Cek di Sini Pilihan Deposito Terbaik untuk Kita

Deposito baik

Bagi yang tertarik untuk menginvestasikan uangnya di deposito dan bingung memilih bank yang mana, kita akan ulas bersama di sini. 

Lifepal punya kiat dan tips bagi yang ingin membenamkan uangnya di deposito. Simak, informasinya. 

Kenapa Memilih Deposito?

Alasan memilih deposito

Bank adalah salah satu lembaga keuangan tertua di dunia. Produk perbankan telah dikenal dan banyak dipilih masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansialnya. 

Nah, salah satu produk dari perbankan yang populer adalah deposito. Deposito adalah setoran uang yang terikat kontrak. Karena telah terikat kontrak, maka uang yang telah diamankan dalam rekening tertentu, tidak dapat melakukan transaksi, terutama jika ingin dicairkan tanpa ada persetujuan dari pemilik rekening tersebut. 

Deposito dipilih masyarakat saat ini ketimbang produk keuangan lain, atau produk investasi lain karena pertimbangan sebagai berikut. 

1. Suku bunga transparan 

Bunga yang diatur oleh Bank Indonesia (BI) membuat perbankan harus tunduk membeirkan imbal hasil (bunga). 

2. Tingkat risiko rendah 

Bank tidak menempatkan uang kita di pasar saham, sehingga bunga yang kita dapatkan relatif stabil. Tidak perlu takut dengan gejolak pasar saham karena tidak akan memengaruhi imbal hasil yang kita dapat dari deposito. 

3. Tingkat keamanan 

Kita bisa tidur dengan nyenyak tanpa harus khawatir simpanan kita di bank yang dikatakan dalam status diawasi oleh regulator atau mengalami pailit. Sebab simpanan kita di bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Uang kita tetap aman di bank. 

Jenis-jenis deposito

Ada lima jenis deposito yang umumnya ditawarkan bank. Umumnya, bank memiliki kelima produk deposito yang terbilang sama. Yang membedakan hanya fleksibilitas dari syarat deposito tersebut. Berikut skema jenis deposito dan penjelasannya.  

1. Giro  

Setoran yang diterima oleh Bank dari nasabah yang kemudian dapat ditarik sesuai permintaan dari nasabah. 

2. Saving deposits 

Suatu bentuk deposito permintaan yang tunduk pada pembatasan jumlah simpanan pada periode tertentu. Bank akan mengizinkan tabungan tersebut dapat ditarik selama sesuai dengan jangka waktu perjanjian.  

3. Deposito berjangka 

Deposito yang diterima oleh Bank untuk periode yang tetap dapat ditarik hanya setelah berakhirnya periode yang telah ditentukan dan termasuk simpanan. Tipe-tipe deposito berjangka:

  1. Deposito berulang 
  2. Deposito bermanfaat ganda 
  3. Deposito setoran pendek
  4. Deposito setoran tetap
  5. Sertifikat pendapatan bulanan 
  6. Sertifikat pendapatan triwulan  

4. Notice deposit  

Notice deposit adalah deposito berjangka untuk periode tertentu, namun deposito ini dapat dicairkan dengan memberikan pemberitahuan satu hari sebelum dicairkan. Jangan lupa bawa syarat yang lengkap untuk mencairkannya. 

5. Rekening koran 

Adalah bentuk deposisi permintaan dari mana penarikan diizinkan beberapa kali, tergantung pada saldo dalam akun atau hingga jumlah tertentu yang disepakati. Rekening koran juga mencakup akun deposito lainnya yang bukan tabungan atau deposito berjangka.

Manfaat menyimpan uang di deposito

Uang deposito

Deposito menawarkan imbal hasil yang tetap kepada pemegang rekening deposito dalam kondisi apapun. 

Namun perlu diperhatikan, dalam beberapa kasus apabila tidak mempertahankan saldo yang ditetapkan atau sejumlah setoran tertentu yang akan terjadi adalah imbal hasil yang didapat tidak maksimal. 

Umumnya, saat pasar saham sedang bergejolak, investor memilih untuk berinvestasi atau menyimpan uangnya di perbankan. Sebab menempatkan uang di bank tidak terpengaruh kondisi global. 

Berikut sejumlah manfaat yang didapat dengan menyimpan uang di deposito: 

1. Adminstrasi mudah 

Kini dengan zaman yang serba digital, membuka deposito tidak harus datang ke bank. Tapi juga dapat dilakukan lewat smartphone. Asalkan memiliki rekening akun di bank tersebut, tidak sulit untuk membuka deposito di perbankan. Hanya perlu menentukan jangka waktu depositonya. 

2. Bunga yang tetap 

Bank sejak awal menetapkan bunga atau imbal hasil yang diperoleh kepada pemegang nasabah, sejak membuka rekeningnya.  Inilah yang membuat nasabah tertarik untuk mendapatkan imbal hasil yang pasti. Nasabah dapat bunga hasil deposito sesuai dengan perjanjian awal. 

3. Deposito likuid 

Ini artinya, nasabah dapat mencairkan uangnya kapan saja. Tapi ingat, ada biaya pinalti yang harus ditanggung nasabah apabila deposito dicairkan sebelum jangka waktunya. 

4. Dilindungi pemerintah 

Lewat Lembaga Penjamian Sosial (LPS), uang yang ditempatkan dalam deposito terjamin kelangsungannya. Pemerintah menjamin dana nasabah di bank akan tetap aman, apabila bank mengalami gagal bayar. 

5. Dapat dijadikan agunan 

Bagi kita yang memiliki deposito di bank dan berencana untuk mengajukan kredit. Maka urusan kredit akan jauh lebih mudah tanpa bank harus susah payah melakukan credit checking. Deposito yang kita punya di bank dapat menjadi agunan saat mengajukan pinjaman bank.  

Syarat membuka deposito di bank

Membuka rekening deposito di bank dapat dilakukan dengan cara datang ke kantor cabang atau melalui aplikasi bank dari aplikasi ponsel. Hanya saja, tetap ada dokumen yang harus dipenuhi sebagai syarat untuk membuka deposito. 

Berikut sejumlah syarat yang umum mesti dipenuhi nasabah saat membuka deposito:

  • Memiliki rekening di bank tersebut. 
  • Siapkan setoran awal untuk penempatan minimal Rp10 juta. Namun ini bergantung pada kebijakan masing-masing tiap bank. 
  • Siapkan identitas diri berupa: KTP dan NPWP.
  • Ada biaya materai yang perlu disiapkan. 
  • Ketahui akan ada pajak bunga deposito yang dikenakan. 

Deposito Terbaik yang Dapat Kita Pilih

Sekarang waktunya kita memilih bank mana yang hendak kita pilih untuk penempatan depositonya. Tentu untuk memilih bank, kita akan memilihnya pada bank dengan bunga yang tinggi. 

Lifepal merangkum sejumlah bunga deposito terbaik dari perbankan yang disarikan dari Kontan.co.id mulai dari yang tertinggi hingga ke rendah. Berikut deposito terbaik yang dapat dipilih. 

Nama bank 1 bulan (%) 3 bulan (%) 6 bulan (%) 1 tahun (%)
Bank Tabungan Negara  6,3% 6,3% 6% 5,9%
Bank ICB Indonesia 6,3% 6,3% 7% 5,5%
Bank CIMB Niaga 6,1% 6,6% 6,3% 6,3%
Bank Mayora 6,1% 6,1% 6,1% 6,1%
Bank Danamon Indonesia 5,6% 5,6% 5,6% 5,6%
Bank Maybank Indonesia 5,6% 5,3% 5,3% 5,3%
Bank Permata  5,6% 5,6% 5,6% 5,6%
Bank Rakyat Indonesia  5,5% 5,8% 5,8% 5,8%
Bank Panin Indonesia  5,3% 5,6% 5,5%  5,5%
Bank HSBC Indonesia 5,1% 5,4% 5,2% 6%

Tips memilih deposito terbaik 

Best deposito

Tentu untuk memilih deposito terbaik, tolak ukur kita adalah bunga yang diberikan dari perbankan. Selain bunga, kita juga harus mempertimbangkan sejumlah aspek yang menjadi dasar pilihan kita memilih deposito. 

Berikut tips dari Lifepal untuk memilih bunga deposito terbaik. 

  • Kenali dan pahami jenis-jenis deposito yang hendak dipilih. 
  • Ketahui minimum nilai tabungan yang hendak disimpan pada deposito. 
  • Periksa perjanjian secara cermat.
  • Hitung cermat bunga dan pajak bunga yang harus dibayar. Ini untuk memastikan tujuan kita menempatkan uang di deposito tercapai. 

Demikian informasi soal deposito dan tips memilihnya dari Lifepal. Semoga dapat membantu kita dalam memilih bank dengan produk deposito terbaik, ya

Masih membutuhkan informasi lain soal keuangan, bisnis, dan asuransi? Yuk, baca lebih lengkap di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →