Semakin Kompetitif! Ingin Sukses di Dunia Kerja dan Karier? Perhatikan Hal Ini

begini suasana kerja di kantor yang kekinian

Sukses di dunia kerja atau perjalanan karier tentu menjadi keinginan kebanyakan orang apalagi yang baru saja lulus dari bangku kuliah. Akan tetapi dalam mencapai titik tersebut tentu diperlukan jerih payah yang tidak mudah, selain memerlukan tekad dan daya juang tinggi, kemampuan dan keahlian juga menjadi nilai tambah guna meraih hasil yang maksimal. 

Dunia kerja adalah kesiapan bagi banyak orang yang baru saja lulus kuliah dan akan menghadapi babak kehidupan baru. Babak kehidupan baru yang dimaksud adalah meniti karier di perusahaan dengan menemukan persaingan demi menduduki posisi.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkapkan, ada beberapa kunci sukses dalam membangun karier, yakni mulai dari konsistensi dan penguatan jejaring kerja yang merupakan beberapa kunci untuk meraih kesuksesan.

“Ada beberapa hal penting yang menjadi kunci untuk dapat meraih kesuksesan, yaitu konsistensi, doa dan rasa syukur, serta jejaring kerja,” jelas Wamendag.

Lakukan hal-hal ini agar sukses di dunia kerja

Begini sukses di dunia perkantoran
Begini suasana kerja di kantor kekinian, (Shutterstock).

Pertama, kita perlu konsisten. Kita harus melakukan apa yang telah dilakukan secara konsisten dan menyelesaikan hal-hal yang sudah dimulai. Sebab dengan konsistensi ini akan memberikan dampak pada kedisiplinan dalam dunia kerja yang berimbas pada prestasi maupun pencapaian target yang dicanangkan.

Kedua, dengan doa dan rasa syukur. Jangan merasa kecewa jika belum atau tidak mendapatkan yang diinginkan sambil terus berdoa dan mengucapkan syukur.

Faktor kedua ini juga menjadi bagian dalam membangun karier, sebab dengan bersyukur akan memberikan dampak pada penghargaan diri atas apa yang dicapai. Akan tetapi agar tidak terjebak dalam posisi ini sebaiknya tidak berpuas diri, karena tantangan di dunia kerja menuntut akan inovasi yang tiada henti.

Ketiga, perkuat jejaring kerja (networking). Networking akan datang menghampiri kalau kita berprestasi. “Orang yang berprestasi akan mendatangkan perhatian dari orang lain dan itu merupakan langkah awal dalam membangun networking yang akan sangat berguna di masa mendatang,” kata Wamendag.

Faktor lain yang juga bisa membantu kesuksesan, lanjut Wamendag, adalah keberuntungan. Namun, Wamendag menekankan, keberuntungan akan lebih banyak mendatangi individu yang bekerja lebih keras.

Wakil Menteri Milenial

Jerry Sambuaga menyarankan hal ini agar sukses di dunia karier
Jerry dipercaya
oleh Presiden untuk mengurusi perihal perdagangan internasional dan memperbaiki
kinerja dagang Indonesia, (Instagram/@jerry.sambuaga).

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga merupakan satu nama dari 12 wakil menteri yang dilantik Presiden Joko Widodo dari kalangan milenial, Jerry sendiri merupakan politisi dari Partai Golkar berusia 34 tahun.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan, merupakan anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2014-2019 dari Partai Golkar. Pada 2016, kelahiran Jakarta, 2 Juli 1985 tersebut mendapatkan gelar Doktor dari Ilmu Politik dan menjadikannya sebagai Doktor Ilmu Politik termuda dari Universitas Indonesia.

Tak hanya itu, Jerry juga merupakan putera dari mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Pemukiman Indonesia pada era pemerintahan Presiden ke-3 BJ Habibie, Theo L. Sambuaga.

Dengan berbagai latar belakang ilmu pendidikan dan dunia politik, Jerry dipercaya oleh Presiden untuk mengurusi perihal perdagangan internasional dan memperbaiki kinerja dagang Indonesia yang belakangan terus mengalami defisit. Dirinya ditugaskan untuk fokus pada perdagangan dan perjanjian internasional di Kementerian Perdagangan, mendampingi Menteri Agus Suparmanto.

Nah itu dia kiat-kiat agar sukses di dunia kerja dan memiliki jenjang karier yang gemilang. Buat kamu kerja keras boleh saja, asalkan memiliki keseimbangan hidup itu juga perlu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis