Etika Bisnis, Gini Cara Perlakukan Klien yang Bertamu ke Kantor

etika bisnis

Bagi seorang pengusaha, banyak etika bisnis yang harus dijunjung tinggi. Etika tersebut bisa dalam hal berjualan, etika mengerjakan orderan klien, sampai etika menerima klien yang datang ke kantormu. 

Jika klien berkunjung ke kantormu, perlakukan dia layaknya tamu di rumahmu sendiri. Karena caramu memperlakukan mereka bisa menjadi gerbang meraih kesepakatan bisnis. 

Jangan sampai memperlakukan mereka dengan tidak baik, hingga mereka meragukan profesionalitas perusahaanmu. Bisa-bisa kesepakatan bisnis batal sejak awal. 

Lantas, bagaimana sih etika bisnis yang baik dan caranya bisa memberikan perlakuan baik ke klien yang datang?

1. Mengadakan Pelatihan untuk Semua Karyawan 

pelatihan untuk semua karyawan
Mengadakan Pelatihan untuk Semua Karyawan

Melatih karyawan untuk menghormati pelanggan atau calon pelanggan adalah cara yang efektif. 

Beberapa dari karyawanmu mungkin tidak mengerti cara memperlakukan klien, paling yang bisa cuma mereka di divisi sales dan marketing. 

Jika sewaktu-waktu ada klien berkunjung ke kantormu, dan mereka tidak ada, otomatis karyawan yang di kantor yang bakal menerimanya. Mereka harus bisa memberikan sambutan yang hangat demi meningkatkan citra baik di mata klien. 

Jenis latihannya bisa dengan melatih bagaimana kontak mata yang baik, jangan lupa tersenyum, menyapa, dan menanyakan mengenai keperluan klien dengan sopan. 

Satu lagi yang gak kalah penting adalah, mempersilakan mereka duduk atau menunggu di ruang tunggu bila orang yang mereka tuju belum datang. 

Baca juga: Mau Bisnis Makin Berkembang? Jangan Sepelekan Etika Bisnis Ini

2. Pastikan Resepsionis Diisi Orang-Orang yang Ramah dan Murah Senyum 

Resepsionis kantor ramah dan murah senyum
Pastikan Resepsionis Diisi Orang-Orang yang Ramah dan Murah Senyum

Staf resepsionis merupakan divisi terdepan yang berperan penting dalam penerimaan tamu. Setiap tamu datang, pasti selalu tanya ke resepsionis. Karena begitu pentingnya, maka kamu harus mempekerjakan staf yang berkompeten dalam menerima tamu. 

Pastikan mereka memiliki kepribadian yang ramah, lemah lembut, dan murah senyum. Karena etika bisnis dalam menerima tamu adalah bersikap ramah ke mereka. 

Baca juga: Bikin Bisnis Bercuan, Ini 5 Aplikasi Online Penunjang Usaha Agar Makin Berkembang

3. Menjaga Lingkungan Kantor Bersih dan Ramah 

Menjaga lingkungan kantor bersih
Menjaga Lingkungan Kantor Bersih dan Ramah

Kamu tentu gak mau dong menimbulkan kesan yang buruk ke klien terhadap kantormu. Nah, salah satu caranya ialah menjaga kebersihan kantor di area-area yang biasa dijangkau tamu. 

Pastikan kalau bagian depan kantormu bersih, mulai dari pintu sampai resepsionis. Kemudian, ruang meeting, dan ruang kerjamu dibuat bersih, rapi, dan indah dilihat. 

Penampilan ini bisa mencerminkan profesionalisme perusahaanmu di mata klien. 

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar? Cukup Lakukan 7 Trik Ini Saja

4. Jangan Lupa Menawarkan Minuman ke Setiap Klien yang Datang

Menawarkan minuman ke setiap klien yang datang ke kantor
Jangan Lupa Menawarkan Minuman ke Setiap Klien yang Datang

Mengeluarkan uang operasional berlebih gak ada salahnya bila bisa mendatangkan banyak pemasukan. Kamu bisa menyediakan minuman self service berupa kopi, teh, dan air putih untuk setiap tamu yang datang. 

Tapi, biasanya para tamu bakalan malu-malu mengambilnya. Jadi, gak ada salahnya menyuruh seluruh karyawan berinisiatif menawarkan minuman secara langsung ke klien.

Itulah empat etika bisnis atau cara memberikan pelayanan yang baik ke klien yang bertamu ke kantormu. Pastikan kalau tamu dijamu dengan baik agar profesionalisme kantormu tidak diragukan mereka. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →