E-Payment System EPS BPJS Ketenagakerjaan untuk Bayar Iuran

eps bpjs ketenagakerjaan

EPS BPJS Ketenagakerjaan adalah sistem pembayaran yang dibuat khusus untuk perusahaan agar pembayaran iuran BPJS semua pegawainya lebih mudah.

Seperti yang sudah diatur di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial dijelaskan jika setiap perusahaan wajib menggunakan EPS (Electronic Payment System) untuk melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan.

Lagipula seperti yang diketahui kalau BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program pemerintah guna memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, baik pekerja, wirausaha hingga Tenaga Kerja Indonesia.

Para peserta BPJS akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Bagi peserta Penerima Upah atau pekerja, iuran BPJS Ketenagakerjaan dilakukan oleh perusahaan dan dilakukan secara kolektif.

Setiap perusahaan disarankan untuk menggunakan layanan EPS untuk mempermudah melakukan pembayaran BPJS dan menghindari kesalahan dalam perhitungan.

Untuk itu, kali ini Lifepal.co.id ingin mengulas perihal EPS BPJS Ketenagakerjaan perusahaan mulai dari cara pendaftaran hingga cara pembayarannya. Yuk, langsung simak aja di sini.

Cara Pendaftaran EPS BPJS Ketenagakerjaan

Berikut adalah tahapan-tahapan untuk daftar EPS BPJS Ketenagakerjaan:

  • Masuk ke laman eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs.
  • Klik tombol Registrasi.
  • Masukkan Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP).
  • Masukkan alamat email. Email tersebut akan menjadi email Login Akun EPS karena itu sebaiknya gunakan email resmi perusahaan.
  • Masukkan Kode Keamanan (captcha) sesuai dengan gambar yang ada di sebelah kiri.
  • Klik Register.
  • Jika belum diregistrasikan sebelumnya, maka kamu akan diminta untuk memasukkan nama kontak perusahaan.
  • Pilih salah satu NPP yang akan didaftarkan.
  • Klik tombol Registrasi dan lakukan konfirmasi.
  • Buka email kamu jika sudah terdapat tulisan “Pengiriman Email Aktivasi”.
  • Klik link yang terdapat pada email yang dikirimkan.
  • Login menggunakan alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya beserta PINnya.
  • Isi semua data yang kosong dan jangan lupa untuk mengganti PIN lama dengan PIN yang baru.
  • Proses pendaftaraan EPS pun selesai dan kamu akan mendapat pemberitahuan berupa End of Procedure.
  • Syarat dan Ketentuan Membuat Kode Iuran EPS BPJS Ketenagakerjaan

    Selanjutnya kamu perlu membuat kode iuran EPS untuk melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan. 

    Namun, untuk mendapat kode iuran, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu lakukan, yakni:

  • Nominal iuran berdasarkan data upah tenaga kerja.
  • Jika terjadi kelebihan pembayaran iuran, maka kelebihan iuran tersebut akan menjadi kompensasi untuk bulan selanjutnya.
  • Pembayaran menggunakan cek/bilyet giro selain bank yang bekerja sama, baru diakui setelah RTGD/kliring dana berhasil.
  • Kode iuran dibuat setiap bulan.
  • Aktivasi kode iuran juga dapat dilakukan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di mana perusahaan kamu telah terdaftar.
  • Kode iuran berlaku seumur hidup selama kode tersebut belum dibayar.
  • Kode iuran yang sudah dibayar tidak dapat digunakan kembali.
  • Cara Membuat Kode Iuran EPS BPJS Ketenagakerjaan

    Setelah mengetahui syarat dan ketentuan untuk membuat kode iuran EPS BPJS Ketenagakerjaan ataupun EPS BPJS Ketenagakerjaan perusahaan, langkah selanjutnya adalah membuat kode BPJS Ketenagakerjaan iuran online. 

    Gimana caranya? Simak di bawah ini:

  • Login ke laman https://eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs.
  • Pilih pilihan perusahaan kamu pada menu utama.
  • Klik perusahaan kamu yang ada di daftar perusahaan.
  • Kemudian akan muncul daftar transaksi kode iuran dan pilih opsi untuk Kode Iuran.
  • Masukkan jumlah iuran serta denda.
  • Klik Proses Iuran.
  • Selanjutnya akan muncul Pop Up Cek dahulu dan lakukan konfirmasi dengan klik tombol OK.
  • Konfirmasi dan lakukan pembayaran melalui bank persepsi.
  • Kode iuran siap digunakan.
  • Cara Membayar Iuran Lewat EPS BPJS Ketenagakerjaan

    Jika sudah mendapatkan kode iuran, selanjutnya adalah proses pembayarannya. Kamu bisa memilih beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS, seperti Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI.

    Namun, pembayarannya sendiri baru bisa dilakukan melalui ATM. Gimana caranya? Di bawah sini penjelasannya:

  • Masukkan kartu ATM dan PIN kamu.
  • Pilih menu Bayar/Beli.
  • Pilih BPJS dan BPJS Ketenagakerjaan
  • Pilih menu e-Payment.
  • Masukkan Kode Iuran yang berstatus UNPAID dan pilih Benar.
  • Pastikan Kode Iuran, Nama Perusahaan, Divisi, NPP, BLN Iuran dan Total Iuran sudah selesai dan tekan No.1.
  • Pilih Ya/Yes.
  • Pembayaran selesai.
  • Nah, itu dia seluk beluk mengenai EPS BPJS Ketenagakerjaan ataupun EPS BPJS Ketenagakerjaan perusahaan yang memudahkan perusahaan untuk melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan seluruh karyawannya. 

    Adakah Cara Membuat Kode Iuran BPJS Ketenagakerjaan di SIPP?

    SIPP BPJS Ketenagakerjaan adalah Sistem Informasi dan Pelaporan Ketenagakerjaan yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan). Sistem ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para peserta dan perusahaan dalam melaporkan dan mengelola data terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan.

    Lewat SIPP BPJS Ketenagakerjaan, peserta dan perusahaan dapat melakukan pengajuan klaim atau permohonan layanan jaminan sosial secara online. Selain itu, SIPP BPJS Ketenagakerjaan juga memungkinkan peserta dan perusahaan untuk mengakses informasi terkait status kepesertaan, riwayat iuran, dan jumlah manfaat yang dapat diterima.

    Meskipun dapat melihat riwayat iuran di SIPP BPJS, tapi kamu tidak bisa melakukan iuran online melalui layanan tersebut. SIPP BPJS dan EPS pada dasarnya memang merupakan layanan yang diciptakan BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan peserta dan perusahaan.

    Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, jadi silakan gunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing, ya!

    Pentingnya Asuransi jiwa

    Program BPJS Ketenagakerjaan memiliki manfaat yang kurang lebih mirip dengan asuransi jiwa dan DPLK. Kebutuhan setiap orang untuk menjamin hari tua atau masa pensiun dan menjamin kondisi finansial keluarganya berbeda-beda.

    Lengkapi manfaat BPJS Ketenagakerjaan kamu dengan asuransi jiwa terbaik yang tersedia di Lifepal. Ketahui asuransi jiwa yang paling cocok dengan menggunakan kuis jenis asuransi jiwa berikut ini:

    Kamu juga bisa melihat tips memilih asuransi jiwa terbaik melalui video berikut ini:

     

    Pertanyaan Seputar EPS BPJS Ketenagakerjaan

    Jatuh tempo pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan paling lama dibayar tanggal 15 setiap bulan. Keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda 2% untuk setiap bulan keterlambatan.

    Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan lewat Mandiri Online atau M-Banking Mandiri adalah sebagai berikut.

    • Log in Mobile Banking Mandiri kamu.
    • Pilih opsi Bayar.
    • Pilih opsi Asuransi.
    • Pilih BPJS Ketenagakerjaan.
    • Kamu perlu mengisi Nomor Virtual Account (VA) berupa kode 89888, lalu lanjut dengan nomor kartu BPJS serta jumlah bulan yang ingin dibayar. Selanjutnya, klik Lanjut.
    • Cek kembali informasi akun BPJS dan jumlah bulan yang akan dibayarkan. Jika sudah sesuai, ketik PIN kamu untuk menyelesaikan proses transaksi pembayaran.

    BCA memberi opsi membayar BPJS Ketenagakerjaan melalui KlikBCA. Berikut ini adalah cara-caranya:

    • Log In ke KlikBCA.
    • Pilih menu “Pembayaran”.
    • Pilih menu “BPJS”.
    • Lalu pilih “BPJS Ketenagakerjaan Individu” pada jenis BPJS, input NIK/Nomor KTP kamu dan pilih Periode Program, klik tombol “Lanjutkan”.
    • Pastikan data pembayaran sudah benar, lalu masukkan respon KeyBCA Appli 1 dan klik tombol “Kirim”.
    • Kamu telah berhasil melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Silakan menyimpan atau mencetak bukti pembayaran dengan mengklik tombol “Simpan” atau “Cetak”.

    Berikut ini adalah cara bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan lewat Indomaret:

    • Datang ke gerai Indomaret terdekat dan informasikan petugas kasir kalau kamu ingin membayar tagihan iuran BPJS Ketenagakerjaan.
    • Petugas kasir akan menanyakan nomor BPJS Ketenagakerjaan atau nomor Virtual Account BPJS yang ingin dibayar iurannya lengkap dengan nomor ponsel.
    • Kamu akan diminta membayar tagihan sesuai keterangan layar mereka dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.500.
    • Setelah transaksi selesai, kamu menerima struk sebagai bukti telah membayar.

    Cara bayar BPJS Ketenagakerjaan lewat Tokopedia sebagai berikut:

    • Login akun Tokopedia milikmu. Kalau belum punya, buat akun Tokopedia terlebih dahulu.
    • Buka halaman Tokopedia BPJS Ketenagakerjaan.
    • Masukkan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan kamu yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan.
    • Sistem akan secara otomatis mengeluarkan rincian pembayaran BPJS Ketenagakerjaan.
    • Klik bayar, kemudian pilih metode pembayaran yang kamu inginkan.