Catatkan Nilai US$ 4,6 Miliar, Apakah Ekspor Ikan Indonesia Paling Unggul di Dunia?

Catatkan-Nilai-US-46-Miliar-Apakah-Ekspor-Ikan-Indonesia-Paling-Unggul-di-Dunia

Sebagai negara dengan laut terluas, pastinya produksi ikan di Indonesia terbilang besar, termasuk juga ekspor ikan. Pernah gak bertanya-tanya, kira-kira ekspor ikan Indonesia tersebut berada peringkat berapa di dunia.

Buat informasi aja nih, Indonesia termasuk dalam negara dengan tangkapan ikan terbesar di dunia. Hal ini terungkap dalam data Bank Dunia atau The World Bank. Dalam data tersebut, Indonesia berada di peringkat kedua dengan jumlah tangkapan ikan mencapai 6.584.419 ton.

Sementara ekspor ikan kita (red: Indonesia) dari Januari-September 2019 mencapai 66.574,5 ton. Lebih tinggi dibandingkan periode Januari-September 2018 yang mencapai 64.640,6 ton. 

Lain dengan hasil perikanan budidaya yang jumlahnya berada di angka 141.568,1 ton pada Januari-September 2019. Angka ini lebih kecil dibandingkan hasil periode Januari-September 2018 yang mencapai 145.984,2 ton.

Dengan kapasitas ekspor ikan Indonesia yang sebesar itu, kira-kira berapa nilai yang dihasilkan? Seberapa besar dibandingkan dengan negara-negara lain? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Indonesia Mau Ekspor Beras, 10 Negara Ini Udah Memulainya Lebih Dulu

Indonesia dan negara-negara dengan ekspor ikan terbesar di dunia, negara mana yang paling tinggi nilainya?

ekspor ikan Indonesia
Indonesia berada di peringkat berapa ya buat ekspor ikannya?, (Ilustrasi/Shutterstock)

Secara keseluruhan, negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa menjadi negara dengan nilai ekspor ikan terbesar di dunia. Nilai ekspor Uni Eropa seperti yang dicatatkan Statista mencapai US$ 38,1 miliar atau sekitar Rp 534,67 triliun.

Statista sendiri adalah portal online asal Jerman yang mengumpulkan data dan membuat statistik. Dari data yang dihimpun portal tersebut, berikut ini adalah negara-negara dengan nilai ekspor ikan dan produk-produk perikanan tertinggi di dunia.

Negara pengekspor ikan dan produknya Nilai ekspor 2018 (US$)
China 25 miliar
Norwegia 12,1 miliar
Vietnam 7,7 miliar
India 7,0 miliar
Chili 6,8 miliar
Amerika Serikat 6,1 miliar
Thailand 6,0 miliar
Kanada 5,4 miliar
Ekuador 5,0 miliar
Indonesia 4,6 miliar

Pada daftar di atas, China menjadi negara yang berada di peringkat pertama sebagai negara pengekspor ikan terbesar di dunia. Nilai ekspor ikan China pada tahun 2018 berada di angka US$ 25 miliar. 

Hasil tangkapan ikan di China sendiri terbilang besar di dunia. Berdasarkan data World Bank, hasil tangkapannya mencapai 17,8 juta ton.

Baca juga: Lebih dari 400 Juta Ton, Benarkah Ekspor Batu Bara Indonesia Tertinggi di Dunia?

Vietnam jadi negara Asean yang lebih unggul dalam ekspor ikan dan produk turunannya

ekspor ikan Indonesia
Vietnam jadi negara Asean yang lebih unggul dalam ekspor ikan dan produk turunannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menariknya nih ada Vietnam dan Thailand yang melampaui nilai ekspor ikan Indonesia. Usut punya usut, Vietnam bisa lebih unggul karena negara Asean ini diketahui mengekspor kembali ikannya dalam bentuk olahan setelah membelinya dari Indonesia.

Seperti yang diberitakan Kompas, pencapaian nilai ekspor Vietnam menunjukkan pengolahan (processing) ikan yang terbilang baik di negara tersebut. Rata-rata produk perikanan vietnam pun dikirim ke Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Itu tadi informasi mengenai ekspor ikan Indonesia dan negara-negara pengekspor ikan terbesar di dunia beserta nilai ekspornya. Kita tentunya berharap semoga ke depan nilai ekspor ikan Indonesia dapat meningkat dan pengolahan ikan bisa jauh lebih baik dari sebelumnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →