Deretan Tempat Wisata di Jakarta yang Lagi Kekinian, Kamu Pilih Mana?

Wisatawan di Museum Macan (Shutterstock).

Tempat wisata di Jakarta mudah untuk ditemui kok. Meskipun letaknya berada diantara gedung-gedung pencakar langit yang ada. Belum lagi suasanan hiruk pikuk kendaraan lalu lalang, kesibukan kaum urban, semakin melengkapi suasana sibuk ibu kota.

Tapi siapa sangka, dibalik hingar bingar Jakarta, terselip destinasi wisata yang lagi kekinian.

Bukan hanya wahana bermain, tempat wisata Jakarta juga cukup lengkap. Seperti taman, museum, seni dan budaya, bahkan religi. Semua nampak tersedia dan siap menjamu kamu sebagai wisatawan mereka.

Pasalnya, liburan itu kan gak melulu harus bepergian yang jauh. Terlebih jika kamu gak punya banyak uang untuk merencanakan liburan. Biar murah tapi tetap menyenangkan, berikut tempat wisata di Jakarta yang lagi hits saat ini. Simak yuk.

Baca juga: Bekerja di Kantor Baru? Jangan Sampai Terjebak Sifat Buruk Ini

1. Museum Macan

Museum Macan (Shutterstock).

Pasti kamu sudah gak asing mendengar atau bahkan melihat foto-foto yang dishare di sosial media terkait tempat ini. Wisata Jakarta ini terletak di Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Meski tergolong museum baru, tetapi pengunjung yang datang setiap hari ke tempat wisata di Jakarta ini cukup banyak.

Museum ini menampilkan sekitar 90 karya seni rupa modern Indonesia dan kontemporer dari seluruh dunia. Koleksi Museum Macan fokus pada seni modern dan kontemporer dari Indonesia, Eropa, Amerika, dan Asia.

Bersumber dari koleksi pendiri museum dan merupakan koleksi pinjaman jangka panjang kepada museum, koleksi ini telah tumbuh selama lebih dari 25 tahun dan terus bertambah. Koleksi saat ini terdiri dari karya seni terkemuka dari Indonesia, Eropa, Amerika Utara, Cina dan bagian Asia lainnya.

Untuk masuk ke museum ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar:

– Dewasa Rp 50.000

– Anak Rp 30.000

– Pelajar Rp 40.000

Perlu diingat ya, museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00 – 19.00. Untuk hari Senin, museum ini libur. Jangan sampai salah waktu ya kalau mau berkunjung kesana.

2. Jakarta Aquarium

Ubur-ubur di Jakarta Aquarium (Shutterstock).

Jakarta Aquarium merupakan destinasi wisata Jakarta terkini yang menghadirkan sarana edukasi sekaligus rekreasi. Tidak hanya rumah bagi lebih dari 600 jenis satwa, tempat wisata di Jakarta ini juga menghadirkan pertunjukan Pearl of The South Sea yang seru dan hidangan laut yang lezat di restoran Pingoo!

Jakarta Aquarium menghadirkan konsep berlibur di alam yang menampilkan kekayaan alam bawah laut Indonesia yang penuh dengan warna, keindahan dan sekaligus misteri yang akan membuat kamu serasa sedang berpetualang.

Jakarta Aquarium juga menyajikan pertunjukan teater berkelas dunia “Pearl of The South Sea” yang diproduseri oleh Peter Wilson, sutradara teater ternama dari Australia. Pearl of The South Sea menyuguhkan cerita tentang seorang putri yang dikutuk menjadi ratu laut yang dikombinasikan dengan tarian putri duyung, musik, dan kecanggihan teknologi.

Di akhir pertunjukan, kamu dapat mengabadikan momen bersama beberapa putri duyung yang menari dibalik akuarium.

Jakarta Aquarium terletak di gedung Neo SOHO Floor LG 101 – LGM 101, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat. Untuk masuk ke wisata Jakarta ini kamu perlu mengeluarkan uang sebesar:

Hari biasa:

REGULAR

– Dewasa Rp 150 ribu

– Anak Rp 125 ribu

PREMIUM

– Dewasa Rp 200 ribu

– Anak Rp 150 ribu

Akhir pekan:

REGULAR

– Dewasa Rp 200 ribu

– Anak Rp 150 ribu

PREMIUM

– Dewasa Rp 225 ribu

– Anak Rp 175 ribu

Baca juga: Kerja di Kafe Datangkan Banyak Manfaat, Salah Satunya Hasilkan Ide Brilian

3. Taman Wisata Alam Angke, Kapuk

Hutan Mangrove (Shuttertsock).

Buat kamu yang jenuh dengan kemacetan Jakarta, Taman Wisata Alam Mangrove di Angke, Jakarta Utara cocok untuk mengisi liburanmu. Nuansa sejuk pepohonan mangrove bakal bikin kamu segar kembali setelah penat yang dirasakan di kantor.

Untuk biaya masuk ke tempat wisata di Jakarta ini juga terbilang murah. Untuk biaya parkir kendaraan dibanderol Rp 5 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 10 ribu untuk mobil. Sementara untuk tiket masuknya sendiri:

– WNI: Rp 25.000

– WNA: Rp 125.000

Hutan Mangrove ini tepatnya berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Jakarta Utara. Selain untuk berfoto-foto, wisata Jakarta ini juga bagus untuk menambah pengetahuan, karena termasuk hutan konservasi mangrove.

4. Bianglala J-Sky, AEON Mall

Bianglala (Shutterstock).

Sejak kemunculannya hingga saat ini wahana bianglala yang berada di atap gedung ini masih populer lho. Bianglala bernama J-Sky ini berada di atap AEON Mall, Cakung, Jakarta Timur.

Tinggi bianglala ini berkisar 69 meter dengan diameter 50 meter. Gondolanya terdiri dari 32 buah. Dari atas bianglala, kamu bisa menikmati pemandangan Jakarta dari ketinggian. Untuk hari biasa, kamu dikenakan biaya tiket masuk Rp 50 ribu, sedangkan pada akhir pekan harganya Rp 60 ribu per orang.

Tetapi bianglala ini juga bisa disewa secara pribadi buat kamu dan pasangan yang ogah naik bersama-sama. Untuk biayanya pasti lebih mahal.

Baca juga: Skor Kredit Bisa Ditingkatkan dengan 5 Cara Mudah Ini

5. Wisata Jakarta Taman Kalijodo

Taman Kalijodo (Shutterstock).

Taman Kalijodo berada di jalan Kepanduan II, Penjaringan. Lokasi ini dulunya dikenal sebagai wilayah prostitusi dan sarang hiburan malam. Namun citranya kini berubah sepenuhnya menjadi kawasan wisata ramah anak, sejak Kalijodo Park diresmikan 22 Februari 2017 lalu.

Di tempat wisata di Jakarta ini banyak fasilitas yang bisa digunakan pengunjung, mulai dari skateboard dan BMX area, area dinding mural yang Instagramable, hingga lapangan futsal. Kawasan dengan luas sekitar 1,4 hektar ini menjadi tempat wisata gratis di Jakarta. Kamu bisa dengan bebas menikmati segala fasilitas yang ada di ruang hijau tersebut.

6. Ciputra Artpreneur

Ciputra Artpreneur (Instagram).

Selain Museum Macan, ada satu lagi museum kontemporer yang jadi wisata Jakarta kekinian. Ciputra Artpreneur merupakan satu-satunya pusat seni di Indonesia yang memiliki teater berstandar internasional dengan kapasitas 1.157 kursi, Galeri atau hall multifungsi yang dapat mengakomodir tamu hingga 2.000 orang.

Selain itu, tempat wisata di Jakarta ini juga menampilkan karya Hendra Gunawan yang terbesar di Indonesia.

Selain gedung teater, ada galeri seni yang bisa kamu jelajahi. Berbagai seni instalasi hingga gelaran fashion biasanya turut digelar di sini. Ciputra Artpreneur sebagai pionir penyelenggara Broadway pertama di Indonesia telah menampilkan beberapa pertunjukan musikal Broadway.

Berdirinya Ciputra Artpreneur di tengah pusat ekonomi Jakarta, diharapkan dapat membangkitkan serta mengembangkan industri kreatif Indonesia melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan berbasis seni dan budaya dengan cakupan yang luas dari seni rupa, seni kriya dan desain, arsitektur, seni pertunjukan, serta seni musik.

Nah, gimana nih? apa kamu jadi liburan setelah melihat rekomendasi tempat wisata di Jakarta barusan? Kalau iya, yang mana pilihanmu? Apapun lokasi wisata yang kamu pilih pastikan tetap jangan boros ya. Juga persiapkan anggarannya dari jauh-jauh hari agar tidak memberatkan keuanganmu. Selamat liburan dan menikmati wisata Jakarta! (Editor: Winda Destiana Putri).