Terjun ke Dunia Finansial, Orang-Orang Ini Sukses Raup Ratusan Triliun Rupiah

George Soros, satu dalam deretan orang terkaya yang sukses di dunia finansial. (Shutterstock)

Terlibat aktif di dunia finansial emang menguntungkan. Gak mesti kerja di bank atau perusahaan sekuritas. Berinvestasi aja udah cukup buat bikin kamu banyak uang. Asal tahu aja nih, ada banyak lho orang terkaya yang berasal dari dunia finansial.

Seperti yang pernah diungkap Majalah Forbes, orang-orang terkaya ini telah mencetak kekayaan hingga puluhan miliar dolar. Kalau dirupiahkan nih, kekayaan mereka itu bisa mencapai ratusan triliun rupiah.

Penasaran siapa aja orang-orang terkaya yang sukses besar di dunia finansial? Yuk, simak ulasannya seperti yang dikutip dari Financial News berikut ini.

Baca juga: Deretan Keluarga Terkaya di Dunia yang Hartanya Tembus Seribu Triliun Rupiah

1. Warren Buffett

Warren Buffett, orang terkaya di dunia finansial. (Shutterstock)
Warren Buffett, orang terkaya di dunia finansial. (Shutterstock)

Namanya udah sering banget disebut dalam pemberitaan tentang orang terkaya di dunia. Sosok Warren Buffett layak diacungi jempol. Mulai terjun ke dunia finansial sejak masih remaja, kini Warren Buffett telah memiliki uang yang sangat banyak.

Laporan terakhir menyebut kekayaan Warren Buffett telah mencapai US$ 81,7 miliar atau Rp 1.162 triliun. Karena minatnya yang tinggi dalam berinvestasi, Warren Buffett membeli saham perusahaan tekstil Berkshire Hathaway yang kemudian diambil alih olehnya.

Lewat Berkshire Hathaway, Warren Buffett memiliki banyak saham dari perusahaan yang bergerak di berbagai sektor. Mulai dari keuangan, barang konsumsi, minyak dan gas, pertanian, dan transportasi.

Walaupun udah kaya raya, Buffett gak pernah pelit membagikan ilmunya. Salah satu kunci kenapa ia bisa berhasil dalam investasi adalah ia gak terlalu berpengaruh ketika pasar tertekan. Ia justru menyarankan buy dan hold. Sebab itulah yang bikin ia meraup untung dari investasi.

Baca juga: 6 Anak Orang Terkaya Indonesia Ini Sukses Ikuti Jejak Orangtua

2. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg, orang terkaya di dunia finansial. (Shutterstock)
Michael Bloomberg, orang terkaya di dunia finansial. (Shutterstock)

Memiliki usaha di bidang finansial, Michael Bloomberg masuk daftar orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan yang mencapai US$ 46,7 miliar atau Rp 664 triliun. Seperti yang kamu tahu, orang terkaya yang satu ini adalah pemilik dari media finansial Bloomberg.

Gak cuma mengembangkan media, Bloomberg diketahui juga mengembangkan software keuangan. Malahan, pembuatan perangkat ini lebih dulu dilakukan sebelum akhirnya Michael Bloomberg masuk ke bisnis media.

Bisnis yang dimiliki Michael Bloomberg mencatatkan pendapatan hingga puluhan miliar dolar. Seperti yang tercatat tahun 2018, Bloomberg membukukan pendapatan sebesar US$ 10 miliar atau Rp 142 triliun.

Dengan pendapatan yang segitu banyaknya, gak heran kalau Michael Bloomberg bisa jadi orang terkaya di dunia.

Baca juga: Dengan Bertani, Orang-Orang Ini Sukses Kumpulkan Harta Puluhan Triliun Rupiah

3. Carl Icahn

Carl Icahn (tengah), orang terkaya di dunia finansial. (Twitter)
Carl Icahn (tengah), orang terkaya di dunia finansial. (Twitter)

Dikenal sebagai penasihat keuangan Presiden Donald Trump, Carl Icahn lebih dulu populer sebagai orang terkaya di dunia. Ia merupakan pemilik dari kerajaan bisnis Icahn Enterprise. Berkat bisnisnya tersebut, Icahn bisa memiliki kekayaan US$ 17,2 miliar atau Rp 244 triliun.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Gimana gak mendulang uang? Perusahaan yang dimiliki Carl Icahn membawahi banyak bisnis. Mulai dari industri suku cadang mobil, energi, logam, kereta rel, kasino, pengemasan makanan, real estat, dan rumah mode.

Semua kesuksesan Carl Icahn dimulai saat dirinya terjun ke dunia finansial. Ia memulai kariernya sebagai pialang saham di Wall Street tahun 1961. Icahn kemudian membangun bisnis pertamanya, yaitu perusahaan sekuritas yang diberi nama Icahn & Co.

Dari perusahaan sekuritas miliknya tersebut, Icahn mengakuisisi saham dari perusahaan-perusahaan yang udah mau bangkrut. Dengan melakukan pembenahan di sana sini, perusahaan yang diakuisisinya tersebut menjadi mesin uang yang memberinya untung besar.

4. George Soros

George Soros, orang terkaya di dunia finansial. (Shutterstock)
George Soros, orang terkaya di dunia finansial. (Shutterstock)

Nama George Soros cukup melekat di ingatan sebagian besar orang Indonesia. Aksinya dalam berinvestasi turut berdampak pada munculnya krisis tahun 1998. Terlepas dari itu, berkat sepak terjangnya sebagai investor, George Soros memperoleh kekayaan hingga US$ 8,3 miliar atau Rp 118 triliun.

Berbekal pengalaman di bank, George Soros makin membenamkan dirinya di dunia finansial bekerja sebagai trader dan analis di beberapa perusahaan di Wall Street. Ia pun sukses mengelola dana yang dipercayakan kepadanya.

Soros pun kemudian mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1973 yang bernama Soros Fund Management. Dari perusahaan investasinya itulah, Soros memperbesar pundi-pundi kekayaannya.

Sekalipun berstatus sebagai orang terkaya di dunia, rupanya Soros gak tanggung-tanggung kalau berdonasi. Lewat yayasannya Open Society, Soros menggelontorkan dana triliunan rupiah sebagai wujud kepeduliannya pada kemanusiaan.

Itu tadi deretan orang terkaya di dunia yang sukses di dunia finansial. Satu hal yang bisa kita pelajari dari mereka adalah investasi itu perlu dan harus dimulai kalau pengin punya banyak uang.

Gak harus keluarkan modal banyak. Mulai dari modal kecil pun kalau rutin diinvestasikan lama-lama bakal besar juga nantinya. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →