Dijamin Tambah Cuan! Berikut 30 Peluang Bisnis yang Menjanjikan

peluang bisnis

Ide dan peluang bisnis bisa datang dari mana saja, apalagi di tengah era digitalisasi seperti sekarang. Dengan memikirkan ide peluang bisnis saat masa pandemi ini akan mudah bagi siapapun untuk mendapatkan penghasilan dan berujung keuntungan. 

Saat ini mulai usaha potong rambut, penitipan anak, jahit baju, membuka olshop hingga les privat bisa dijadikan sumber rejeki untuk meraup keuntungan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, berlomba-lomba banyak orang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 

Gak semua bisnis butuh modal besar, ada beberapa yang membutuhkan di bawah Rp1 juta saja. Punya bisnis juga gak harus memiliki tempat untuk menjalankannya. 

Sekarang, hanya bermodalkan smartphone atau garasi rumah, bisnis punyamu bisa lancar jaya. Banyaknya peluang bisnis, kamu diharuskan jeli melihat mana yang memang sesuai dan mempunyai prospek bagus. Berikut daftar peluang bisnis buat kamu! Oh iya, simak dulu ya hal-hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis.

Pahami hal-hal ini sebelum memulai bisnis

Walaupun peluang terbuka lebar, kamu gak boleh sembarangan dalam menjalankan usaha yang dipilih agar tidak salah melangkah. Sebaiknya perhatikan hal-hal di bawah ini!

Sesuaikan dengan passion

Percayalah kalau menjalankan bisnis sesuai dengan passion, maka kamu tidak akan mudah menyerah. Kenapa bisa? Saat kamu cinta dengan usaha yang dimiliki, apapun rintangan dan tantangan pasti bisa dihadang, jadi lebih fokus dan enjoy. Oh iya, peluang bisnis juga bisa datang dari hobi kamu, lho!

Manfaatkan internet

Internet bakal membantu bisnis kamu berkembang, jadi manfaatkan kesempatan ini. Dengan sistem online, bisnismu akan menjangkau sasaran yang lebih luas. 

Kendalikan persaingan dengan baik

Persaingan dalam dunia bisnis sudah pasti ada. Sebagus apapun produk yang kamu buat, gak menjamin bisa laku di pasaran karena adanya pesaing produk serupa. 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat produk berbeda dengan yang lainnya alias unik. Selain itu, kalau masih rencana, buatlah bisnis yang belum terlalu banyak ditekuni pebisnis lain.

Kalau sudah tahu hal-hal penting di atas, mari kita simak peluang bisnis apa saja yang bisa dilakukan dan mendatangkan cuan.

Peluang usaha bidang jasa

Di bidang jasa, ada beberapa referensi peluang bisnis yang punya prospek bagus. Apa saja?

Kursus online

Di masa pandemi seperti sekarang, pembelajaran secara online tengah naik daun berlomba-lomba orang menyediakan kursus online. Kesempatan ini bisa dijadikan bisnis apalagi kalau kamu memiliki kemampuan di bidang tertentu.

Kursus biasanya mengharuskan kamu menyediakan tempat dan keperluan lainnya. Nah, berbeda dengan kursus online, kamu cukup duduk manis di depan laptop dan manfaatkan aplikasi tatap muka agar penyampaiannya jelas. Cobalah dengan menawarkan ke teman-teman terdekat kamu.

Translator

Punya kemampuan dalam berbahasa asing menjadi nilai plus bagi seseorang. Dalam bisnis, kemampuan tersebut bisa memberikan penghasilan yang nilainya lumayan.

Promosikan dirimu sebagai seorang penerjemah kepada target bisnis kamu lewat sosial media atau portal pencari kerja atau jasa. Sasaran empuk peluang bisnis ini adalah perusahaan internasional dan jangan lupakan para akademisi yang butuh jasa kamu menerjemahkan skripsi, jurnal hingga buka.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Jasa penitipan anak

Menarik sekali kalau kamu manfaatkan peluang bisnis yang satu ini, apalagi bagi kamu yang suka anak-anak. Peluang bisnis ini cocok banget kamu lakukan di kota-kota besar di mana para orangtua sibuk dengan pekerjaan dan gak punya waktu buat mengurus anak mereka.

Rumah kamu bisa lho dijadikan sebagai pusat penitipan anak dengan cara merenovasinya menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak. Jangan lupa sediakan peralatan bermain biar makin lengkap.

Bisnis cuci sepatu

Bisnis ini termasuk yang sedang booming saat ini. Bagaimana tidak, sepatu kini menjadi bagian yang penting dalam penampilan. 

Tarif jasa cuci satu pasang sepatu normalnya berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. Kalau sehari saja ada 3 sepatu, sudah kebayangkan berapa cuan yang masuk?

Jasa perbaikan handphone

Smartphone hampir dimiliki oleh semua orang. Kalau kamu punya keahlian memperbaiki smartphone, gak usah ragu lagi buat buka usaha ini.

Usaha potong rambut

Usaha potong rambut punya peluang yang besar. Bahkan, usaha ini bisa kamu buka di halaman rumah, lho.

Gak punya kemampuan memotong rambut? Kamu bisa lho kumpulkan orang-orang yang memang mahir dan menggajinya dari pemasukan. 

Bisnis laundry

Gak semua orang punya waktu buat mencuci bajunya sendiri. Dari sinilah peluang bisnis laundry punya prospek yang cemerlang. Di kota-kota besar, bisnis ini sudah berkembang pesat.

Mau jadi bagian dari pesatnya bisnis laundry? Inilah saatnya kamu buka usaha laundry. Biar makin menjanjikan, kamu bisa membukanya di sekitar perkantoran dan kampus.

Jasa pembuatan website

Gak ada salahnya kamu tekuni peluang bisnis yang satu ini kalau kamu seorang web developer. Bisnisnya nanti bisa kamu lakukan di rumah tanpa menyewa tempat. Selain itu, cobalah untuk berkolaborasi dengan penyedia jasa pembuatan website lainnya.

Dropshipper

Dropshipper bisa dilakukan di rumah. Kamu hanya perlu punya kemampuan menjual yang mumpuni. Sekarang banyak sekali olshop yang membuka kesempatan buat kamu jadi dropshipper bisnis mereka.

Penulis

Kegemaran menulis kalau dimanfaatkan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah caranya dengan menjadi penulis online. Sekarang banyak portal yang membuka dan mencari jasa tulisan. 

Peluang ini bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan freelance dan fulltime. Selain itu, peluang bisnis menjadi penulis termasuk yang gampang ditekuni apalagi bisa dikerjakan di aman saja dan tanpa modal.

Jasa penitipan hewan

Kabar baik untuk kamu yang suka banget sama binatang. Jasa penitipan hewan punya peluang yang lebar dijadikan sebagai bisnis. 

Sama halnya dengan jasa penitipan anak, kamu perlu tempat dan merenovasinya di samping melengkapinya dengan membeli beberapa perlengkapan untuk mengurus hewan titipan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Petshop

Usaha ini sebenarnya masih punya hubungan dengan jasa penitipan hewan, hanya saja petshop ini lebih ke arah perawatannya.

Mulailah dengan menjual makanan dan aksesoris, kemudian kalau dirasa sudah cukup, kamu bisa membuka jasa grooming.

Wedding organizer

Wedding organizer pasti dibutuhkan untuk mengatur acaranya. Para calon pengantin butuh banget jasa wedding organizer biar momen spesialnya bisa berkesan. Kalau dilihat dari kacamata bisnis, tentu saja ini adalah peluang yang bagus.

Sebenarnya konsep bisnis ini udah ada di mana-mana, tapi tenang saja kamu gak perlu takut. Gunakan konsep yang unik sebagai identitas wedding organizer kepunyaanmu.

Peluang bisnis makanan dan minuman

Makanan adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Setiap hari orang memerlukan makanan. Atas dasar itulah, makanan dan minuman punya peluang bisnis yang luar biasa besar.

Usaha makanan ringan

Bisnis makanan memang gak ada matinya. Bisnis ini sudah sangat banyak dan menjamur di mana saja, pun dengan makanan ringan. Kenapa bisa demikian? Ini adalah tanda kalau masyarakat masih punya antusias untuk membeli makanan.

Karena sudah banyak, tugas kamu adalah membuatnya berbeda dari bisnis makanan ringan kebanyakan.

Usaha refill air minum

Sekarang banyak orang bergantung pada air minum isi ulang dikarenakan tempat mereka yang tidak punya sumber air dan minim air bersih. Nah, jadilah solusi dari permasalahan tersebut dengan membuka usaha isi ulang minuman.

Usaha food truck

Usaha jenis ini belum terlalu populer di Indonesia. Kalau di luar negeri, usaha food truck sudah menjamur, awalnya dijadikan sebagai tempat menjual es krim.

Tunggu apalagi, peluang bisnis ini bisa jadi usaha andalan kamu. Makanan dan minuman yang dijual biasanya sosis, takoyaki bahkan jus. Ya bener banget, semua itu masih seputar makanan dan minuman cepat saji.

Usaha food truck bisa jadi pilihan kalau kamu ogah buka ruko dan sewa tempat. Kamu bisa modifikasi kendaraan menjadi food truck. Biar makin berkembang cobalah bergabung dengan AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia).

Usaha katering

Melalui bisnis ini, kamu bisa jadi solusi untuk para pekerja kantoran yang ingin makan dengan menu yang beragam dan mudah didapat.

Bisnis minuman sehat

Budaya mengkonsumsi minuman sehat lagi gencar-gencarnya dilakukan orang-orang. Mulai jamu hingga infuse water sedang jadi tren bisnis minuman ini. 

Apa salahnya kamu mencoba, apalagi kalau kamu punya resep keluarga yang menurutmu bakal laku di pasaran.

Usaha penyewaan

Menyediakan usaha penyewaan juga bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha lho. Zaman sekarang konsumen atau masyarakat terkadang melirik nih untuk menyewa barang yang harganya sangat mahal untuk dibeli secara tunai. Tak heran banyak butik-butik atau jenis usaha yang menyediakan penyewaan mulai dari pakaian bermerek, sepatu hingga tas mahal. 

Usaha sewa pakaian

Musim karnaval dan hari-hari besar menjadi momen di mana usaha ini bakal laris manis. Gak cuma di hari-hari tertentu, hari-hari biasa pun bisa terus ramai. Strategi promosi adalah kuncinya.

Supaya makin beragam, sediakan berbagai macam pakaian atau kostum dengan berbagai jenis dan model. Jadi, penyewa bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya.

Usaha sewa perlengkapan mendaki

Semakin banyak orang yang mendaki gunung, semakin lebar pula peluang bisnis penyewaan mendaki gunung. Karena perlengkapan mendaki sangat beragam, kamu bisa menentukan perlengkapan mana yang disewakan apakah hanya satu jenis saja atau bahkan semuanya dengan paket lengkap.

Usaha sewa perlengkapan bayi

Masa pakai perlengkapan bayi terbilang singkat seiring dengan perkembangannya. Maka dari itu, sebagian orang memilih untuk menyewanya. 

Gak langsung harus menyediakan perlengkapan bayi yang lengkap, kamu cukup memulainya dengan beberapa perlengkapan dulu seperti stroller atau car seat.

Peluang bisnis lainnya

Selain peluang bisnis di atas, masih banyak lho rekomendasinya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut pilihan bisnis atau usaha yang bisa kamu jalankan dengan santai. 

Bisnis tur wisata

Geliat bisnis wisata memang gak ada matinya ya meskipun saat ini masih dalam masa pandemi. Kesempatan mengundang kamu untuk bergerak menggeluti bisnis tur wisata. 

Untung banget buat kamu karena pemerintah sekarang lagi gencar-gencarnya menggenjot sektor pariwisata di Indonesia.

Membuka toko online

Apakah kamu sering berbelanja online? Apakah pernah terbersit di pikiran untuk memulai bisnis online? Peluang bisnis ini sekarang adalah yang paling besar. Produk yang kamu jual nantinya bisa beragam dengan modal yang gak terlalu besar.

Budidaya ikan hias

Untuk mengembangkan peluang usaha ini, kamu perlu ketelitian dan ketekunan. Di samping itu, kamu wajib tau jenis ikan yang akan dibudidayakan. Sebab, jenis ikan akan mempengaruhi perawatan mana yang harus dilakukan.

Budidaya ikan gurame 

Sebagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi, budidaya ikan gurame punya potensi yang besar sebagai mata pencaharian dibandingkan dengan jenis ikan tawar lain. Modal awalnya dimulai dari Rp940 ribu saja.

Jual beli barang antik

Siapa bilang barang antik sudah kehilangan pasar. Masih banyak lho orang-orang yang butuh barang antik untuk sekadar koleksi atau memang dipakai kegunaan secara utuh.

Modalnya gak terlalu besar, kok. Kamu bisa memulainya dengan menjual barang yang tidak terlalu mahal. Kemudian, kamu bisa menambahnya kalau sudah berkembang pesat dengan berbagai jenis ukuran dan harga.

Usaha warung kelontong

Usaha ini termasuk yang menjanjikan karena pada dasarnya barang-barang yang dijual sangat beragam dan memang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bisnis thrift shop

Termasuk usaha yang lagi naik daun, bisnis thrift shop punya banyak peminat yang ternyata gak cuma dari mereka yang sudah tua, tetapi juga mereka kawula muda.

Cobalah dengan mulai menjual baju dan sepatu bekas yang masih punya nilai jual tinggi. Jangan lupa beri harga yang rasional dan ramah di kantong.

Berjualan Ebook

Peran buku kini mulai digantikan dengan adanya Ebook. Peluang bisnis tersebut patut dicoba. Caranya seperti apa? Mulailah dengan merangkum buku-buku tertentu lagi ubahlah formatnya menjadi PDF. pasar dari berjualan Ebook ini terbilang luas bukan hanya anak sekolahan atau mahasiswa saja.

Rias pengantin

Buat kamu yang hobi make up, buka usaha rias pengantin terbilang menjanjikan, lho. Untuk memulainya, kamu butuh modal kisaran 10-20 juta rupiah, tergantung besar kecilnya bisnis.  Modal tersebut digunakan untuk membeli alat makeup, busana pendukung, dan biaya promosi awal.

Peluang bisnis memang banyak jenisnya terlebih lagi dengan untung yang ditawarkan. Untuk memulai bisnis baru, kamu bisa memulainya dengan menekuni hal yang menjadi passion kamu. Terkait modal, cobalah geluti usaha yang memang hanya butuh modal kecil, kemudian kalau memang sudah berkembang kamu bisa ekspansi usaha dengan membuka yang baru.

Jangan lupa untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti sekarang dan lihat potensi peluang bisnis incaranmu lebih dalam lagi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →