Bangun Rumah Modal Rp 50 Juta Gak Cuma Mimpi! Ini Solusinya

Rumah RISHA (Shutterstock)

Rumah RISHA sebetulnya udah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Namun masih belum banyak yang tertarik membeli.

Rumah dengan konsep ini sebetulnya udah didirikan di lebih dari 60 wilayah di Indonesia dengan total ratusan ribu unit. Tapi tetap aja belum bisa dibilang maksimal.

Punya rumah layak huni adalah impian tiap orang. Sayangnya, harga rumah yang terus meningkat bikin impian tersebut jadi makin sulit dijangkau, apalagi buat para milenial yang sering kesulitan menabung. Apalagi peningkatan penghasilan tiap tahun gak sebanding sama kenaikan harga rumah.  

Dibanding beli rumah, bangun sendiri bisa jadi alternatif sih. Tapi, biaya yang dibutuhkan juga gak otomatis jadi lebih murah. Contohnya nih, kalau kamu beli tanah seharga 1 juta per meter dengan luas 250 meter, total biaya tanah jadi Rp 250 juta. Lalu, biaya bangun rumah cara konvensional sekitar Rp 4-5 juta per meter.

Kalau dari total tanah yang dimiliki kamu pengin membangun rumah seluas 150 meter, berarti biaya yang dibutuhkan bisa mencapai Rp 600-750 juta. Ditambah dengan biaya beli tanah, bujet yang dikeluarkan pun mencapai Rp 1 Miliar. Mahal banget, kan?

Nah, semua ini bisa diatasi dengan Rumah RISHA. Biaya bangun rumah bisa dipangkas bahkan lebih dari setengahnya.

Apa sih rumah RISHA?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AyoBangunRumah.com (@bangunrumahindonesia) on Feb 13, 2018 at 8:27am PST

RISHA adalah singkatan dari Rumah Instan Sederhana Sehat. Konsep RISHA merupakan hasil penelitian dan pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di bawah kepemimpinan Kepala Pulitbang Arief Sabaruddin.

Tujuannya jelas: biar masyarakat dengan penghasilan minim bisa tetap punya rumah.

Konsep knock down tanpa semen dan bata

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bandungpreneur Coworking (@bandungpreneur) on May 2, 2018 at 1:24am PDT

Sistem RISHA bisa pangkas banyak biaya karena proses pembangunannya gak menggunakan semen dan bata, melainkan panel-panel beton dan baut. Jadi dalam pembangunannya cuma perlu menggabungkan panel beton dengan baut seperti lego.

Tanpa proses mengaduk semen dan membangun konstruksi, selain hemat, Rumah RISHA juga bisa selesai dalam waktu singkat. Bahkan hitungan hari aja.

Telah memenuhi SNI dan tahan gempa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rumah_INSTAN (@rumah_instan) on Feb 12, 2018 at 8:02pm PST

Meski sekilas rumah ini tampak rentan, tapi rumah RISHA udah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Bahkan rumah ini diklaim mampu menahan gempa.

Atas alasan inilah Kementerian PUPR merekomendasikan pembangunan rumah RISHA di Lombok yang terkena gempa melulu.

Dijamin aman, tapi…

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rumah_INSTAN (@rumah_instan) on Dec 20, 2017 at 12:41am PST

Rumah RISHA emang menguntungkan, tapi ada dua pantangan nih.

Pertama, beban buat lantai dan rumah tinggal gak boleh melebihi 125 kilogram per meter persegi. Jadi, saat ada perubahan fungsi ruang, pastikan gak ada penambahan beban hingga melebihi batas yang ditentukan.

Kedua, sebaiknya gak menggunakan lantai dari bahan beton bertulang. Rumah ini  memungkinkan buat dibangun hingga dua lantai menggunakan lantai keramik.

Bisa bongkar-pasang dengan aman

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rumah_INSTAN (@rumah_instan) on May 21, 2018 at 8:58pm PDT

Jika pengin memiliki rumah tumbuh atau rumah yang berkembang mengikuti perubahan penghuninya, sistem RISHA ini bisa jadi solusinya. Sebab, komponen RISHA dibuat secara fabrikasi berdasarkan ukuran modular yang bisa dibongkar pasang. Selain itu, karena produk fabrikasi, maka bisa meminimalkan faktor kesalahan manusia.  

Dengan menggunakan sistem pembangunan RISHA, kamu bisa membangun rumah tipe 36 lengkap dengan kamar mandinya mulai dari Rp 50 jutaan aja.

Dibanding cara konvensional, sistem RISHA ini jelas murah banget.

Meski gitu, bukan berarti RISHA tanpa cela. Komponennya yang mengacu pada ukuran modular emang bisa dibongkar pasang, tapi di sisi lain hal ini bikin ukuran denah yang bisa dibuat menjadi kaku banget.

Tapi, kalau menurutmu sistem rumah RISHA bisa jadi solusi rumah impian, kamu bisa langsung menghubungi PKPT di Kementerian PUPR buat informasi lebih lanjut.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →