Deretan 15 Kota Terbaik di Dunia, Termasuk Ubud Bali Lho!

Kota Terbaik di Dunia

Travel + Laisure, media perjalanan asal Amerika Serikat telah merilis daftar kota terbaik di dunia tahun 2019. Pemberian ranking ini didasarkan pada penilaian pembaca mereka. 

Setiap tahunnya, mereka selalu membuat survei-survei terhadap pengalaman berwisata pelancong. Kategorinya beragam, mulai dari hotel terbaik, pulau terbaik, maskapai penerbangan terbaik, hingga fasilitas spa terbaik. 

Untuk kota terbaik, penilaian berdasarkan dari beberapa indikator, seperti pemandangan, budayanya, cita rasa kuliner, area belanjanya, keramahan warga, dan pengalaman berwisata secara keseluruhan. 

Selama dua tahun berturut-turut, tepatnya tahun 2017 dan 2018, di urutan pertama selalu ditempati San Miguel de Allende, Meksiko. Tapi kini, posisinya telah bergeser di urutan ke-2.

Sementara Indonesia turut menyumbang satu kotanya yang memang sudah terkenal cantik sejak dulu. 

Kira-kira kota mana itu? Berikut, daftar 15 kota terbaik di dunia versi Travel + Leisure diurutkan dari posisi terendah. 

15. Bangkok, Thailand 

Kota Terbaik di Dunia
Bangkok, Thailand Kota Terbaik di Dunia

Kota seribu kuil ini menempati posisi ke-15. Wajar sepertinya bagi bangkok untuk masuk ke list ini, karena mereka memiliki daya tarik tersendiri dalam hal kuliner dan spot-spot wisata budaya. 

14. Santa Fe, Amerika Serikat 

Kota Terbaik di Dunia
Santa Fe, Amerika Serikat Kota Terbaik di Dunia

Kota di Amerika Serikat ini memiliki perbedaan dengan kota-kota lainnya. Di sini, kamu bakal bisa melihat bangunan-bangunan tua jaman kolonial Spanyol. Jadinya, daerah ini lebih terasa eksotis seperti di Eropa ketimbang di Amerika.

13. Sevilla, Spanyol 

Kota Terbaik di Dunia
Sevilla, Spanyol Kota Terbaik di Dunia

Kalau mau melihat bekas kejayaan Islam di Spanyol ya di Kota Sevilla. Di sini kamu bisa menemukan banyak bangunan-bangunan cantik yang mengadaptasi desain arsitektur Timur Tengah. 

12. Charleston, Amerika Serikat 

Kota Terbaik di Dunia
Charleston, AS Kota Terbaik di Dunia

Pada tahun 2016 lalu, Charleston menempati posisi pertama di daftar kota terbaik di dunia. Tapi kini mereka harus puas duduk di urutan ke-12. Ingin melihat bangunan-bangunan tua nan berdampingan dengan pantai? Di sinilah tempatnya.

11. Roma, Italia 

Kota Terbaik di Dunia
Roma, Italia Kota Terbaik di Dunia

Mengunjungi Roma bakalan serasa mengunjungi peradaban bangsa Romawi di abad renaissannce. Hal ini bisa dilihat dari arsitektur bangunan yang cantik bak karya seni. Contoh spot yang harus dikunjungi, arena bertarung gladiator, Coloseum.

10. Udaipur, India

Kota Terbaik di Dunia
Udaipur, India Kota Terbaik di Dunia

Kalau kamu berkunjung ke Udaipur, mungkin stigma India sebagai negara kumuh bakal runtuh. Di Kota ini, terdapat ratusan bangunan-bangunan cantik yang berdiri tegak dengan arsitektur bak istana. 

9. Florence, Italia

Kota Terbaik di Dunia
Florence, Italia Kota Terbaik di Dunia (Instagram/@travel_leisuree)

Wajar kalau Florence didapuk sebagai kota terbaik di dunia. Pasalnya, di kota ini terdapat beragam karya seni buatan maestro seperti Michelangelo dan Filippo Bruneleschi. Salah satu kota romantis di Italia! 

8. Kyoto, Jepang 

Kota Terbaik di Dunia
Kyoto, Jepang Kota Terbaik di Dunia

Menikmati suasana tenang di Jepang, ya Kyoto jawabannya. Di sini kamu bisa merasakan tinggal layaknya penduduk di era kekaisaran dahulu kala. Ada banyak kuil-kuil dan bangunan khas Jepang yang layak untuk ditelusuri. 

7. Tokyo, Jepang

Kota Terbaik di Dunia
Tokyo, Jepang Kota Terbaik di Dunia (Instagram/@tokyo)

Di atas Kyoto, bertengger Tokyo. Berbeda dengan Kyoto yang menawarkan ketenangan dan kesejukkan pedesaan, di Tokyo kamu justru bakal dibuat tercengang dengan kecanggihan kota ini. Berderet gedung-gedung pencakar langit dengan teknologi mutakhir di setiap sudut jalanan. 

6. Ubud, Indonesia

Kota Terbaik di Dunia
Ubud, Indonesia Kota Terbaik di Dunia

Indonesia masuk juga di daftar kota terbaik di dunia. Ubud berhasil mengungguli kota-kota lainnya di Eropa dan Asia. 

Kalau di Jepang ada Kyoto yang menawarkan suasana tenang pedesaan, di Indonesia Ubud, Bali lah tandingannya! Di sini masih banyak terdapat persawahan-persawahan yang masih aktif di kanan kiri jalanan. 

5. Oaxaca, Meksiko 

Kota Terbaik di Dunia
Oaxaca, Meksiko Kota Terbaik di Dunia

Ada banyak bangunan-bangunan bersejarah terdapat di kota ini. Bahkan kamu juga masih bisa menemukan sisa-sisa peradaban manusia tahun 500 sebelum masehi. 

4. Meksiko City 

Kota Terbaik di Dunia
Meksiko City Kota Terbaik di Dunia

Tahun lalu Meksiko City ada di peringkat ke-11, tapi tahun ini mereka berhasil merangsek naik ke posisi ke-4. Di sini kamu bisa menikmati romantisme kebudayaan khas dari Amerika Latin mulai dari musik hingga tarian. 

3. Chiang Mai, Thailand 

Kota Terbaik di Dunia
Chiang Mai, Thailand Kota Terbaik di Dunia

Sama dengan Bangkok, di Chiang Mai kamu juga bisa menemukan bangunan-bangunan yang sarat dengan nilai budaya Thailand. 

2. San Miguel de Allende, Meksiko 

Kota Terbaik di Dunia
San Miguel de Allende, Meksiko Kota Terbaik di Dunia

Sayang sekali kota cantik di Meksiko ini harus turun satu peringkat. Selama dua tahun berturut-turut San Miguel de Allende menempati posisi pertama sebagai kota terbaik di dunia. 

1. Hoi An, Vietnam 

Kota Terbaik di Dunia
Hoi An, Vietnam Kota Terbaik di Dunia

Tahun ini, jawara kota terbaik di dunia dipegang oleh Hoi An. Kota di Vietnam ini termasuk ke dalam kawasan cagar budaya UNESCO. Seluruh kegiatan wisatanya terpusat di pinggir sungai yang cantik.

Itulah daftar 15 kota terbaik di dunia. Semoga bisa menjadi referensi wisatamu bersama teman-teman atau keluarga. Segera masukkan ke dalam list destinasi wisata wajibmu ya! (Editor: Chaerunnisa)

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →