Sukses Hidup Hemat dalam Setahun, Ini Rahasia Eva Celia

Eva Celia. (Instagram)

Eva Celia. (Instagram)

Selama kurang lebih satu tahun, Eva Celia berhasil mengubah gaya hidup konsumtif dan boros jadi hemat. Berkat itu, ternyata putri Sophia Latjuba dan Indra Lesmana ini jadi lebih sehat dalam segala hal, termasuk keuangan.

Dalam sebuah seminar di acara Wealth Wisdom 2018 yang dipersembahkan oleh Bank Permata, Eva mengaku bahwa dirinya sempat menderita hoarding alias kegemaran menimbun barang. Selain itu, Eva juga punya kebiasaan buruk dalam hal makan.

Hal ini diperparah dengan fakta bahwa sejak kecil dia gak pernah diajari hal-hal yang berbau bujeting alias mengatur keuangan. Lambat laun, hal itu mengganggu kesehatannya sendiri.

Untung penyanyi jazz kelahiran 1992 ini cepat sadar dan mulai berjuang hidup lebih hemat.

Eva mengaku bahwa gak gampang buat menerapkan gaya hidup hemat alias frugal dan minimalis. Tapi dia tetap punya tips dan triknya yang bisa banget kamu tiru.

Apa aja? Langsung aja disimak!

1. Gak pakai sembarang pakaian

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eva Celia (@evacelia) on


Fashion merupakan hal yang digemari Eva Celia. Dia mengaku bahwa puasa belanja adalah hal yang sulit banget.

Tapi belakangan ini, dia udah meninggalkan kebiasaan beli-beli baju yang dia pengin dan menumpuknya di lemari.

Gimana caranya? Sebelum beli, pikirkan dulu dua hal: dari mana pakaian ini dibuat, dan berapa lama pakaian bisa dikenakan.

Eva mengatakan, dia lebih suka buat membeli produk yang emang punya nilai tersendiri. Misalkan, brand pakaian itu mendukung gerakan cinta lingkungan atau gerakan sosial, atau hidup hemat, dan sebagainya. Itu sebabnya, Eva gak asal-asalan terima endorse.

2. Belanja di pasar, sekalian dukung petani lokal

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eva Celia (@evacelia) on


Eva lebih suka belanja di pasar, ketimbang di supermarket. Buat poin ini, tentunya patut diapresiasi banget.

Ternyata, semenjak ini Eva Celia lakukan, dia juga makin sehat lho.

Gimana gak, produk-produk di pasar itu lebih terjaga kualitasnya ketimbang langsung beli makanan siap saji. Selain itu, jelas harganya lebih murah.

3. Unfollow dan Unsubscribe

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eva Celia (@evacelia) on


Teknologi emang makin canggih, tapi di balik itu ada bahaya yang harus diwaspadai oleh si boros. Misalnya, kita jadi lebih gampang atau bernafsu buat beli sesuatu ketika emang mengikuti akun online shop.

Gimana cara mengatasi ini? Menurut Eva sih gampang aja: unfollow aja akun medsos toko online yang kamu ikuti. Kamu juga bisa unsubscribe segala bentuk newsletter dari online store yang sering diterima lewat email.

4. Jangan ke mal

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eva Celia (@evacelia) on


Walaupun Eva Celia adalah publik figur yang gak mungkin banget kalau gak gaul, nyatanya dia juga bilang kalau dirinya jarang ke mal. Mengapa demikian?

Tentu aja buat menghindari godaan buat belanja. Gak usah belanja deh, godaan jajan aja sering muncul tiba-tiba kalau lagi jalan di mal.

Jika emang harus mengunjungi mal karena satu dan lain hal, maka solusinya adalah jangan sekali-kali window shopping.

Tahu apa itu window shopping? Itu adalah istilah dari “lihat-lihat doang tapi gak beli.” Mendingan gak usah lihat-lihat sekalian, kan?

5. Kalau pengin rekreasi, main, atau keluar duit banyak, bujetin dari jauh-jauh hari

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eva Celia (@evacelia) on


Meskipun gak diajarkan gimana bertanggung jawab terhadap uang sejak kecil, Eva kini bisa disiplin soal keuangan karena kemauannya sendiri.

Bagi Eva, traktir teman, nongkrong, dan sejenisnya emang gak dilarang. Tapi sebisa mungkin hal itu udah dibujetkan dari jauh-jauh hari.

Standar sih, tapi ya seberapa banyak sih yang melakukannya? Lebih banyak yang gak kan? Terus pas baru tengah bulan bingung karena uang gajian udah tinggal sedikit.

Itulah lima kiat sukses hidup hemat ala Eva Celia. Kisah Eva jelas mengingatkan kita kalau gak ada kata terlambat buat memulai hidup hemat.

Jadi, tertarik buat nyoba?

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis