Coba Introspeksi Diri Melalui EQ dan Temukan Keajaibannya!

liburan akhir tahun

Kecerdasan emosional atau yang dikenal dengan Emotional Quotient (EQ) adalah faktor yang tidak kalah pentingnya dengan kecerdasan seseorang atau Intelligence Quotient (IQ).

Kenapa EQ dinilai penting? Sebab, kemampuan kita membaca kondisi lingkungan sekitar begitu juga sesama kita saat berinteraksi, turut memengaruhi keberhasilan kita dalam sebuah pencapaian. 

Menyadari pentingnya EQ dalam meraih kesuksesan, sewajarnya kesadaran untuk mengembangkan keterampilan kecerdasan emosi pun turut diasah. Nah, agar kita mampu sukses dalam mengembangkan EQ dalam kehidupan sehari-hari, ada baiknya kita membaca informasi menarik yang Lifepal sediakan kali ini. 

Apa Saja yang Termasuk Kecerdasan Emosional? 

Apa saja yang dimaksud

Dikutip dari Forbes, Kecerdasan emosional adalah sesuatu di dalam diri kita masing-masing yang sebenarnya tidak berwujud. Tingkatan EQ memengaruhi cara kita berperilaku, menavigasi kompleksitas sosial, dan membuat keputusan pribadi demi mencapai hasil yang positif. 

Sejumlah keterampilan EQ yang harus kita kembangkan guna sukses berada di lingkungan kerja maupun bermasyarakat meliputi perasaan untuk memahami, berempati, dan bernegosiasi dengan orang lain. Terutama berkenaan dengan keterampilan bernegosiasi, sangat penting jika dikaitkan dengan faktor ekonomi. 

Keterampilan tersebut harus diakui bahwa saat ini telah mengglobal. Salah seorang pakar teori dari Universitas Harvard, Howard Gardner, menyebut EQ adalah tingkat kemampuan kita untuk memahami orang lain. Termasuk apa yang memotivasi kita dan bagaimana performa dalam bekerja sama dengan banyak orang. 

Dalam praktiknya, tingkatan EQ menyatakan bagaimana emosi mendorong perilaku kita untuk memengaruhi orang, baik pada sisi positif dan negatif. Nah, dalam posisi ini penting bagi kita untuk dapat mempelajari bagaimana mengelola emosi sendiri maupun orang lain, terutama ketika kita berada di bawah tekanan. Lalu, kapan saat yang tepat untuk mengelola EQ?

  • Saat merespons orang lain.
  • Dalam kondisi memenuhi deadline baik di lingkungan kerja atau masyarakat. 
  • Terlibat dalam sebuah hubungan yang kompleks. 
  • Menghadapi perubahan. 
  • Tidak mampu memenuhi kebutuhan sendiri. 
  • Saat menghadapi kegagalan. 

Komponen-Komponen yang Membangun EQ

Kecerdasan emosional terdiri atas empat keterampilan inti yang saling berkaitan. Menyadari kompetensi EQ tersebut dapat menjadi peta jalan kita menuju kesuksesan dalam segala aspek kehidupan atau apa pun yang kita lakukan dalam hidup.

Sebab, keberhasilan kita dalam hidup tergantung pada seberapa baik kita berkomunikasi dan berurusan dengan orang lain. Untuk itu, kita harus bisa memahami atau menyadari siapa mereka. Berikut komponen EQ yang sebaiknya kita kuasai.

1. Kesadaran diri 

Kesadaran diri adalah kemampuan untuk mengenali emosi. Komponen ini adalah kunci atas EQ yang perlu kita kembangkan. Harus diakui, mengembangkan kesadaran diri tidak mudah dan akan membutuhkan penyesuaian dengan perasaan kita yang sebenarnya. Jika kita berhasil mengevaluasi emosi sendiri, maka kita pun dapat mengendalikannya. Kesimpulannya, beberapa elemen utama dari kesadaran diri meliputi:

  • Kesadaran emosional.
  • Kemampuan mengenali emosi. 
  • Kepercayaan diri. 
  • Harga diri. 
  • Kemampuan diri kita sendiri. 

2. Aturan main diri sendiri 

Terkadang disadari atau tidak, kita sering kali sulit mengendalikan diri sendiri. Sebabnya karena terlalu diselimuti oleh emosi sehingga kita tidak mampu mengendalikan diri sendiri. 

Bagaimanapun kondisi emosi yang sedang dialami, kita harus meluangkan waktu terkait kapan emosi tersebut bertahan dan hilang. Strategi ini terbilang penting sebab emosi negatif, seperti kemarahan, kecemasan, atau depresi, akan mengacaukan kehidupan kita. 

Tips dari Lifepal dalam menyikapi kondis ini, saat kita sedang menghadapi kondisi tidak enak dan ingin kembali positif lagi, kita bisa menenangkan diri melalui meditasi atau berdoa. Jika keadaan sedang tidak memungkinkan, setidaknya kita bisa menghindari keramaian untuk menyendiri beberapa saat hingga diri kita tenang.

Aturan main dalam hal ini adalah mengenai: 

  • Kontrol diri dalam mengelola kondisi yang mengganggu.
  • Kepercayaan tentang mempertahankan standar kejujuran dan integritas.
  • Hati nurani lewat cara bertanggung jawab atas kinerja kita sendiri.
  • Kemampuan beradaptasi, yakni menangani perubahan dengan fleksibilitas.
  • Inovasi dengan terbuka untuk ide-ide baru.

3. Motivasi

Memotivasi diri sendiri penting dilakukan agar tujuan dan pencapaian kita dapat terwujud. Pada nyatanya, sugesti negatif akan selalu mengisi kehidupan kita dan berisiko mengganggu pencapaian rencana kita jika dibiarkan tanpa penanganan.

Nah, agar tujuan kita tidak terganggu, diperlukan motivasi pada diri sendiri. Motivasi tersebut terdiri atas:

  • Pencapaian melalui usaha keras demi meningkatkan atau memenuhi standar keunggulan.
  • Komitmen demi mencapai penyelarasan tujuan grup atau organisasi.
  • Prakarsa untuk mempersiapkan diri dan bertindak berdasarkan peluang.
  • Optimisme dalam upaya mengejar gol secara terus-menerus, meskipun ada hambatan dan kemunduran.

4. Empati

Kemampuan untuk mengenali bagaimana perasaan orang dalam mencapai kesuksesan dalam hidup dan karier kita. Semakin terampil kita membedakan perasaan di belakang kita, maka semakin baik pula kita mengontrol sinyal yang dikirimkan. Seseorang yang berempati terhadap situasi di sekitarnya akan unggul dalam:

  • Mengantisipasi, mengenali, dan memenuhi kebutuhan klien.
  • Merasakan apa yang orang lain butuhkan untuk maju dan memperkuat kemampuan. 
  • Mengolah peluang melalui beragam orang.
  • Membaca arus emosi dan kekuatan hubungan kelompok.
  • Memahami karakter orang lain dan membedakan perasaan di balik kebutuhan dan keinginan orang-orang di sekitarnya.

5. Keterampilan sosial

Dalam dunia yang selalu terhubung hari ini, setiap orang memiliki akses langsung ke pengetahuan teknis sehingga keterampilan orang lebih penting sekarang karena kita harus memiliki EQ yang tinggi untuk lebih memahami, berempati, dan bernegosiasi dengan orang lain dalam beradaptasi ke ekonomi global. Keterampilan sosial yang paling berguna dapat berupa: 

  • Memengaruhi, yakni berhasil menggunakan taktik persuasi yang efektif.
  • Komunikasi dalam mengirim pesan yang jelas.
  • Kepemimpinan untuk menginspirasi dan membimbing kelompok dan orang-orang.
  • Mengubah katalis dengan memulai atau mengantisipasi perubahan.
  • Manajemen konflik dengan cara memahami, bernegosiasi, dan menyelesaikan perselisihan.
  • Membangun ikatan dengan orang-orang di sekitar. 
  • Berkolaborasi dan bekerja sama demi meraih tujuan bersama yang lebih baik.
  • Menunjang performa tim dengan menciptakan sinergi kelompok dalam mengejar tujuan kolektif.

Mengetahui Kecerdasan Emosional Melalui Tes EQ

Emotional intelligence

Seseorang dengan hasil tes EQ yang tinggi berpeluang lebih tinggi di dalam kemampuannya menilai diri sendiri. Selain itu, ia juga mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan orang lain, memiliki empati, dan memahami perasaan orang lain. 

Mereka selalu tahu bagaimana tetap tenang dan optimis dalam hidup, bahkan dalam tantangan yang tersulit pun. Tidak mengherankan, kita dapat melihat bahwa orang-orang yang memiliki EQ tinggi secara alami akan memiliki semua kualitas untuk menjadi pemimpin yang hebat. Oleh karena itu, tes EQ kini dievaluasi sama ketatnya dengan tes IQ.

Masalahnya, orang-orang pada umumnya hanya unggul pada satu sisi, entah tes EQ atau tes IQ. Nyatanya sangat jarang bagi seseorang untuk pandai pada keduanya. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa ada seseorang yang unggul pada segala sisi. 

Sekarang ini, sudah banyak tes EQ yang tersedia secara online dan dilakukan di mana saja dan kapan pun. Yang penting, jawab semua pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan cepat. 
Sekian informasi soal EQ. Semoga ulasan ini memberikan kita motivasi dalam menggapai kesuksesan, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →