Bunga Deposito Bank Jatim 2020 – Simulasi dan Info Lengkap

deposito bank jatim

Deposito Bank Jatim adalah salah satu produk deposito berjangka yang memberikan bunga kompetitif. Di deposito Bank Jatim, kamu bisa buka deposito mulai dari Rp2,5 juta.

Berdasarkan data Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia per 19 Agustus 2020, bunga deposito tertinggi di perbankan sebesar 5,63%.

Lewat artikel ini, kamu juga dapat melihat daftar bunga deposito Bank Jatim dan melakukan perhitungan deposito Bank Jatim dengan kalkulator yang telah disediakan.

Nah, selain deposito, Bank Jatim juga menawarkan produk asuransi kesehatan hasil kerja sama dengan perusahaan asuransi Sinarmas MSIG Life.

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) menjadi acuan suku bunga simpanan dan kredit perbankan, termasuk juga deposito.

Dalam beberapa bulan terakhir, berikut ini daftar suku bunga acuan BI atau BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Periode BI 7-day
16 July 2020 4,00%
18 June 2020 4,25%
19 May 2020 4,50%
14 April 2020 4,50%
19 March 2020 4,50%
20 February 2020 4,75%
23 January 2020 5,00%

Bunga deposito Bank Jatim terbaru 2020

Deposito Bank Jatim saat ini menawarkan bunga hingga 5,50% per tahun dengan tenor atau jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, 18 dan 24 bulan. Sementara itu, setoran awalnya sebesar Rp2,5 juta.

Besaran dana dan lamanya tenor yang kamu ambil menjadi penentu berapa besar bunga yang akan kamu terima. Namun, suku bunga yang berlaku sewaktu-waktu bisa berubah.

Berikut ini suku bunga deposito Bank Jatim dalam bentuk mata uang rupiah:

1 bulan 3 bulan 6 bulan 12 bulan 18 bulan 24 bulan
Rp2,5 juta – Rp1 miliar 4,25% 4,75% 5,50% 5,50% 5,25% 5,25%

Bunga deposito dolar Bank Jatim terbaru

Deposito valas Bank Jatim dapat dibuka melalui Cabang Bank Jatim serta tersedia dalam mata uang US$, SGD, EUR, JPY dan HKD.

Deposito valas Bank Jatim memberikan kenyamanan, kepastian, dan keuntungan investasi dengan tingkat suku bunga kompetitif.

Sebelum membuka deposito valas Bank Jatim, yuk ketahui ketentuan berikut:

  1. Nominal deposito minimum US$1.000
  2. Setoran (dalam rupiah = Nominal US$ X Kurs Jual TT Cabang, dalam Bank Notes US$ = Sesuai jumlah setoran).
  3. Pencairan pokok dan / bunga deposito dalam rupiah = Nom US$ X Kurs Beli TT Cabang. Dalam Bank Notes dikenakan komisi sampai dengan US$ 5.000 = 0.50%. > US$ 5.000 = 1%.
  4. Pencairan sebelum jatuh tempo dikenakan biaya: US$5.
1 bulan 3 bulan 6 bulan 12 bulan 24 bulan
<US$ 100.000 0,50% 0,50% 0,50% 0,50% 0,50%
≥US$ 100.000 0,60% 0,60% 0,60% 0,60% 0,60%

Rumus dan simulasi perhitungan deposito Bank Jatim

Umumnya, cara menghitung deposito bisa dilakukan memakai cara sederhana. Begitu juga dengan deposito berjangka Bank Jatim.

Berikut ini rumus menghitung deposito yang digunakan: Bunga Deposito = Dana Deposito x (Bunga Tahunan / 12) * Jumlah Bulan Tenor.

Rumus bunga deposito tersebut juga telah menghitung pajak bunga deposito sebesar 20 persen.

Untuk memudahkan melakukan perhitungan, berikut ini simulasi perhitungan deposito Bank Jatim dengan kalkulator bunga deposito di bawah ini.

Daftar bunga deposito bank-bank di Indonesia

Sebelum menyimpan uang dalam bentuk deposito, sebaiknya kamu cek suku bunga deposito yang ditawarkan beberapa bank di bawah ini untuk perbandingan:

Apa itu Deposito Bank Jatim?

Deposito Bank Jatim adalah produk simpanan berjangka yang memberikan bunga kompetitif hingga 5,25 persen per tahunnya dengan setoran awal mulai dari Rp2,5 juta.

Deposito ini menyediakan empat pilihan jangka waktu yang dapat dicairkan pada tanggal jatuh tempo atau diperpanjang secara otomatis.

Namun, kamu harus memiliki rekening di Bank Jatim terlebih dahulu jika ingin membuka deposito Bank Jatim.

Manfaat deposito Bank Jatim

Berikut ini manfaat membuka rekening Deposito berjangka Bank Jatim:

  • Suku bunga beragam dan kompetitif disesuaikan dengan jumlah dana yang didepositokan dan pilihan jangka waktu yang dipilih.
  • Terdapat fasilitas perpanjangan otomatis (Automatic Roll Over/ ARO) untuk deposito. Jadi, tidak perlu repot datang ke bank hanya untuk memperpanjang simpanan berjangka milikmu.
  • Bank Jatim Deposito Berjangka juga dapat diajukan oleh perorangan atau perusahaan dan bunga Deposito Berjangka akan dimasukkan ke Rekening Tabungan Bank Jatim yang sudah dimiliki setiap bulan.
  • Kamu dapat memilih waktu yang sesuai dengan keinginan, yaitu jangka waktu 1, 2, 3, 6, 12, 18 dan 24 bulan.

Kelebihan deposito Bank Jatim

Beberapa kelebihan yang ditawarkan deposito berjangka Bank Jatim untuk nasabahnya, antara lain:

  • Suku bunga kompetitif
  • Tenor fleksibel
  • Tersedia perpanjangan otomatis atau Automatic Roll Over (ARO)
  • Rekening tersedia untuk individu dan perusahaan.

Kekurangan deposito Bank Jatim 

Selain memiliki kelebihan, deposito berjangka Bank Jatim juga mempunyai beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Ada biaya penalti jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo.
  • Bunga deposito tergantung suku bunga acuan BI sehingga bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Saldo minimum yang lebih besar dibanding tabungan biasa.

Pajak deposito Bank Jatim

Seperti dijelaskan sebelumnya, bunga deposito dikenakan sebagai objek pajak. Dengan kata lain, dana akhir yang akan kamu terima setelah jatuh tempo akan terkena potongan pajak. Pajak atas bunga deposito merupakan salah satu jenis Pajak Penghasilan (PPh).

Dasar pengenaan pajak atas bunga deposito adalah PPh Pasal 4 ayat 2 dengan besaran 20 persen untuk deposito > Rp7,5 juta. Itu berarti nilai deposito di bawah Rp7,5 juta gak akan dikenai pemotongan pajak atas bunga deposito.

Syarat-syarat buka deposito Bank Jatim

  • Mengisi formulir permohonan yang telah disediakan
  • Lampirkan foto copy Identitas diri (KTP, SIM, Papor/lainnya) yang masih berlaku
  • Setoran minimal Deposito Berjangka sebesar Rp2.500.000,00
  • Deposito Berjangka dapat dibuka dengan mata uang rupiah & valas (US$)
  • Apabila Deposito Berjangka dicairkan sebelum jatuh tempo, akan dikenakan penalti sebesar Rp50.000,00 dan bunga Deposito berjalan dihapuskan.

Tentang Bank Jatim

Bank Jatim adalah sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi Jawa Timur. Bank ini didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

PT Bank Jatim menjadi bank devisa sejak tanggal 2 Agustus 1990. Pada tanggal 1 Mei 1999, dalam upayanya untuk meningkatkan profesionalitas dan independensi sebagai pelayan masyarakat di bidang jasa keuangan, Bank Jatim mengubah bentuk badan hukum dari BUMD menjadi Perseroan Terbatas (PT) bernama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk.

Pada lini bisnis layanan keuangan, Bank Jatim bekerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG.

Sekilas tentang asuransi Sinarmas MSIG

Sinarmas MSIG Life merupakan perusahaan asuransi jiwa yang berpengalaman sejak tahun 1985. Perusahaan hadir dengan beragam produk mencakup asuransi jiwa unit link, asuransi pendidikan, dan asuransi kesehatan.

Sinarmas MSIG Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang menjadi bagian dari grup Sinar Mas.

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) awalnya bernama PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional.

Didirikan pada 14 April 1985, perusahaan menjalankan bisnis asuransi jiwa konvensional dan asuransi jiwa syariah.

Pada 1989 perusahaan berganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Eka Life dan menjadi PT Asuransi Jiwa Sinarmas pada 2007.

Kini perusahaan juga mengelola dana pensiun. Selain itu, perusahaan mematenkan nama menjadi PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk atau populer dengan nama Sinarmas MSIG Life (SMiLe).

Dengan pengalaman puluhan tahun dan tingkat kesehatan perusahaan yang sangat baik, Sinarmas MSIG Life dapat menjadi salah satu pilihan terbaik dalam berasuransi.

Sinarmas MSIG Life ini sangat cocok khususnya untuk nasabah yang menginginkan asuransi jiwa unit link. Hal ini dikarenakan polis yang dihadirkan didominasi dengan manfaat investasi sekaligus.

Ingin tahu lebih banyak informasi seputar keuangan? Yuk tanyakan langsung pada ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

Pertanyaan-pertanyaan seputar deposito Bank Jatim

Minimal setoran deposito Bank Jatim dalam Rupiah adalah Rp10 juta. Meski angka tersebut cukup tinggi, nasabah juga bisa menikmati sejumlah kemudahan lain. Yaitu, opsi jangka waktu deposito antara 1, 3, 6, 8, 12, 18, 24 dan 36 bulan, hingga pilihan metode pengelolaan antara Non-ARO, ARO, dan ARO Plus (Add-On).

Jangka waktu pencairan dana atau masa jatuh tempo deposito secara umum berkisar satu bulan hingga tiga tahun sejak awal melakukan pembukaan rekening deposito.

Dalam deposito, bunga dibayarkan hanya pada akhir periode investasi. Berbeda dengan rekening tabungan biasa, di mana bunganya dihitung tiap hari dan biasanya dibayarkan setiap akhir bulan.

Deposito berjangka menjadi pilihan populer saat ini karena nasabah dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan untuk ditabungkan. Namun, prinsip deposito sama; nasabah tidak diperbolehkan untuk mengambil deposito sebelum jatuh tempo.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →