Ini Lho Tiga Pelajaran yang Perlu Diserap Menjadi Entrepreneur Muda Sukses!

Ini-Lho-Tiga-Pelajaran-yang-Perlu-Diserap-Menjadi-Entrepreneur-Muda-Sukses

Siapa yang gak mengenal sosok Jack Ma pendiri dari perusahaan raksasa asal China, Alibaba. Sukses jadi pengusaha, pendiri Alibaba membagikan tiga pelajaran buat yang pengin menjadi entrepreneur. 

Era digital dan perkembangan zaman semakin maju dan memiliki banyak tantangan. Termasuk bagi para entrepreneur yang saat ini tengah berjuang buat meraih kesuksesan menjalankan usahanya. 

Jack Ma bisa dibilang salah satu contoh seorang pengusaha maupun entrepreneur dari Negeri Tirai Bambu yang mesti jadi panutan. Gak heran kalau dirinya menceritakan atau berbagi tips gimana caranya menjadi entrepreneur atau pengusaha yang sukses. 

Pengusaha maupun entrepreneur memang lebih suka berbagi pengalamannya dalam membangun bisnis ke banyak orang seperti tenaga pengajar maupun guru. Jack Ma yang dulunya berprofesi sebagai guru tak melupakan begitu saja perjuangannya sebagai tenaga pengajar. 

Pemilik perusahaan raksasa teknologi Alibaba Grup ini mendirikan Universitas Taobao di Hangzhou, China. Di kampus miliknya ini, Jack Ma menawarkan satu jurusan yang rasanya penting nih diambil oleh para anak muda. 

Seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com, Sabtu, (28/12), jurusan tentang membangun bisnis digital merupakan salah satu yang tersedia di Universitas Hangzhou. Salah satu alumni Taobao University, Genecia Alluora, pendiri Soul Rich Woman sebuah platform bagi perempuan Asia Tenggara ini menjabarkan nih tiga hal penting yang diajarkan universitas besutan Jack Ma. 

Ia menceritakan nih gimana caranya buat membangun bisnis digital. Penasaran? Yuk kita intip aja di bawah sini.

Baca juga: Ini 10 Orang Terkaya di China, Bagaimana Jika Dibandingkan Orang Terkaya Indonesia?

Entrepreneur muda mesti mengetahui tentang membangun merek

entrepreneur muda
Pentingnya nih mengetahui merek yang bakal dijual, (Ilustrasi/Shutterstock).

menjamurnya e-commerce atau toko online memang tak terlihat layaknya toko tradisional. Namun saat pasar e-commerce tumbuh pesat, maka sangat penting nih bagi para e-commerce memiliki merek yang dapat diindetifikasi oleh konsumen. 

“Orang tidak lagi membeli langsung,” ujar Alluora. 

Dalam hal ini, Alluora melihat kecenderungan para konsumen yang lebih sering mencari ulasan produk di e-commerce maupun media sosial sebelum memutuskan buat memboyongnya alias membelinya. 

“Pelanggan ingin mengenal merek dan melihat Anda memiliki kredibilitas,” tambahnya. “Itu lebih dari sekadar memiliki halaman facebook, ini tentang mengetahui cara mempromosikan diri Anda lebih luas.” jelasnya lagi.

Baca juga: 10 Prinsip Hidup Jack Ma Ini Sukses Besarkan Alibaba

Lalu entrepreneur perlu memasarkannya (marketing)

entrepreneur muda
Mengetahui gimana caranya marketing perlu diketahui oleh para entrepreneur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Usai mantab membuat sebuah merek, tahap selanjutnya para pengusaha maupun entrepreneur ini masuk dalam ‘stage’ mempromosikannya ke sasaran yang tepat. 

Dengan cara ini memang bakal tampak jelas, tetapi seiringnya berkembang teknologi, sangat perlu nih memanfaatkan yang ada dengan secara maksimal. 

Jadi dengan banyaknya platform media sosial, kamu sebagai entrepreneur muda penting banget nih memanfaatkan medium yang ada. Lakukan perkenalan (red: marketing) atau promosi sangat penting lho agar merek mu dikenal. 

“Untuk berada di puncak, Anda perlu menghasilkan traffic (lalu lintas),” tambahnya. 

“Anda harus menjual gaya hidup, bukan hanya produk. Anda harus terhubung secara emosional,” terangnya lagi. 

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Jack Ma Layak Jadi Inspirasi Hidup Kamu

Analisis data sangat diperlukan dan penting!

entrepreneur muda
Analisis data juga sangat penting nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat mempertahankan produk, merek dan momentum agar dapat menarik kembali pembeli, kamus sebagai entrepreneur muda sangat perlu lho mengenal pelanggan mu. Dengan begitu artinya kamu memiliki akses ke data pelanggan. 

Alibaba saat ini memang mendominasi di China, sistem pembayaran online menggunakan Alipay yang menguasai separuh pembayaran di Negeri Tirai Bambu ini. Maka gak heran kalau di perusahaan ini memiliki set data yang paling canggih di dunia. 

“Mereka memiliki analisis yang sangat rinci sehingga mereka dapat menyesuaikan penawaran mereka kepada setiap individu,” tegasnya Alluora. 

“Jika Anda mencari barang-barang bayi, misalnya, tahun berikutnya mereka akan menargetkan Anda dengan pakaian untuk anak-anak berusia satu tahun,” pungkasnya. 

Nah itu lho tiga pelajaran dari Alibaba bagi entrepreneur muda yang pengin memiliki bisnis usahanya sukses di kemudian hari. Jelang tahun yang baru, kamu mesti memiliki ide brilian buat menjalankan bisnis agar semakin cuan! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →