Kata Bank Indonesia, Ramalan Jokowi Tentang “Winter is Coming” Alias Pelambatan Ekonomi Global Tepat

Pertumbuhan Ekonomi Melambat (Shutterstock).

Pertumbuhan Ekonomi Melambat (Shutterstock).

Pelambatan ekonomi global terus menghantui berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebagai negara berkembang kita banyak menerima dampak perlambatan ekonomi global. Baik dari sisi moneter, kebijakan fiskal, hingga kinera ekspor impor dan berdampak pada pergerakan ekonomi nasional.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti memprediksi pertumbuhan ekonomi global hanya akan menyentuh angka 3 persen pada 2019. Lalu 3,1 persen pada tahun 2020.

“Presiden Jokowi pada tahun 2018 telah memperingatkan dunia bahwa musim dingin akan datang. Sekarang pada tahun 2019 ketika kita menghadapi situasi saat ini, musim dingin yang panjang dan tidak terduga,” ujar Destry di Jakarta.

Dengan itu, kata Destry, Indonesia harus mampu melewati masa-masa sulit pertumbuhan ekonomi. Juga menemukan sumber ekonomi baru yang dapat mendorong laju perekonomian nasional dan terus menjaga optimisme ditengah ketidakpastian global.

“Bank Indonesia sebagai mitra otoritas moneter independen pemerintah, sangat setuju dengan pesan Presiden. Melalui bauran kebijakan, Bank Indonesia mengejar stabilitas untuk mendorong pertumbuhan yang kami perkirakan akan mencapai 5,1 persen – 5,5 persen (yoy) pada tahun 2020,” kata Destry.

Jalankan Strategi Kolaborasi

Sementara itu, guna menghadapi situasi sulit ini, Bank Indonesia terus melakukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak. Hal ini agar mampu memberikan kebijakan dan mendukung kinerja bisnis dan perekonomian Indonesia.

“Kami ingin menyampaikan optimisme kami bahwa dalam jangka menengah Indonesia akan tumbuh 5,2 persen – 5,6 persen pada tahun 2021,” tambahnya.

Tak hanya skala nasional, dari skala daerah Bank Indonesia juga terus bahu membahu melakukan kolaborasi dan sinergi guna memberikan dorongan dan optimisme perekonomian nasional.

“Saat ini dengan 46 kantor perwakilan di seluruh negeri, untuk menjaga inflasi yang rendah dan stabil. Bank Indonesia juga bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mencari sumber pertumbuhan baru melalui dukungan penasihat ekonomi Bank Indonesia untuk pemerintah daerah,” ucapnya.

Tak hanya itu, Destry menegaskan, guna mendorong capaian ekonomi nasional Bank Indonesia mendukung percepatan pembiayaan infrastruktur.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis