Ini Lho Rahasianya Mengapa Orang Bisa Meraih Kesuksesan dalam Berkarier

Banyak orang yang penasaran kenapa ada orang yang bisa berada di puncak kesuksesan dan ada juga yang sulit menuju ke sana. Jawaban buat pertanyaan tersebut sebenarnya sederhana aja, yaitu etos kerja.

Bukan rahasia lagi kalau orang-orang sukses punya etos kerja yang luar biasa. Sayangnya, belum banyak yang menyakini betapa pentingnya sikap-sikap ini buat dimiliki.

Asal tahu aja nih, etos kerja itu membantu banget dirimu buat menghadapi rintangan-rintangan yang datang menghadang dalam perjalanan kariermu. Selain menjadi penguat, etos kerja juga menjadi daya dorong yang bikin kamu terus melangkah maju buat mencapai tujuanmu.

Baca juga: Kena PHK?, Ini Daftar Tunjangan yang Berhak Kamu Dapatkan!

Nah, pertanyaannya adalah etos kerja seperti apa yang harus dimiliki? Buat menjawab pertanyaan ini, Moneysmart udah merangkum nih yang dikutip dari Entrepreneur. Yuk, disimak bareng-bareng.

1. Bersikap profesional

Profesionalitas kerja selalu dibutuhkan (Shutterstock).
Profesionalitas kerja selalu dibutuhkan (Shutterstock).

Etos kerja yang satu ini pastinya udah banyak yang tahu, termasuk juga kamu. Faktanya nih bersikap profesional emang senjata yang ampuh buat memenangkan persaingan di dunia kerja.

Baca juga: Gak Cuma Kocak! 6 Pantun Betawi Ini Bakar Semangat Kerja Biar Kaya

Perusahaan tentu aja mencari sosok profesional karena dipandang sangat berguna buat mewujudkan tujuan perusahaan. Sebab orang yang profesional paling bisa dipercaya dalam menyelesaikan proyek-proyek perusahaan.

Buat menjadi profesional, kamu gak cuma dituntut menguasai kemampuan atau skill tertentu, tapi juga punya sikap-sikap, seperti menghargai waktu, punya integritas, hingga mengikuti aturan-aturan yang berlaku di perusahaan.

2. Selalu menunjukkan respek

Respek pada rekan kerja (Shutterstock).
Respek pada rekan kerja (Shutterstock).

Orang yang selalu menunjukkan respek adalah orang yang paling disenangi. Gak heran kalau orang tersebut disenangi di dunia kerja.

Lagi pula siapa sih yang gak senang dihargai? Setiap orang pasti merasa berharga karena dirinya dapat respek. Dengan menunjukkan etos kerja ini, kamu udah mendorong terciptanya lingkungan kerja yang nyaman yang pada akhirnya mendorong naiknya produktivitas.

Apalagi kalau kamu mendapat titel sebagai leader di tempat kamu bekerja. Menunjukkan repek itu perlu banget agar tim yang kamu pimpin bisa memberi hasil yang optimal. Dengan begitu, nanti hasilnya memberi kontribusi signifikan buat perusahaan.

3. Selalu bisa diandalkan

Menjadi seseorang yang bisa selalu diandalkan (Shutterstock).
Menjadi seseorang yang bisa selalu diandalkan (Shutterstock).

Kalau kamu punya etos kerja ini, udah jaminan deh karier bakalan moncer. Udah gitu kamu menjadi salah satu orang yang potensial dan layak dipertahankan.

Jangan heran kalau ada orang yang punya etos ini susah sekali keluar dari perusahaan. Sebab perusahaan selalu menahannya dengan memberi tawaran yang menarik.

Menjadi orang yang bisa diandalkan bisa dimulai dari menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik. Terus memahami pekerjaan walaupun minim instruksi atau petunjuk yang didapat. Juga punya inisiatif tinggi dan menjadi problem solver buat setiap masalah yang muncul.

4. Punya dedikasi

Pegawai berdedikasi tinggi (Shutterstock).
Pegawai berdedikasi tinggi (Shutterstock).

Orang yang bisa diandalkan adalah orang yang punya dedikasi. Cara mengenali orang yang punya dedikasi itu mudah. Orang yang berdedikasi bakal gak pernah menyelesaikan pekerjaan setengah-setengah. Ia gak bakal menyerah sebelum tujuannya tercapai.

Orang-orang yang punya etos kerja ini paling berperan dalam kemajuan perusahaan. Bayangkan aja mereka mau belajar dan memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan. Gak heran kalau orang yang punya dedikasi selalu unggul dibanding yang lainnya.

5. Terus berusaha sekuat tenaga

Bertanggung jawab pada pekerjaan (Shutterstock).
Bertanggung jawab pada pekerjaan (Shutterstock).

Orang yang memiliki etos kerja ini gak kenal kata menyerah. Demi mencapai tujuannya, mereka terus berusaha dan enggan berhenti sebelum tercapai.

Setiap tantangan yang dihadapi selalu bisa diselesaikan dengan pemecahan yang kreatif dan inovatif. Malahan tantangan tersebut gak dipandang sebagai beban. Makanya orang-orang yang memiliki etos kerja ini antusias dalam menghadapi tantangan yang ada.

6. Punya akuntabilitas

Bertanggung jawab pada setiap pekerjaan yang telah dimulai (Shutterstock).
Bertanggung jawab pada setiap pekerjaan yang telah dimulai (Shutterstock).

Kamu pastinya sering dengar kata akuntabilitas karena menyaksikan berita atau membacanya di media online. Nyatanya nih akuntabilitas itu perlu banget ada buat kemajuan kariermu.

Akuntabilitas ini bisa disamakan dengan sikap bertanggung jawab. Jadi, melaksanakan kewajiban dengan tanggung jawab udah cukup membuktikan kalau kamu mempunyai akuntabilitas.

Terus mengakui kesalahan yang benar-benar diperbuat udah cukup membuktikan adanya akuntabilitas dalam dirimu. Bahkan, kesalahan tersebut dijadikan bahan pembelajaran buat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

7. Memiliki sikap yang rendah hati

Rendah hati ditunjukkan saat di kantor (Shutterstock).
Rendah hati ditunjukkan saat di kantor (Shutterstock).

Kalau belum ada, milikilah sekarang. Sikap rendah hati ternyata bisa bikin kamu berhasil dalam karier. Sikap rendah hati juga menjadi awalan seseorang buat mau belajar. Dengan begitu, banyak hal ilmu yang bisa diperoleh.

8. Punya skala prioritas

Skala prioritas harus ditentukan (Shutterstock).
Skala prioritas harus ditentukan (Shutterstock).

Orang sukses pasti punya skala prioritas dalam hidup mereka.Mereka terbiasa membuat perencanaan yang berisi kegiatan apa yang akan dilakukan keesokan hari. Meletakkan pekerjaan paling penting selalu ada di urutan atas. 

9. Batasi waktu kerja

Waktu kerja harus dibatasi (Shutterstock).
Waktu kerja harus dibatasi (Shutterstock).

Orang sukses bukan berarti kerja terus sampai gak kenal lelah. Mereka juga memiliki batas waktu dalam bekerja. Mereka akan disiplin menyeimbangkan kehidupan karir dan sosial. Kesuksesan yang diraih juga karena bisa menyeimbangkan kedua hal tersebut.

10. Beristirahat

Seorang laki-laki tengah rileks (Shutterstock).
Seorang laki-laki tengah rileks (Shutterstock).

Istirahat adalah saat yang tepat bagi kamu untuk mengevaluasi apa saja yang sudah dikerjakan selama ini. Apa hambatan yang terjadi di dalamnya, dan bagaimana kamu mengatasi hal tersebut. Istirahat bukan hanya untuk tubuh saja, melainkan hati dan pikiran juga perlu diistirahatkan. 

Walaupun begitu, semua etos kerja yang diterangkan cuma bisa efektif buat dirimu asalkan kamu bersungguh-sungguh menghadirkannya dalam pekerjaan sekarang. Jadi, jangan pernah nanggung deh buat melakukannya kalau pengin sukses. (Editor: Winda Destiana Putri).

Etos kerja ini bisa ditunjukkan dengan mengakui dan menghargai hasil pekerjaan rekan kerja. Atau mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang udah bekerja keras. Dari sini orang bisa menilai, betapa berintegritasnya kamu.

Walaupun begitu, semua etos kerja yang diterangkan cuma bisa efektif buat dirimu asalkan kamu bersungguh-sungguh menghadirkannya dalam pekerjaan sekarang. Jadi, jangan pernah nanggung deh buat melakukannya kalau pengin sukses. (Editor: Mahardian Prawira).