunakan sepeda motor. Apabila setiap bulannya kamu bisa menghabiskan Rp 1 juta untuk bensin dan servis, maka dengan menggunakan Transjakarta kamu bisa menghemat hingga Rp 1.000.000 – Rp 140.000 (pulang pergi Transjakarta) = Rp 860.000.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan dana dari jajan kopi kekinian yang jumlahnya Rp 25.000 x 30 hari = Rp 750.000. Dan sisanya sebanyak Rp 1.390.000 bisa kamu ambil dari tabungan dan investasi. Jadi deh kamu dapat dana Rp 3 juta buat beli mobil.

Nah sedikit informasi tentang cara membeli mobil LCGC dengan gaji sekitar Rp 10 jutaan per bulannya. Walaupun udah sanggup membeli, jangan lupa untuk tetap menabung dan berinvestasi agar cuan tetap mengalir ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →