Mau Liburan Hemat ke Luar Negeri? Ini 6 Tips dari Dion Wiyoko

Dion Wiyoko dan Fiona Anthony (IG Dionwiyoko)

Dion Wiyoko dan Fiona Anthony (IG Dionwiyoko)

Traveling alias jalan-jalan jadi hobi Dion Wiyoko dan sang istri, Fiona Anthony.

Pasangan seleb yang kenal satu sama lain lewat jejaring sosial Twitter ini mengaku bahwa mereka punya selera yang berbeda-beda dalam traveling. Dion lebih suka buat mencari destinasi wisata yang kaya kebudayaan negara setempat, sementara sang istri lebih suka wisata mainstream di kota-kota besar.

Meski tajir, pasangan ini gak lantas cuek dalam hal bujeting lho. Dion bahkan bilang bahwa kadang Eropa bisa lebih murah ketimbang Singapura.

Pengin tahu gimana cara traveling hemat ke luar negeri ala Dion Wiyoko? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Cari pasangan yang jago bujeting

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dion Wiyoko (@dionwiyoko) on

Dalam satu diskusi yang diselenggarakan Bank Permata, Dion Wiyoko mengatakan bahwa kalau pengin traveling murah, ya cari aja pasangan yang jago bujeting.

Dion mengatakan hal itu dengan bercanda, tapi ada benarnya juga kan?

Dion emang gak pernah lupa bujeting sebelum jalan-jalan, namun Dion terkadang sering impulsif dalam hal pengeluaran. Metode bujeting ini terbukti lebih efektif buat menjaga pengeluaran saat liburan.

Fiona udah mempertimbangkan anggaran sampai detail sebelum berangkat ke luar negeri. Seandainya toh pengeluaran di sana lebih besar, pastinya masih tetap terkontrol.

Sejatinya bukan cuma dalam urusan traveling, memilih pasangan yang jago bujeting juga berguna buat segala hal.

2. Beli tiket pesawat di travel fair

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dion Wiyoko (@dionwiyoko) on

Traveling ke luar negeri emang baiknya direncanakan jauh-jauh hari, alias gak dadakan. Dan buat beli tiket, ada baiknya dilakukan di travel fair.

Kenapa gitu? Jelas aja, kalau lagi travel fair, maskapai bisa dibilang pasti memberikan diskon-diskon khusus. Selain diskon, cashback-nya juga lumayan besar.

Gak percaya? Coba bandingkan aja jika beli tiket secara online.

3. Setelah pesawat, segera pikirkan akomodasi

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dion Wiyoko (@dionwiyoko) on

Setelah tiketnya terbeli, jangan lupa juga buat pesan hotel dan melakukan bujeting buat akomodasi di sana. Kadang, hotel juga banyak yang didiskon di travel fair.

Mem-booking hotel dari jauh-jauh hari juga bisa bikin kamu lebih hemat lho. Pasalnya, pengeluaran itu seengaknya udah kamu pikirkan dari awal.

Ketika di udah berada di negara tujuan, kamu cuma perlu memikirkan hal-hal seperti makan, jalan-jalan, dan sebagainya.

4. Buat blog

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dion Wiyoko (@dionwiyoko) on

Apa gunanya bikin blog bagi Dion Wiyoko dan Fiona Anthony? Tentu aja, blog itu bisa jadi sumber duit. Kamu bisa main ke blog mereka yang bernama Bakepack.

Bukan rahasia lagi ketika blog milikmu ramai, maka gak sedikit brand-brand yang mulai menawarkan kerja sama. Dalam kasus Dion dan Fiona, lewat blog itu mereka suka dikasih diskon khusus ketika pengin ke suatu tempat.

Jadi, mulai dari sekarang, bikin blog dan belajar nulis deh. Siapa tahu dalam waktu singkat blog kamu bisa laris dan dilirik.

5. Jangan bawa cash kebanyakan, dan pakai kartu kredit

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dion Wiyoko (@dionwiyoko) on

Bawa uang tunai dalam jumlah besar ke negara lain tentu riskan. Kamu tentu gak benar-benar tahu seberapa aman negara yang bakal kamu singgahi sesaat itu.

Makanya Dion Wiyoko menganjurkan yang mau jalan-jalan buat menggunakan kartu kredit aja. Tapi, kartu kreditnya adalah kartu kredit travel, bukan yang lain.

Dengan kartu kredit travel, kamu bakal jadi nasabah prioritas bank terkait. Otomatis, fasilitas seperti executive lounge bisa kamu nikmati di bandara. Belum lagi, kartu kredit travel juga memudahkan transaksi ketika belanja di luar negeri.

Jika ada fasilitas cicilan nol persen, maka kamu bisa lebih hemat bukan? Terutama ketika beli oleh-oleh.

6. Jalan-jalan ke Eropa bisa lebih murah dari Singapura kalau?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dion Wiyoko (@dionwiyoko) on

Poin terakhir ini emang agak mengejutkan. Tapi sejatinya hal itu emang bisa jadi kenyataan.

Baik Fiona maupun Dion mengakui bahwa destinasi wisata ke luar negeri termahal orang Indonesia bisa jadi di Singapura. Mengapa demikian?

Karena dengan lokasi dekat dan tiket murah, bisa aja hasrat belanja juga meningkat. Lain halnya ketika berada di Eropa yang tiketnya aja udah mahal. Tentu kamu bakal memprioritaskan jalan-jalan ke obyek wisata dan foto-foto ketimbang belanja.

Itulah enam rahasia Dion Wiyoko dan Fiona Anthony buat bisa traveling dengan hemat. Dari enam poin ini, kira-kira yang paling susah itu poin pertama. Ketika yang pertama udah terpenuhi, gak perlu khawatir lagi deh poin-poin lanjutannya.

Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis