Dijamin Untung dan Mudah Jualan, Ini 8 Ide Bisnis Kecil-kecilan di Desa

ide bisnis kecil-kecilan

Hidup di desa bukan berarti orang tidak dapat menghasilkan uang dengan mendirikan atau membuat sebuah bisnis. Ide bisnis kecil-kecilan di perkampungan tidaklah sulit membuatnya dan menjalaninya. Pasalnya dengan menjual barang dagangan harganya relatif murah, memudahkan untuk mendapatkan pelanggan. 

Ada banyak bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan jika kamu berencana untuk menetap di sebuah desa atau perkampungan. Apalagi saat ini keberadaan internet sudah masuk sampai desa-desa, artinya peluang sukses dari bisnis juga semakin besar.

Ada banyak peluang usaha yang menguntungkan di desa, mulai dari jualan sayur sampai buka konter pulsa. Yuk simak ulasan lengkapnya!

Potensi usaha yang menguntungkan di desa

Ide bisnis kecil-kecilan dapat dijalani buat kebanyak orang yang saat ini hidup di desa. Tanpa perlu merogoh kocek besar untuk modal awal, ide bisnis kecil-kecilan ini lumayan lho untuk menjadi salah satu ladang mata pencaharian di desa. 

1. Jualan sayur

Ada banyak peluang usaha rumahan di desa, salah satunya buka toko sayur di rumah. Kamu tinggal belanja di pasar aja pas subuh dan dijual lagi ke tetangga dengan selisih keuntungan.

Modalnya gak besar kok, apalagi kalau belanjaanmu sedikit. Gak sampai Rp1 juta kamu udah punya bisnis yang jelas pasarnya. Kamu tinggal gelar lesehan aja di lokasi yang strategis, bisa di rumah atau tempat lainnya.

Tapi kamu wajib ingat, kalau emang akses ke pasar dari desamu cukup jauh, mungkin usaha ini menguntungkan. Tapi kalau aksesnya dekat banget, kayaknya kamu bakal kalah pamor deh.

2. Konter pulsa

Selain butuh makan, orang zaman sekarang juga butuh kuota buat bertahan hidup, benar gak? Peluang ini bisa kamu manfaatkan buat buka konter pulsa. 

Apalagi di desa belum banyak orang yang beli pulsa lewat mesin ATM. Modalnya juga gak besar kok, Rp1 juta aja cukup dengan rincian sebagai berikut.

  • Etalase kaca ukuran kecil: Rp200 ribu
  • Kartu perdana 1 pack: Rp200 ribu
  • Deposit pulsa: Rp600 ribu

Kamu gak perlu sewa ruko, buka aja konter pulsa di teras rumahmu. Voila! Sekarang kamu udah punya bisnis sendiri.

3. Warung makan

Gak semua orang sempat masak di rumah, seringkali banyak orang yang memilih beli makan di luar karena sibuk. Nah, kamu bisa buka warung makan yang nyediain nasi dengan lauk pauk yang komplit.

Berapa ya modal buat buka warung makan? Biar gak bingung, ini perkiraan modal awal buat bikin warung makan di desa.

  • Peralatan masak: Rp1,5 juta
  • Peralatan makan: Rp1 juta
  • Meja dan kursi plastik: Rp1 juta
  • Bahan baku masak harian: Rp500 ribu
  • Biaya lain-lain: Rp500 ribu

Totalnya jadi Rp4,5 juta

Selain jualan lauk pauk, kamu buka bisa jual jajanan pasar seperti gemblong, klepon, donat kentang, wajik, dan lain-lain. Dijamin deh warungmu akan diserbu bocah-bocah kecil.

4. Ternak ayam kampung

Ternak ayam kampung bisa jadi alternatif bisnis menguntungkan dengan modal yang terjangkau. Dengan modal yang murah, kamu bisa dapat keuntungan besar karena telur dan daging ayam kampung lebih mahal daripada ayam negeri.

Ini dia rincian modal bisnis ternak ayam kampung.

  • Kandang ayam: Rp2,5 juta
  • Peralatan ternak: Rp2 juta
  • Anak ayam: Rp7 ribu x 100 ekor: Rp700 ribu
  • Pakan dan minum ayam: Rp3 juta
  • Obat dan vitamin: Rp2 juta

Total: Rp10.200.000

5. Pangkas rambut

Kalau di desamu belum ada salon yang bagus dan lengkap, kamu bisa buka usaha pangkas rambut. Kaya Atun adiknya Si Doel di film Si Doel Anak Sekolahan itu lho.

Buat buka usaha ini, kamu perlu nyiapin peralatan yang lengkap dan obat-obat perawatan rambut. Ini rinciannya.

  • Mesin cukur 2 buah: Rp700 ribu
  • Sisir rambut 2 buah: Rp20 ribu
  • Gunting potong rambut: Rp100 ribu
  • Gunting sasak: Rp150 ribu
  • Pisau cukur: Rp30 ribu
  • Silet isi ulang 20 kotak: Rp45 ribu
  • Handuk kecil satu set: Rp180 ribu
  • Kap penutup badan dua buah: Rp90 ribu
  • Botol Semprot barbershop: Rp30 ribu
  • Jepit buaya kecil satu pack (isi 10): Rp10 ribu
  • Jepit buaya besar satu pack (isi 10): Rp15 ribu
  • Mangkok sabun / foam dua buah: Rp10 ribu
  • Sikat bulu: Rp25 ribu
  • Kursi pangkas dua buah: Rp2 juta
  • Cermin besar 2 buah: Rp2 juta
  • Cermin kecil: Rp50 ribu

Totalnya jadi  Rp5.455.000. Masih terjangkau, kan?

6. Toko sembako

Toko sembako di desa juga jadi andalan para warga buat belanja. Kenapa gak sekalian buka usaha ini aja? Gak perlu gede-gede, kamu bisa buka di rumah dengan stok barang yang lengkap.

Perhatikan juga penataan barang biar mudah dicari dan kebersihan biar yang belanja senang dan betah. Siapkan juga modal dengan rincian sebagai berikut.

  • Etalase toko: Rp1 juta
  • Timbangan, kalkulator, kotak uang, dan sebagainya: Rp900 ribu
  • Membeli sembako lengkap per bulan: Rp5 juta

Modal awal: Rp6,9 juta

7. Pom bensin mini

Kalau desamu cukup jauh dari pom bensin Pertamina, kamu bisa buka usaha pom bensin mini. Selain menguntungkan, usaha ini juga bakal bermanfaat buat warga desa. Merek ga perlu jauh-jauh pergi buat beli bensin.

Kalau mau lebih aman, kamu bisa beli paket kemitraan pom bensin mini daripada harus berjualan bensin eceran di botol. Karena pom bensin mini pakai booth yang diisi dengan tabung anti pecah.

Kalau tertarik, kamu bisa beli paket franchise dengan Galaxy Pertamini dengan modal mulai Rp9 juta. Dengan modal itu kamu bakal dapat:

  • Booth Ukuran 68 x 68 x 215 cm
  • Drum Kapasitas BBM 210 L (drum)
  • Selang 3,5 meter
  • Alat ukur 1 buah
  • Listrik 30 Watt

8. Bisnis tempat nongkrong sederhana

Desa sekarang gak jauh berbeda dengan kota. Di desa banyak aktivitas ekonomi dan makin ramai. Ada banyak warung, rumah makan, dan booth franchise yang beragam. Gak kalah ramai dengan suasana di kota.

Mata pencaharian masyarakat desa pun bermacam-macam, begitu juga dengan gaya hidup mereka juga berubah. Kumpul-kumpul dengan teman gak cuma bisa dilakukan di pos ronda, masyarakat desa terutama anak mudanya mulai suka nongkrong di warung atau kafe sederhana. 

Nah, peluang usaha unik di desa ini bisa kamu lirik. Kamu bisa mulai dengan membuka angkringan sederhana yang dilengkapi dengan WiFi. Sediakan kopi panas, kopi jahe, teh, dan bermacam-macam minuman hangat maupun dingin, juga camilan ringan. Gencarkan promosi dari mulut ke mulut. Dijamin kafe sederhana milikmu bakal banyak pengunjung.

Dari bisnis kecil kecilan jadi bisnis raksasa

Itu dia delapan bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu coba di desa. Meski awalnya kecil, usaha yang kamu buka di desa berpeluang buat berkembang jadi usaha yang besar dan menguntungkan.

Gak ada yang gak mungkin di dunia bisnis, asal kamu tekun dan mau belajar, keuntungan maksimal bisa kamu dapatkan. Kamu bisa mencontoh Om Bob Sadino yang membangun bisnis Kemchick dari jualan telur ayam.

Pokoknya ingat terus pesan om Bob Sadino untuk mengelola bisnis kecil kecilan ya. usahakan mulai berbisnis di sektor yang kamu kuasai. Setelah itu, jangan lupa buat jeli lihat peluang dan terus berinovasi. Satu lagi, jangan malas dan setengah-setengah menjalani bisnis menguntungkan di desa yang sudah kamu pilih.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →