Dulu, Elon Musk adalah Orang yang Cari Duit dengan 5 Cara Ini Lho

elon musk adalah

Rasanya semua orang udah tahu kalau Elon Musk adalah seorang milyuner yang sekaligus founder dari Tesla. Gak jarang juga media-media menyamakan pria inovatif ini dengan tokoh Marvel Ironman alias Tony Stark.

Tapi tahu gak sih, kalau dulu Musk pernah mendapatkan uang dengan cara yang unik dan mungkin gak bakal kepikiran sama kamu.

Muda, jenius, kaya raya, dan flamboyan, empat hal itulah yang menggambarkan pria asal Afrika Selatan ini. Jeniusnya pun luar biasa gila lho, wong dia pernah ngomong kalau dia berambisi membawa manusia ke planet Mars.

Kejeniusan Elon Musk pun sudah dibuktikan saat dia masih remaja. Terutama saat dia berhasil mendapatkan uang dari cara yang out-of-the-box.

[Baca: Mau Tahu Cara Dapat Uang Tanpa Kerja? Ini 5 Rekomendasinya]

elon musk adalah
Keren, tajir, dan flamboyan. Musk benar-benar ngingetin kita dengan sosok Tony Stark (ted)

Bisa jadi Elon Musk adalah satu-satunya orang yang bisa melakukannya pada masa itu. Mungkin kamu pun bisa meniru caranya mencari duit.

So, penasaran sama gimana caranya si Elon Musk dapat duit sebelum jadi milyuner? Ini dia ulasannya.

1. Bikin game saat masih 12 tahun!

Di usianya yang masih 12 tahun, Elon Musk sudah bisa bikin game lho. Game yang dirancangnya bernama Blastar, dan Musk mendapat keuntungan US$ 500 dari game tersebut.

Coba deh dipikir, bocah 12 tahun sudah bisa bikin game. Usut punya usut, Elon Musk sudah belajar programming saat usianya masih sembilan tahun. Keren kan? Kalau kita saat masih 12 tahun mungkin hobinya main game kali ya, boro-boro bisa bikin game.

2. Nyulap kontrakan jadi tempat pesta

elon musk adalah
Dari dulu dia memang hobi utak-atik komputer (ecelebirtyfacts)

Saat Elon Musk melanjutkan studi di Universitas Pennsylvania tahun 1992, dia bisa mendapatkan uang lewat pesta. Seriusan lho, tapi bukan berarti Musk jadi DJ ya.

Jadi ceritanya, Musk dan temannya pindah ke sebuah kontrakan dekat kampus, kontrakan itu sendiri punya 10 kamar tidur. Saat itu harga sewanya murah banget, makanya pas weekend Musk menyewakan kontrakannya ke orang lain buat party-party.

Musk sampai beli kantong sampah berwarna hitam yang ukurannya besar buat nutupin jendela. Sekaligus dia harus tetap sadar semalam suntuk agar bisa melakukan supervisi terhadap jalannya pesta tersebut. Hebat deh, kreatif banget cara cari duitnya.

Patut diketahui lho, Musk melakukan itu untuk bayar biaya kuliah juga. Jadi selain kreatif, Elon Musk adalah figur yang mandiri lho.

[Baca: Ini Alasan Kenapa Orang yang Mandiri Bisa Lebih Cepat Sukses]

3. Jualan komputer dan jadi tukang servis

Karena dari kecil sudah familiar banget sama komputer, ya oprek-oprek komputer bukan hal yang sulit bagi Musk. Saat Musk menjalankan studi di Universtias Queens, Ontario, dia pun membuka usaha sampingan jualan komputer beserta sparepart-nya.

Selain jualan, dia juga sering membantu teman-teman sekampusnya yang komputernya kena virus. Ternyata Musk juga baik juga ya orangnya.

4. Bikin startup tahun 1992

elon musk adalah
Begini evolusi bang Elon Musk dari tahun ke tahun (Blak-it)

Di tahun itu, Elon Musk adalah salah satu orang yang udah tahu kalau Internet bakal menjadi suatu hal yang menjanjikan di masa depan. Makanya, dia batal masuk program Ph.D di Universitas Stanford untuk membangun startup bernama Zip2 bareng saudaranya.

Zip2 adalah sebuah layanan yang menyediakan peta dan surat kabar online. Mereka mendirikan startup ini dengan modal awal US$ 28 ribu dari ayahnya.

[Baca: Susah Cari Modal? Begini Nih Caranya Mencari Modal Bikin Startup]

Empat tahun kemudian, Zip2 pun berhasil dijual dengan nilai US$ 302 juta! Itulah yang membuat Musk langsung jadi milyuner. Keuntungan dari penjualan Zip2 dia investasikan ke startup fintech X.com yang akhirnya melakukan merger dengan rivalnya, Confinity. Akhirnya perusahaan itu pun berubah nama jadi PayPal.

5. Pernah kerja kasar juga

elon musk adalah
Ini fotonya pas masih remaja (site builder)

Hampir aja kelupaan nih, ternyata Elon Musk remaja pernah kerja kasar juga lho. Tepatnya pada 1988 silam saat dia meninggalkan Afrika Selatan.

Saat itu, Musk kerja di pertanian. Dia merawat tanaman, motong kayu gelondong, sampai membersihkan ruang pemanas. Penghasilannya saat itu sebesar US$ 18 per hari lho. Gak nyangka kan, orang yang dulunya kerja kasar bisa jadi milyuner.

Setelah tahu lima cara Elon Musk dapat duit sebelum jadi milyuner, gimana pendapatmu guys?

Oh ya kamu juga harus tahu, sebelum menjadi orang tajir dan flamboyan, ternyata Elon Musk adalah orang yang sering di-bully saat masih kecil. Selain dipukulin, dia juga pernah dijatuhkan dari lantai dua.

Penyebabnya adalah karena dia dianggap bocah yang culun waktu kecil. Doyannya cuma baca buku doang. Tapi sekarang malu deh tuh yang dulunya udah nge-bully Musk. Musk sudah jadi orang beken di seantero bumi.

Pelajaran yang bisa kita tarik dari kisah hidup Elon Musk adalah semua orang tentu bisa memanfaatkan keahlian untuk cari uang. Sejak kecil, Musk sudah tahu sama keahliannya, so dia manfaatkan deh tuh semaksimal mungkin.  

Ngomong-ngomong, kalau kamu keahliannya apa nih? Bisa dong dimanfaatkan untuk dapat penghasilan selain dari kantor.