Lebih dari 400 Juta Ton, Benarkah Ekspor Batu Bara Indonesia Tertinggi di Dunia?

Ekspor batu bara Indonesia seberapa besar ya kira-kira? Baru-baru ini ada kabar mengejutkan dari industri batu bara di tanah air. Beritanya nih Indonesia mengalami kelebihan pasokan batu bara. 

Seperti yang diberitakan CNBC Indonesia, produksi batu bara dalam negeri diprediksi bisa tembus di angka 700 juta ton tahun 2019. Padahal, target yang pengin dicapai sekitar 489 juta ton. 

Kelebihan batu bara tanpa diimbangi dengan permintaan justru dikhawatirkan dapat menekan harga batu bara itu sendiri di pasaran. Sejauh ini, harga batu bara cenderung merosot. Tentu aja kondisi gak menguntungkan buat perusahaan batu bara.

Nah, kalau produksinya aja bisa diprediksi mencapai 700 juta ton. Gimana dengan volume ekspor batu bara di Indonesia? Seberapa besarkah di dunia? Berikut ini ulasannya.

Lebih dari 400 juta short tons, ekspor batu bara Indonesia paling besar di dunia?

Ekspor batu bara
Ekspor batu bara masih terus dilakukan (Shutterstock).

Sebagai portal pengolah data, Index Mundi menyajikan informasi mengenai produksi, ekspor, hingga impor di berbagai sektor bisnis. Salah satunya adalah informasi volume ekspor batu bara negara-negara di dunia.

Moneysmart sebelumnya pernah mempublikasikan data volume produksi batu bara negara-negara di dunia yang bersumber dari Index Mundi. Ada 10 negara yang tercatat sebagai produsen batu bara terbesar di dunia.

Indonesia menjadi salah satu negara yang berada dalam daftar tersebut. Volume produksi batu bara Indonesia sebagaimana yang dicatatkan Index Mundi mencapai 538.607.000 short tons. Dengan volume sebesar itu, Indonesia menjadi negara ke-4 yang produksi batu baranya paling besar di dunia.

Kalau produksinya aja bisa sebesar itu, gimana dengan volume ekspor batu bara Indonesia? Apakah lebih besar dari negara-negara produsen batu bara lainnya? Berikut ini daftarnya.

 

Negara Volume ekspor batu bara (short tons)
Indonesia 467.738.000
Australia 394.696.000
Rusia 155.554.000
Amerika Serikat 117.659.000
Kolombia 82.407.000
Afrika Selatan 82.195.000
Kanada 40.352.000
Kazakhstan 36.049.000
Mongolia 19.277.000
Korea Utara 18.396.000

 

Gak disangka, produksi batu bara Indonesia yang besar juga diikuti dengan volume ekspor batu bara yang tinggi. Walaupun angka produksi dan ekspor gak imbang-imbang amat, tetap aja Indonesia menjadi negara dengan angka ekspor batu bara paling tinggi di dunia.

Ekspor batu bara yang tinggi membuat Indonesia menempati urutan paling atas, melampaui volume ekspor Australia, Rusia, dan Amerika Serikat. Volume ekspornya sebagaimana yang dicatatkan di atas mencapai 467.738.000 short tons.

Ini negara-negara yang menjadi tujuan ekspor batu bara Indonesia dalam jumlah besar

Ekspor batu bara
Batu bara (Shutterstock).

Ke mana aja ekspor batu bara Indonesia ditujukan? Menurut data yang disampaikan World’s Top Exports, ada empat negara di dunia yang mendatangkan alias impor batu bara dari Indonesia dalam jumlah besar.

Negara Nilai impor batu bara dari Indonesia
Jepang US$ 3,1 miliar
India US$ 6,9 miliar
China US$ 2,8 miliar
Korea Selatan US$ 2,6 miliar

 

Nah, itu tadi informasi mengenai ekspor batu bara Indonesia dan negara-negara lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).