Disulap Kayak di Luar Negeri, 4 Titik Jakarta Ini Bakal Ganti Wajah

luar negeri

luar negeri

Ke luar negeri untuk liburan dan mengunjungi destinasi wisata tertentu yang populer adalah impian banyak orang. Tapi gak semuanya bisa mewujudkan impian itu dengan gampang.

Soal dana kerap menjadi perkara utama. Jelas, ongkos ke luar negeri gak semurah ke Garut atau Banyuwangi.

Buat kita-kita yang masih harus menunda mimpi jalan-jalan ke negara lain, tenang. Sembari mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk pergi ke London atau New York, bisa mencicipi sejumlah titik di Jakarta yang bakal disulap kayak di negara lain.

Memang, saat ini hal tersebut masih berupa rencana. Namun gak ada salahnya kita berharap destinasi wisata itu jadi kenyataan agar bisa dikunjungi tanpa keluar duit banyak.

Mana saja titik di Jakarta yang bakal disulap kayak di negara lain? Berikut ini daftarnya:

1. Pasar Tanah Abang

luar negeri
Kalau melihat kondisi sekarang, kayaknya jauh banget dari rupa Grand Bazaar yang tertib (kaskus)

Pasar grosir yang disebut terbesar di Asia Tenggara ini digadang-gadang bakal menjadi kembarannya Grand Bazaar di Istanbul, Turki.

Grand Bazaar merupakan pasar besar yang populer dikunjungi wisatawan mancanegara. Di sini, turis bisa berbelanja, nongkrong, sekaligus berwisata kuliner khas Turki.

Mungkin memang berbeda dengan Tanah Abang saat ini. Tapi tunggu saja, siapa tahu Pasar Tanah Abang bisa bersalin rupa menjadi lebih tertata. Yang pasti, harus ditata betul karena Tanah Abang benar-benar ruwet. Terlebih karena banyaknya pedagang di trotoar dan angkot ngetem.

[Baca: Bujet Pas-Pasan Bukan Berarti Gak Bisa Liburan. Coba 4 Destinasi Ini]

2. Trotoar di jalan protokol

luar negeri
Penataan trotoar butuh keterlibatan warga juga, gak bisa cuma pemerintah (forumhalodunia.com)

Union Square di New York pernah disebut jadi acuan penataan trotoar di Jakarta. Tapi Wakil Gubernur Sandiaga Uno belum jelas mengatakan trotoar di mana spesifiknya.

Gak mungkin dong semua trotoar dijadikan mirip Union Square. Selain butuh banyak biaya, ruang buat kendaraan bakal tergerus. Bisa-bisa didemo tujuh hari tujuh malam oleh pembela kendaraan pribadi nanti.

Adapun Gubernur Anies Baswedan pernah bilang mau trotoar di Jl Sudirman sampai Jl M.H. Thamrin kayak Walk of Fame yang berada di Hollywood. Union Square dan Walk of Fame jelas beda. Tapi keduanya adalah destinasi wisata yang menarik. Tinggal kita lihat nanti mana yang terealisasi.

[Baca: Liburan ke Mana yang Murah? Ke 5 Kota Ini Ongkosnya Cuma 100 Ribu!]

3. Monas

luar negeri
Mengizinkan rumput diinjak berarti siap menyediakan tenaga perawat plus teknologi perawatan yang mumpuni, kayak di Central Park dan Hyde Park (cowok.co)

Monas alias Monumen Nasional bakal dijadikan kayak Central Park di New York atau Hyde Park di London. Dua-duanya adalah taman tempat bersosialisasi dan berkegiatan lain yang luas dan rindang.

Kalau benar terwujud, baguslah. Kita gak perlu jauh-jauh melintasi samudra ke Inggris ataupun Amerika Serikat. Taman itu bisa dijadikan tempat bermain anak dan berolahraga.

Sepertinya sekarang sudah dimulai tuh penataannya. Rumput Monas boleh diinjak, meski belum didesain layaknya rumput di Central Park atau Hyde Park yang butuh perawatan ekstra.

4. Danau Sunter

luar negeri
Bila benar jadi mirip Danau Jenewa, harus dipastikan jalur ke sana gak banjir ya (majalahnkri24.com)

Danau Sunter akan dipermak jadi mirip Danau Jenewa, Swiss. Tapi ini sejatinya adalah tantangan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ke pemerintah DKI.

Meski demikian, tantangan ini dijawab oleh Wakil Gubernur Sandiaga. Hanya, Sandi berharap ada uluran tangan dari pemerintah pusat dalam soal pengubahan rupa Danau Sunter ini.

Mudah-mudahan kerja sama pemerintah DKI dan pemerintah pusat benar terwujud ya. Kapan lagi bisa menikmati danau yang super-bersih dan nyaman di Jakarta yang semrawut ini?

Setidaknya empat lokasi di Jakarta itu akan dipercantik dan ditata agar mirip dengan acuannya di luar negeri. Bila tinggal di Jabodetabek, ongkos ke sana paling Rp 10 ribu.

Tentu saja suasana yang dirasakan bakal berbeda dengan yang asli di luar negeri. Tapi tak apalah, buat icip-icip sebelum bisa mewujudkan mimpi ke sana.

[Baca: Mau Pelesiran Lokal Rasa Internasional? Coba 6 Destinasi Ini]

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis