10 Urutan Bank Terbaik se-Indonesia [2021]

urutan bank terbaik di indonesia

Belum lama ini Forbes telah merilis laporan yang berjudul The World’s Best Banks 2020. Dalam laporan tersebut, ada urutan bank terbaik di Indonesia. Wah, bank apa aja ya?

Forbes telah menetapkan beberapa urutan bank terbaik di Indonesia dengan didukung riset yang dilakukan Statista. Sekadar diketahui, Statista adalah portal yang menyajikan informasi berupa statistik, riset pasar, dan business intelligence.

Dalam menetapkan mana bank-bank terbaik di dunia, termasuk urutan bank terbaik di Indonesia, Statista melakukan survei ke lebih dari 40 ribu pelanggan di seluruh dunia. Statista pengin tahu pendapat orang-orang mengenai bank-bank yang mereka gunakan layanannya.

Bisa dibilang Statista ini pengin tahu sejauh mana kepuasan, kepercayaan, biaya layanan, hingga nasihat keuangan yang diperoleh dari bank-bank tersebut.

Selain dirilis Forbes, urutan bank terbaik di Indonesia tahun 2020 kembali dirilis. Berikut ini daftarnya.

1. Bank BCA (Bank Central Asia)

Kamu yang jadi nasabah Bank BCA boleh berbangga nih. Sebab bank yang bermarkas di Jakarta ini dapat predikat sebagai bank terbaik di Indonesia. Mantap deh!

Dengan moto “Senantiasa di Sisi Anda”, bank yang berdiri tahun 1957 ini terus berkembang dan berinovasi. Sekalipun krisis pernah menghantam bank swasta terbesar ini, Bank BCA di bawah kepemimpinan Jahja Setiaatmadja kemudian bisa bangkit dan beri pelayanan terbaiknya.

BCA memiliki banyak sekali layanan perbankan maupun produk-produk finansial, dari tabungan, investasi, sampai proteksi asuransi. Contohnya saja seperti asuransi BCA Insurance.

2. Bank DBS Indonesia

Bank DBS didirikan pada tahun 1989 dan telah menjadi bagian dari kelompok usaha DBS Group di Singapura. Bank DBS banyak memberikan pelayanan kepada nasabah, antara lain konsumer, institusional, tresuri dan lainnya.

3. Bank HSBC Holdings

Urutan ketiga bank terbaik di Indonesia ditempati bank luar, yaitu The Hongkong and Shanghai Banking Corporation atau Bank HSBC. Ini tentu pencapaian yang luar biasa untuk HSBC, sebab di tahun sebelumnya bank ini berada di urutan enam. Menariknya, bank yang berkantor pusat di Kota London mulai buka cabang di Indonesia sejak 1884 lho.

Awalnya di Indonesia bank ini membantu pembiayaan dan memfasilitasi perdagangan gula seperti yang diceritakan di website-nya. Kini Bank HSBC menawarkan banyak layanan. Mulai dari layanan di bidang komersial, korporasi, perbankan ritel, hingga wealth management.

4. Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional)

Pada tahun sebelumnya, BTPN tidak masuk dalam daftar 10 besar the World’s Best Banks 2020. Namun, secara mengejutkan, bank yang dipimpin CEO Ongki Manadjati Dana ini merangsek masuk sepuluh besar dan bertengger di urutan keempat.

Bank BTPN berdiri pada tahun 1958 di Bandung, Jawa Barat. Saat itu, namanya masih Bank Pegawai Pensiunan Militer (Bapemil). Bapemil menjadi bank komersial pada tahun 1960 dan berganti nama menjadi Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) pada tahun 1986. Pada tahun 2019 lalu, PT Bank BTPN Tbl (Bank BTPN) resmi melakukan merger dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI).

Bank BTPN memiliki target market yang cukup spesifik. Bank ini fokus melayani pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), warga prasejahtera produktif, segmen consuming class, serta segmen korporasi.

5. Bank BNI (Bank Negara Indonesia)

Posisi keempat bank terbaik di Indonesia ditempati Bank Negara Indonesia atau BNI. Bank yang berkantor pusat di Jakarta ini udah sejak 5 Juli 1946 memberi layanan perbankan kepada masyarakat. Makanya bank ini menyebut dirinya sebagai BNI 46.

Layanan perbankan yang ditawarkan BNI terbagi ke beberapa segmen. Mulai dari segmen perusahaan, komersial, ritel, lembaga keuangan, hingga anak perusahaan.

Untuk menemukan bank BNI saat ini cukup mudah, karena sudah bisa ditemukan di berbagai kota dipelosok Indonesia. Dari banyak pelayanan yang diberikan, hal tersebut membuat aset BNI menjadi Rp808,57 triliun.

Nah, Bank BNI pun juga memiliki anak perusahaan yang menawarkan layanan proteksi, yaitu BNI Life. Perusahaan asuransi ini punya penawaran benefit yang menarik, salah satunya 300 persen uang pertanggungan jiwa.

6. Bank Rakyat Indonesia atau BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi deretan nomor satu pada tingkatan bank terbaik di Indonesia, dikarenakan bank ini menjadi bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Selain menjadi bank terbesar milik pemerintah, bank BRI banyak sekali ditemukan di berbagai pelosok kota, kecamatan sebagai bank cabang BRI.

Bank BRI yang pertama kali didirikan di Kota Purwokerto pada tanggal 16 Desember 1895 dengan asal usul bahwa bank tersebut dulunya menjadi tempat penyimpanan keuangan oleh kaum-kaum priyayi dan dilayani oleh orang-orang kebangsaan Indonesia/pribumi. Namun, dari waktu ke waktu, bank ini menjadi bank milik pemerintah dengan berbagai nasabah dari berbagai golongan tidak hanya priyayi saja.

Bukti yang konkret bahwa bank BRI merupakan bank terbaik di Indonesia adalah banyaknya nasabah bank BRI, kemudian aset yang dimiliki oleh bank ini 1.064.73 triliun rupiah.

Selain menjalankan kegiatan perbankan, Bank BRI memiliki anak usaha yang menawarkan layanan proteksi, yaitu BRI Life. Perusahaan asuransi ini menawarkan banyak manfaat yang menguntungkan, mulai dari:

  • manfaat uang pertanggungan mencapai 150 persen dari premi yang dibayarkan,
  • manfaat tambahan perlindungan dari 49 penyakit kritis,
  • manfaat santunan meninggal dunia sebesar 100 persen uang pertanggungan,
  • dan masih banyak yang lainnya.

Dengan premi mulai dari Rp10 ribuan, kamu bisa memiliki manfaat asuransi BRI life sesuai isi polis yang disepakati.

7. Bank Mandiri

Ternyata walaupun Bank Mandiri merupakan bank pelat merah alias bank milik pemerintah dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Untuk deretan terbaik bank, bank ini menjadi deretan bank terbaik nomor 2 setelah bank BRI, yang juga adalah bank BUMN. Bank Mandiri yang berpusat di Jakarta dan menjadi bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit.

Sama seperti Bank BRI, Bank Mandiri juga memiliki anak perusahaan yang memberikan layanan proteksi, yaitu AXA Mandiri dan Mandiri InHealth.

Asuransi dari kedua perusahaan tersebut menawarkan manfaat yang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah manfaat loyalty bonus pada akhir masa polis.

8. Bank Mandiri Syariah

PT Bank Syariah Mandiri juga di tahun sebelumnya belum masuk jajaran 10 besar bank terbaik di Indonesia. Bank ini berdiri pada tahun 1955 silam dengan nama Bank Industri Nasional.

Dalam perjalanan usahanya, bank ini berganti nama beberapa kali, seperti Bank Maritim Indonesia, dan Bank Susila Bakti milik Yayasan Kesejahteraan Pegawai Bank Dagang Negara dan PT Mahkota Prestasi. Bank ini akhirnya berubah nama jadi Bank Syariah Mandiri pada tahun 1999.

Yang menarik, terhitung mulai tanggal 1 Februari 2021, Bank Syariah Mandiri merger dengan dua bank syariah BUMN lainnya yakni PT Bank BRIsyariah Tbk., dan PT Bank BNI Syariah.

Setelah penggabungan dengan BRIsyariah dan BNI Syariah, kini Bank Syariah Mandiri resmi berganti nama menjadi PT Bank Syariah Indonesia, Tbk.

9. Bank BNI Syariah

Merger tiga bank syariah BUMN yakni PT Bank BNI Syariah, PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BRIsyariah nampaknya memang memberikan dampak signifikan. Bank BNI Syariah pun masuk daftar 10 besar bank terbaik versi Forbes. Padahal, di tahun sebelumnya tidak ada di urutan 10 teratas.

Bank BNI Syariah sendiri sudah satu dekade berdiri di Indonesia. Bank ini awalnya adalah Unit Usaha Syariah Bank Negara Indonesia. Namun, terhitung mulai tahun 2010, unit usaha tersebut bersalin rupa menjadi bank umum syariah yakni PT Bank BNI Syariah.

10. Citibank

CitiBank merupakan bank yang didirikan pada tahun 1812 sebagai CitiBank of New York. CityBank adalah divisi konsumen dan perusahaan bank dari jasa finansial raksasa Citigroup.

CitiBank memiliki beberapa pelayanan yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah. Pelayanan yang dimiliki CitiBank antara lain menyediakan kartu kredit, hipotek, pinjaman komersial, pinjaman pribadi, dan jalur kredit.

Pada daftar The World’s Best Banks 2020, ada tiga bank dari daftar tahun sebelumnya yang keluar dari daftar sepuluh besar. Ketiga bank tersebut adalah sebagai berikut:

– Bank BTN (Bank Tabungan Negara)

Bank BTN berasal dari PT Bank Tabungan Negara yang didirikan pada 30 November 1994 yang berkantor pusat di Jakarta. Bank BTN menjadi bank terbaik urutan ke lima karena memiliki pelayanan yang memuaskan untuk nasabahnya.

– Bank Panin

Bank Panin merupakan bank Komersial dan Ritel terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1971. Pada tahun 1982 bank Panin menawarkan saham pertama dan sekaligus menjadi bank pertama di Indonesia yang mencatatkan sahamnya di lantai bursa.

Tahun ke tahun bank panin menjadi bank SME terdepan terdepan di Indonesia dengan didukung oleh sumber daya manusia yang handal.

– Bank OSBC NISP

Bank OSBC NISP yang didirikan pada tanggal 14 Agustus 1971 yang berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan tersebut memiliki kinerja keuangan dan layanan gemilang yang dapat membuat bank OSBC NISP meraih salah satu bank dengan predikat terbaik pada tahun 2020.

Itulah urutan bank terbaik di Indonesia 2020. Semoga informasi di atas bermanfaat. Apabila kamu pertanyaan-pertanyaan tentang dunia perbankan lainnya, kamu bisa menyampaikannya kepada kamu melalui fitur Tanya Lifepal. Pertanyaan-pertanyaan itu akan dijawab oleh para ahli yang menjadi mitra kami. (Editor: Chaerunnisa)

Pertanyaan seputar urutan bank terbaik di Indonesia

Menurut Forbes, inilah daftar 10 bank terbaik di Indonesia menurut The World’s Best Banks 2020:

  1. Bank BCA (Bank Central Asia
  2. Bank DBS Indonesia
  3. Bank HSBC Holdings
  4. Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional)
  5. Bank BNI (Bank Negara Indonesia)
  6. Bank Rakyat Indonesia atau BRI
  7. Bank Mandiri
  8. Bank Mandiri Syariah
  9. Bank BNI Syariah
  10. Citibank

 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →