Rayakan Ultah ke-82, Ini Fakta Paus Franciscus yang Hidupnya Sederhana

Sebagai pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus yang baru aja berulang tahun ke-82 emang sangat dikenal sosoknya yang sederhana. Gimana gak sederhana, Paus Fransiskus menjalankan aktivitasnya seperti oranglain pada umumnya.

Bukan rahasia lagi bahwa pria asal Argentina ini emang sangat berbeda dengan pendahulunya yaitu Paus Benediktus. Paus Fransiskus sendiri pernah bilang kalau dirinya sangat menyukai gaya hidup yang gak neko-neko lho.

Tanpa disadari hal itupun kerap dijadikan inspirasi oleh banyak orang di dunia ini. Mungkin salah satunya adalah kamu. Meskipun dirinya dikenal sebagai orang yang di hormati, Paus mau menjalankan kehidupannya seperti orang lain pada umumnya.

Baca juga: Mau Sukses dan Bahagia? Ini 7 Pesan Bermakna dari Paus Fransiskus

Jauh dari kesan mewah dan bergelimang harta, begitulah kehidupan Paus Fransiskus ini.

Penasaran bagaimana potret sederhana dari Pemimpin Gereja Katolik ini? Mau tahu gimana kehidupan sehari-hari Paus Fransiskus? Yuk, kita lihat bersama-sama seperti di bawah ini:

1. Memilih tinggal di wisma ketimbang di istana

Wisma jadi pilihan bagi Paus Fransiskus tinggal, (amorpost.com).

Para Pemimpin Gereja Katolik semestinya tinggal di Istana Apostolik yang punya fasilitas super lengkap. Ya, istana itu udah seperti istana presiden pada umumnya deh, berhubung Vatikan letaknya di Roma, ya kebayang dong gimana megahnya bangunan itu.

Meski demikian, Paus Fransiskus justru memilih tinggal di wisma Casa Santa Marta yang sebelumnya ia tempati. Hanya aja kamarnya pindah ke kamar yang fasilitasnya sedikit lebih lengkap.

Baca juga: Penjahit Jadi Konglomerat, Ibrahim Risjad Sukses Kuasai Bisnis di Indonesia

Wisma yang satu ini adalah tempat menginap para kardinal dan Uskup dari berbagai penjuru dunia, yang memang sedang mengadakan lawatan ke Vatikan. Bangunan ini terdiri dari lima lantai dan dibangun pada 1996 silam, lebih tepatnya di era kepemimpinan Paus Yohanes Paulus II.

Istana Apostolik justru ia manfaatkan sebagai tempat pertemuan-pertemuan penting.

2. Busananya biasa aja

Gaya pakaian keseharian Paus juga sangat sederhana, (Qz.com).

Oh ya, Paus Fransiskus juga tergolong sederhana dalam hal fashion ketimbang Paus sebelumnya.

Dulu, Paus Benediktus XVI pernah mengenakan selop merah yang kabarnya didesain oleh Prada. Namun setelah ditelusuri, Vatikan pun membantah kabar ini.

Paus Fransiskus sendiri emang terkenal modis, akan tetapi konsepnya lebih santai, kasual, dan minim ornamen. Serta harganya jauh lebih murah ketimbang pendahulunya.

Baca juga: Pernah Jaga Toko! Ini Kisah Jason Momoa, Aquaman Berkekayaan Ratusan Miliar

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Gaya berpakaian dari Ordo Serikat Jesuit ini pun ditiru oleh para uskup dan kardinal di Vatikan. Karena busana ini memang cenderung ringan, sederhana, dan merakyat.

3. Sering naik bus

Paus Fransiskus saat menggunakan bus dalam kehidupan sehari-hari, (Biography.com)

Pada saat terpilih menjadi Paus, pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini emang sempat menolak mobil limosin yang udah disediakan Vatikan buat kendaraan dinasnya. Dia mengatakan bahwa dirinya lebih memilih menggunakan bus buat berangkat kerja setiap hari bersama para kardinal.

Meski sering tertangkap kamera disopiri, sejatinya Paus Fransiskus dulunya emang merupakan seorang pengguna transportasi umum.

Selama di kampung halamannya, dia selalu naik bus atau kereta. Selain itu, dia juga hafal dengan jurusan-jurusan bus dan kendaraan umum di Argentina.

4. Sering masak sendiri

Di tahun 2013 lebih tepatnya saat dirinya baru naik takhta, media kerap memberitakan bahwa Paus Fransiskus sering memasak makanannya sendiri. Menu-menu hidangan yang dia santap tiap hari juga sangatlah sederhana, sebut saja seperti salad, ayam tanpa kulit, dan buah-buahan.

Memasak memang jauh lebih irit ketimbang beli makanan utuh di restoran atau warung makan. Akan tetapi, cukup melelahkan juga karena kita harus belanja bahan pangan.

Sempat juga diberitakan bahwa Paus gak pernah makan di restoran. Namun kebiasaan itu dia lakukan semenjak belum jadi Paus lho.

Apakah kebiasaan itu berlanjut hingga sekarang? Nampaknya sih gak ya karena udah pasti Paus Fransiskus luar biasa sibuk.

Seperti itulah potret keserhanaan seorang Pemimpin Gereja Katolik saat ini. Tentunya sangat inspiratif ya dan memang patut ditiru. Kira-kira kalau ada presiden seperti ini mungkin rakyat bakal terinspirasi hidup sederhana juga ya.

Menerapkan hidup sederhana dalam keseharian emang sangat penting banget lho. Hal-hal yang berbau duniawi tentunya bakal jauh sekali apalagi sampai mesti terlihat mewah dan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan emang gak baik buat kita semua. 

Apalagi pengin terlihat mewah tapi kemampuan buat memenuhinya gak ada. Yang ada kamu berutang sana-sini dan tagihan makin membengkak. Hal seperti ini emang bakal banyak merugikan sih buat diri kamu. (Editor: Mahardian Prawira).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →