e-Nofa Eror? Ini Solusi yang Tepat Khususnya bagi PKP

Membayar pajak kini semakin mudah, Nomor Seri Faktur Pajak atau NSFP dapat dilakukan secara online. Sayangnya, proses permintaan ini sering kali terganggu karena akses e-Nofa malah menampilkan halaman error atau pesan Your Connection Not Secure.

Arti dan Fungsi e-Nofa

e-Nofa adalah Penomoran Faktur Pajak digital. Layanan ini digunakan untuk mengajukan Nomor Seri Faktur Pajak secara online. Situs ini disediakan guna mempermudah Pengusaha Kena Pajak (PKP) mendapatkan NSFP.

Sebelum ada NSFP, pengusaha dapat dengan bebas memberi nomor faktur pajak mereka. Cara ini sering kali mengakibatkan munculnya nomor pajak fiktif. Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka NSFP dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Untuk mempermudah mendapatkan NSFP, dibuatlah aplikasi e-Nofa.

Bagaimana Cara Menggunakan e-Nofa?

Wanita berpikir

Sebelum menggunakan e-Nofa, Pengusaha Kena Pajak wajib memenuhi syarat-syarat berikut ini.

  1. Masuk dalam kriteria Pengusaha Kena Pajak; Kriteria PKP diantaranya ; memiliki pendapatan bruto per tahun Rp 4,8 miliar, sudah melewati proses survey yang dilakukan oleh KPP atau KP2KP, sudah melengkapi dokumen dan syarat pengajuan PKP.
  2. Memiliki akun PKP.
  3. Memiliki kode aktivasi; Yaitu kode aktivasi dari DJP yang diberikan pada PKP pada saat PKP mendaftar. Tanpa kode ini, PKP tidak dapat menjalankan aplikasi e-Nofa.
  4. Memiliki Sertifikat Elektronik; Merupakan sertifikat yang berisi tanda tangan elektronik dan identitas atau status hukum para pihak yang ada dalam penyelenggaraan sertifikat elektronik. Sertifikat elektronik harus selalu diperbaharui setelah 2 tahun.

Jika keempat syarat diatas telah dipenuhi, maka PKP telah dapat menggunakan e-Nofa untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak.

Untuk meminta NSFP melalui e-Nofa, PKP perlu menginstal sertifikat elektronik terlebih dahulu. Caranya seperti dibawah ini.

  1. Masuk ke laman http://efaktur.pajak.go.id/.
  2. Pilih menu “Download Sertifikat Elektronik”.
  3. Klik tombol “OK” pada bagian bawah laman
  4. Sebelum klik tombol “Unduh” perhatikan masa berlaku sertifikat elektronik terlebih dahulu. Jika sertifikat belum masuk masa kedaluwarsa, pilih tombol “Unduh”.
  5. Setelah diunduh, klik dua kali sertifikat elektronik tersebut untuk diinstal. Akan muncul pesan “Welcome to the Certificate Import Wizard”. Pilih tombol “Current User”, kemudian pilih “NEXT” untuk melanjutkan.
  6. Klik tombol “NEXT” lagi saat laman pertanyaan letak file muncul (biasanya tertulis “Specify the file you want to import”).
  7. Masukkan passphrase pada kolom password, kemudian “NEXT”.
  8. Pilih “Automatically select certificate based on the type of certificate” dan pilih “NEXT” lagi.
  9. Pilih “Finish” untuk menyelesaikan instal sertifikat.

Jika sertifikat telah terinstal, maka akan muncul pemberitahuan pada halaman e-Nofa bahwa instalasi sertifikat elektronik telah sukses.

Pada menu di sebelah kiri laman juga akan muncul menu “Permintaan NSFP” yang sebelumnya tidak ada. Selain itu juga akan menu “Reset Aplikasi Client” jika nanti mengalami masalah dengan e-Nofa.

Kendala Dialami saat Menggunakan e-Nofa (e-Nofa Error)

Meskipun sertifikat elektronik telah berhasil diinstal, namun kadang terkadang e-Nofa tidak dapat digunakan. Beberapa masalah permintaan NSFP, antara lain:

  1. Sertifikat elektronik dianggap kedaluwarsa, biasanya ditunjukkan dengan pesan “There is a problem with this website’s security certificate”.
  2. Username dan Password yang dimasukkan tidak benar.
  3. Ada pemberitahuan “Your Connection is not Secure”.
  4. Pemberitahuan “Your/ This Connection is not secure/ untrusted”.

Bila kita mengalami masalah tersebut, jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Mengatasi e-Nofa Error

Mengatasi masalah

Untuk mengatasi problem dengan e-Nofa tentu solusinya harus sesuai dengan masalah yang terjadi misalnya:

1. Cek sertifikat elektronik

Jika yang muncul adalah sertifikat yang sudah kadaluarsa maka segera cek kembali sertifikat elektronik anda.

Jika memang sudah kedalwarsa segera ajukan kembali sertifikat elektronik kita. Caranya sama dengan saat pertama kita meminta sertifikat elektronik ke KKP setempat.

2. Cek username dan password

Jika mendapat keterangan “Error user name is not valid” maka cobalah cek kembali nomor NPWP dan apakah password atau kata sandi yang dimasukkan sudah benar.

Akan lebih baik jika Anda menyimpan username dan password ini pada file terpisah untuk menghindari kesalahan memasukkan data username dan password e-Nofa kita.

Tanya Ahli Hukum Lifepal
Tanya Ahli Hukum Lifepal

3. Konfigurasi keamanan mesin perambah (browser)

Pengguna mesin perambah Mozilla Firefox sering menerima pesan Your connection is not secure”.

Untuk mengatasinya, cobalah klik tombol “Advanced” yang ada di bawah garis tiga kanan atas halaman. Kemudian pilih “Add Exception”, dan setelah muncul “Add Security Exception” masukkan alamat efaktur pajak (http://efaktur.pajak.go.id) , kemudian pilih “Confirm Security Exception”.

4. Ganti mesin perambah

Banyak pengguna e-Nofa yang mengeluh gagal saat menggunakan perambah Mozilla Firefox. Jika error terus terjadi, tidak ada salahnya jika mengganti mesin perambah yang lain, seperti Google Chrome.

Sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang bertanggung jawab, menyerahkan faktur pajak adalah kewajiban setelah menyerahkan Barang Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP). Maka dari itu, hal ini perlu dilakukan sebagai bagian dari perpajakan.

Demikian, cara mengatasi error pada e-Nofa. Jika membutuhkan ulasan-ulasan bermanfaat tentang pajak dan ketentuan wajib pajak, kunjungi Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →