Suku Bunga Deposito Bank-Bank di Indonesia [TERBARU]

Besaran suku bunga deposito tentu wajib diketahui buat kamu yang ingin berinvestasi dalam bentuk deposito. Seperti yang kita tahu, suku bunga deposito di setiap bank itu berbeda-beda. 

Pihak bank menawarkan suku bunga deposito tertinggi yang kompetitif demi menarik minat banyak nasabah. 

Perlu dipahami kalau besaran bunga deposito disesuaikan dengan besaran suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Kalau suku bunga BI naik, besaran suku bunga deposito juga ikut naik. Sebaliknya, jika suku bunga BI turun, maka bunga deposito ikut turun. 

Itulah kenapa kenaikan suku bunga acuan BI menjadi momentum tepat buat berinvestasi di deposito. Sialnya, suku bunga kredit juga terdongkrak naik menyesuaikan besaran suku bunga acuan. Buat kamu yang punya kredit, hal itu menambah beban keuangan.

Berbicara tentang suku bunga deposito, berapa ya besaran terbaru yang ditetapkan bank-bank di Indonesia? Yuk, langsung dicek ulasannya berikut ini:

Apa itu deposito?

Meski diperuntukkan sebagai produk simpanan, ada perbedaan mendasar antara deposito dan tabungan. Perbedaan yang paling jelas adalah, bunga deposito lebih besar daripada bunga tabungan bank.

Kemudian, dari segi waktu penyimpanan, deposito dan tabungan juga berbeda. Dana deposito bisa ditarik kalau jangka waktu atau tenor penyimpanannya selesai. 

Sementara tabungan, gak punya tenor penyimpanan. Dengan kata lain, kita bisa kapan saja ambil dana tabungan kita. 

Beberapa pakar menyebut deposito adalah aset lancar, namun ada pula yang berpendapat adalah ini merupakan investasi.

Jadi, sederhananya deposito merupakan produk simpanan bank dengan bunga di atas tabungan dan boleh diambil setelah jangka waktu tertentu.

Berdasarkan definisi itu, tentu saja deposito lebih menguntungkan dari sisi bunga walau ada penarikan dananya berdasarkan waktu tertentu. Memangnya berapa besar sih suku bunga deposito? 

Kalau bunga tabungan maksimal 1 persen per tahun, bunga deposito tertinggi per tahunnya maksimal bisa 6 persen per tahun. Jelas menguntungkan banget kan punya deposito? 

Sementara jangka waktu yang diberlakukan di deposito beragam, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan. Selain itu, besaran bunga deposito pun berbeda di setiap jangka waktu atau tenor yang berlaku.

Makanya ketika ingin menyimpan uang di deposito, pastikan dahulu bunga dan tenornya sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari memiliki deposito.

Bagaimana cara menghitung suku bunga deposito?

Menghitung suku bunga deposito saat ini memang gak sulit, karena ada kalkulator deposito. Namun, gak ada salahnya untuk kita mengetahui gimana cara menghitung bunga deposito.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah, komponen-komponen yang terdapat di deposito yang nantinya diperhitungkan. Dari komponen-komponen tersebut, maka diperoleh rumus bunga deposito:

Bunga x Dana Pokok Deposito x 30 Hari x 80% (pajak) = 365 (hari)

Agar lebih jelas, simak perhitungannya berikut ini:

Misalnya, bunga deposito di Bank BCA sebesar enam persen buat tenor tiga bulan. Sementara dana yang didepositokan sebesar Rp100 juta. Itu berarti besar bunga depositonya adalah:

(6% x Rp 100.000.000 x 30 hari x 80 persen) = 365 hari

Bunga deposito: Rp394.520 per bulannya. Dari sini terlihat jelas, bunga deposito yang diperoleh makin besar kalau dana yang didepositokan juga besar.

Bunga deposito tertinggi ada di bank apa?

Berikut ini suku bunga bank-bank besar di Indonesia, mulai dari BRI, Mandiri, BCA, BNI, CIMB Niaga, Bank BTN, Bank DBS, Bank OCBC NISP, Bank Maybank, Bank Danamon, hingga Bank DBS dan Bank Mayora. 

Data ini diambil per Senin, 10 Mei 2020, so cukup berguna kan untuk mencari referensi seputar bunga deposito tertinggi bulan ini? Yuk simak ulasan lengkapnya. 

Suku bunga deposito BRI hingga 5,25 persen

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu bank yang bunga depositonya paling banyak dicari. 

Seperti yang pernah Lifepal bahas sebelumnya, BRI menawarkan deposito dalam tenor yang berbeda-beda, yaitu satu bulan, tiga bulan, enam bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Berikut, besaran suku bunga deposito BRI terbaru dengan dana < Rp10 juta – > Rp2 miliar.

Dana deposito Tenor Suku bunga
< Rp100 juta 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,0 %
6 bulan 5,0 %
12 bulan 4,5 %
24 bulan 4,5 %
36 bulan 5,0 %
Rp100 juta – < Rp2 miliar 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,0 %
6 bulan 5,0 %
12 bulan 4,75 %
24 bulan 4,75 %
36 bulan 5,25 %
> Rp2 miliar 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,0 %
6 bulan 5,0 %
12 bulan 5,0 %
24 bulan 4,75 %
36 bulan 5,25 %

Suku bunga deposito Bank Mandiri hingga 5,25 persen

Bank Mandiri juga menjadi bank yang informasi depositonya dicari banyak orang. Berbeda dengan Bank BRI, tenor pada deposito Bank Mandiri maksimal cuma 24 bulan. Dana depositonya bisa dari Rp 100 juta – Rp 1 miliar.

Berikut, suku bunga deposito Bank Mandiri  terbaru dengan dana < Rp 10 juta – > Rp 5 miliar:

Dana deposito Tenor Suku bunga
< Rp100 juta 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 4,25 %
12 bulan 4,25 %
24 bulan 4,50 %
Rp100 juta – < Rp1 miliar 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 4,75 %
12 bulan 4,25 %
24 bulan 4,50 %
≥ Rp1 miliar – < Rp2 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 4,75 %
12 bulan 4,25 %
24 bulan 4,75 %
≥ Rp2 miliar – < Rp5 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 4,75 %
12 bulan 4,75 %
24 bulan 4,75 %
≥ Rp5 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 4,75 %
12 bulan 4,75 %
24 bulan 4,75 %

Suku bunga deposito BCA hingga 4,1 persen

Bank BCA menjadi salah satu bank swasta yang menawarkan bunga deposito yang menarik. 

Meski begitu, tenor depositonya maksimal 12 bulan. Deposito BCA ini cukup menarik sebab dana yang didepositokan bisa mencapai lebih dari Rp100 miliar.

Berikut ini suku bunga deposito BCA terbaru dengan dana < Rp2 miliar – ≥ Rp100 miliar.

Dana deposito Tenor Suku bunga
< Rp2 miliar 1 bulan 4,1 %
3 bulan 4,1 %
6 bulan 4,1 %
12 bulan 4,1 %
≥ Rp2 miliar – < Rp5 miliar 1 bulan 4,1 %
3 bulan 4,1 %
6 bulan 4,1 %
12 bulan 4,1 %
≥ Rp5 miliar – < Rp10 miliar 1 bulan 4,1 %
3 bulan 4,1 %
6 bulan 4,1 %
12 bulan 4,1 %
≥ Rp10 miliar – < Rp25 miliar 1 bulan 4,1 %
3 bulan 4,1 %
6 bulan 4,1 %
24 bulan 4,1 %
≥ Rp25 miliar – < Rp100 miliar 1 bulan 4,1 %
3 bulan 4,1 %
6 bulan 4,1 %
12 bulan 4,1 %
≥ Rp100 miliar 1 bulan 4,1 %
3 bulan 4,1 %
6 bulan 4,1 %
12 bulan 4,1 %

Suku bunga deposito BNI hingga 5,25 persen

Deposito BNI juga menarik. Banyak juga lho yang penasaran dengan bunga dan tenor yang ditawarkan Bank Negara Indonesia (BNI). Tenornya maksimal 24 bulan, sedangkan dana depositonya mencapai lebih dari Rp5 miliar.

Berikut, suku bunga deposito BNI terbaru dengan dana < Rp100 juta – > Rp5 miliar:

Dana deposito Tenor Suku bunga
< Rp100 juta 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 4,75 %
12 bulan 4,50 %
24 bulan 4,50 %
Rp100 juta – < Rp1 miliar 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 5,00 %
12 bulan 4,75 %
24 bulan 4,50 %
≥ Rp1 miliar – < Rp5 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 5,00 %
12 bulan 4,75 %
24 bulan 4,75 %
≥ Rp5 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 5,00 %
12 bulan 5,00 %
24 bulan 4,75 %

Suku bunga deposito CIMB Niaga hingga 5,25 persen

Gak cuma Bank BCA yang punya deposito menarik, CIMB Niaga juga menjadi bank swasta yang tawarkan bunga menggiurkan. Deposito CIMB Niaga memberi tenor mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan.

Berikut, besaran suku bunga deposito CIMB Niaga:

Tenor Suku bunga
1 bulan 5,0 %
3 bulan 5,0 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 5,25 %

Bunga deposito Bank BTN hingga 5,75 persen

Selain menawarkan kredit pemilikan rumah (KPR), Bank BTN juga menawarkan bunga deposito yang menarik. Bayangin aja bunga deposito tertinggi mereka bisa sampai 5,75 persen lho. Berikut ini adalah besaran suku bunga Bank BTN yang terbaru:

Dana deposito Tenor Suku bunga (%)
< Rp100 juta 1 bulan 5,00 %
2 bulan 5,00 %
3 bulan 5,00 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 5,25 %
24 bulan 5,25 %
≥ Rp100 juta – < Rp500 juta 1 bulan 5,00 %
2 bulan 5,25 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,50 %
24 bulan 5,50 %
≥ Rp500 juta – ≤ Rp2 miliar 1 bulan 5,00 %
2 bulan 5,25 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,50 %
24 bulan 5,75 %
> Rp2 miliar 1 bulan 5,25 %
2 bulan 5,50 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,75 %
24 bulan 5,75 %

Bunga deposito Bank DBS hingga 5,75 persen

Kita bisa mendapat bunga hingga tujuh persen di Bank The Development Bank of Singapore Limited atau DBS asalkan mendepositokannya melalui Digibank. Layanan Digibank adalah layanan digital banking yang disediakan Bank DBS.

Lalu, berapa besaran bunga deposito Bank DBS kalau menyimpannya lewat Digibank?

Dana deposito Tenor Suku bunga (%)
Rp1 juta – Rp4,99 juta 1 bulan 5,75 %
3 bulan 5,75 %
6 bulan 5,75 %
9 bulan 5,75 %
12 bulan 5,75 %
Rp5 juta – Rp9,99 juta 1 bulan 5,75 %
3 bulan 5,75 %
6 bulan 5,75 %
9 bulan 5,75 %
12 bulan 5,75 %
Rp10 juta – Rp19,99 juta 1 bulan 5,75 %
3 bulan 5,75 %
6 bulan 5,75 %
9 bulan 5,75 %
12 bulan 5,75 %
Rp20 juta – Rp49,99 juta 1 bulan 5.75 %
3 bulan 5.75 %
6 bulan 5.75 %
9 bulan 5.75 %
12 bulan 5.75 %
Rp50 juta – Rp99,99 juta 1 bulan 5,75 %
3 bulan 5,75 %
6 bulan 5,75 %
9 bulan 5,75 %
12 bulan 5,75 %
Rp100 juta – Rp499,99 juta 1 bulan 5,75 %
3 bulan 5,75 %
6 bulan 5,75 %
9 bulan 5,75 %
12 bulan 5,75 %
> Rp500 juta 1 bulan 5,35 %
  3 bulan 5,35 %
  6 bulan 5,35 %
  9 bulan 5,35 %
  12 bulan 5,35 %

Bunga deposito Bank OCBC NISP hingga 5,6 persen

Bank OCBC NISP siap memfasilitasimu dengan bunga deposito tertinggi yang mencapai 5,60 persen, asalkan dananya didepositokan melalui mobile atau internet banking.

Berikut, besaran suku bunga Bank OCBC NISP yang terbaru:

BANK OCBC NISP Tbk 1 Bln (%) 3 Bln (%) 6 Bln (%) 1 Thn (%)
Rp 5 juta – < Rp 100 juta 5.25 5.25 5.25 5.25
Rp 100 juta – < Rp 500 juta 5,40 5,40 5,40 5,40
Rp 500 juta – < Rp 1 Miliar 5,50 5,50 5,50 5,50
Rp 1 miliar – < Rp 2 miliar 5,60 5,60 5,60 5,50
Rp 2 miliar – < Rp 10 miliar 5,60 5,60 5,60 5,50

Bunga deposito Bank Maybank hingga 4,75 persen

Sementara mendepositokan uang di Bank Maybank, kamu bisa memperoleh bunga hingga 4,75  persen per tahun. 

Suku Bunga (% p.a)
1 Bulan 3 Bulan 6 Bulan 12 Bulan 24 Bulan
hingga 4.75% p.a

Bunga deposito Bank Danamon hingga 5,3 persen

Kita juga bisa mendapatkan bunga hingga 5,3 persen kalau mendepositokan dana di Bank Danamon. Namun, mendepositokannya harus dilakukan secara online. Minimal dana yang bisa didepositokan sebesar Rp8 juta.

Berikut, besaran bunga deposito Bank Danamon:

Tenor Suku bunga
1 bulan 5 ,3 %
3 bulan 5,3 %
6 bulan 5,3 %
12 bulan 5,3 %

Bunga deposito Bank Mayora hingga 6,3 persen

Nah, Bank Mayora inilah yang memiliki suku bunga deposito cukup tinggi. Berdasarkan data dari Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia, bunga deposito bank ini bisa mencapai 6,3 persen selama setahun.

Namun ketika Lifepal melakukan menghubungi Bank Mayora, pihak customer care mengatakan bahwa untuk tenor 1 hingga 12 bulan, bunganya hanya 5,25 persen. Kok bisa?

Setelah ditelusuri, ternyata 6,3 persen adalah bunga special rate yang bisa diberikan oleh bank ini. Tentu saja, mereka yang ingin mendapatkan bunga 6,3 persen akan ditindaklanjuti oleh pihak marketing. 

Pastikan suku bunga deposito dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Deposito bisa dikatakan aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Begitu bank tempat kamu menyimpan deposito kolaps atau terjadi krisis maka dana depositomu bakal digantikan LPS.

Namun, ada hal yang bikin LPS gak menjamin dana deposito, yaitu bunga deposito melebihi bunga yang dijamin LPS. Saat ini LPS cuma mau jamin deposito yang besaran bunganya:

  • Bank umum: 5,75 persen (rupiah) dan 1,75 persen (valas)
  • Bank BPR: 8,25 persen

Asalkan bunganya sebesar itu, dana depositomu bakal dijamin LPS. Jadi, sudah tahu kan sekarang besaran-besaran suku bunga deposito tertinggi dari bank-bank di Indonesia? 

Semoga informasi di atas jadi pertimbanganmu ya dalam memilih deposito yang tepat. Kamu juga bisa mengecek keuanganmu dengan mudah di Lifepal financial checker secara online!