Gal Gadot Sampai Tessy! 6 Seleb Ini Dulunya Pernah Jadi Tentara

dinas militer

Cukup banyak selebriti top di dunia maupun Tanah Air yang dulunya sempat menjalani dinas militer. Namun, setelah pindah ke dunia hiburan, gak semua dari mereka yang pernah menjalani dinas militer bisa punya karier mulus.

Ada beberapa alasan yang akhirnya membuat mereka yang menjalani dinas militer mundur dari jabatannya di dunia militer.

Beralih profesi ke dunia hiburan juga terbilang penuh dengan tantangan. Pasalnya, pendidikan mereka pun gak ada sangkut pautnya dengan film, musik, atau yang lain.

Ingin tahu siapa saja selebriti dunia dan Indonesia yang sempat menjalani dinas militer? Yuk, cari tahu di bawah sini:

1. Chuck Norris

dinas militer
Chuck Norris (Instagram/@chucknorris)

Generasi 1990-an mah pasti kenal pria satu ini. Dia adalah aktor film laga yang sangat terkenal di Amerika Serikat. 

Ilmu beladirinya memang patut diacungi jempol. Pasalnya, dia merupakan penyandang sabuk hitam Tang Soo Do. Gak heran kalau ternyata Norris pernah menjalani dinas militer saat berusia 18 tahun.

Chuck Norris merupakan mantan personel Angkatan Udara Amerika Serikat yang berdinas di Korea Selatan. Karena keasyikannya mengajar beladiri, karier militernya pun gak dihentikan pada tahun 1962. 

Namun, akhirnya dia malah berubah pikiran dan terjun ke layar lebar. 

Baca juga: 20 Negara dengan Militer Terkuat, Berapa Anggarannya?

2. Morgan Freeman

dinas militer
Morgan Freeman (Instagram/@morganfreeman)

Ternyata aktor berkulit hitam ini pernah berdinas di Angkatan Udara pada tahun 1955. Lebih tepatnya, saat dia masih berusia 18 tahun. 

Namun, ketika masuk ke Airman First Class, dia malah mengubah haluan dalam karier. Dia memilih dunia hiburan, dan sekarang menjadi salah satu aktor tersukses dalam sejarah perfilman Hollywood.

Gak sedikit penghargaan yang akhirnya disabet olehnya. 

3. Gal Gadot

dinas militer
Gal Gadot (Instagram/@gal_gadot)

Sang Wonder Woman ini ternyata gak cuma perkasa di dunia film. Di dunia nyata, dia juga memiliki keberanian dan kekuatan yang nyata!

Bukan rahasia lagi, setelah terpilih menjadi Miss Israel, Gal Gadot menjalani dinas militernya selama dua tahun. Dia pun sempat ditunjuk sebagai instruktur Pasukan Israel. 

Dia menjalani dinas militer itu karena ada program wajib militer di Israel. Dia pun blak-blakan mengungkapkan, pendidikan militer telah membuatnya lebih disiplin, dan menghormati orang lain.

4. Almarhum Amoroso Katamsi

dinas militer
Almarhum Amoroso Katamsi

Ayah musisi Doddy Katamsi ini pernah berdinas di TNI Angkatan Laut hingga menjadi Jendral Bintang Satu! Wow, keren banget Om!

Nama Amoroso Katamsi mulai dikenal publik karena film Penumpasan Pengkhianatan G-30 S/PKI pada 1982. Selain itu, ada pula film lain bertema militer yang diperankannya tahun 1990-an.

Sejak itu, Amoroso mulai sering terlihat membintangi banyak film di Tanah Air. Salah satunya, “Tukang Bubur Naik Haji”.

Amoroso meninggal dunia di tahun 2018, di RSAL Dr. Mintohardjo. 

5. Almarhum Krisbiantoro

dinas militer
Almarhum Krisbiantoro

Pria ini lebih sering terlihat sebagai MC atau penyanyi. Siapa sangka, almarhum Krisbiantoro  juga pernah main film di tahun 1970 dan 1990-an.

Usut punya usut, pria kelahiran 1938 ini merupakah veteran perang kemerdekaan RI. Bahkan, dia terlibat dalam Operasi Trikora.

Krisbiantoro tutup usia pada tahun 2013 di usia 75 tahun. Lebih tepatnya, tanggal 13 Agustus.

6. Tessy (Kabul)

dinas militer
Tessy (Kabul)

Nah, kalau yang ini penuh kontroversi. Di satu sisi, dia memang merupakan salah satu pelawak sukses, namun di sisi lain dia terjerat kasus narkoba.

Pria ini bernama Kabul Basuki. Namun, karena sering berperan sebagai perempuan. Dia memakai nama panggung Tessy.

Di balik gayanya yang sering mengocok perut, Kabul alias Tessy merupakan mantan KKO (sekarang Korps Marinir) TNI Angkatan Laut. Dia juga sempat bergabung di Operasi Trikora Pembebasan Irian Barat tahun 1961.

Itulah beberapa seleb terkenal yang dulu pernah dinas militer. Mereka gak takut untuk membuat keputusan berisiko dalam kariernya, demi masa depan.

Namun, keputusan itu justru berbuah manis meski harus melewati perjuangan yang gak mudah. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →