FAC Sekuritas, Cara Buka Akun Saham dan Keunggulannya

fac sekuritas

Sebagian dari kamu mungkin sudah ada yang jadi nasabah PT FAC Sekuritas. Buat kamu yang belum pernah dengar nama ini, FAC sendiri adalah singkatan dari First Asia Capital. 

Kalau nama First Asia Capital, pasti pernah dengar dong? Analis dari perusahaan ini cukup aktif memberikan rekomendasi saham lewat media.

Sebagai anggota dari Bursa Efek Indonesia (BEI), FAC sendiri sudah aktif sejak 1989. Mereka mendapat izin beroperasi sebagai perantara perdagangan efek, dan memiliki tujuh kantor cabang dan 21 Galeri Investasi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Tertarik membuka akun di FAC Sekuritas, atau penasaran sama kelebihan dari perusahaan ini? Mari simak ulasannya di bawah sini agar kamu bisa mengenal FAC.

Profil FAC Sekuritas

fac sekuritas
Ini adalah salah satu Galeri Investasi FAC di Universitas Putra Indonesia YPTK (Twitter FAC)

Jangan salah lho, FAC Sekuritas didirikan pada 18 Oktober 1989 dengan nama Panin Capital. Namun pada tahun 2008 mereka berganti nama menjadi First Asia Capital.

Gak heran kalau kantor pusat dari sekuritas ini memang ada di Gedung Bank Panin Pusat, 4, Jl. Jenderal Sudirman, 1, Jakarta Pusat. Mereka adalah anak usaha dari Panin Group.

Sejatinya Panin Group juga punya anak usaha yang bergerak dibidang yang sama dengan FAC, tapi melantai di BEI. Dia adalah Panin Sekuritas atau PANS.

Sebanyak 25 persen saham FAC dipegang oleh Alfo Yusuf Tjahaja (Direktur Utama), 47,5 persen dipegang oleh DPK Panin Bank, 2,5 persen oleh Bank Panin Tbk, dan 25 persen sisanya dipegang Richard Rachmadi Wiriahardja.

Sama seperti Phintraco Sekuritas, FAC juga pernah menyabet penghargaan dari Museum Rekor Indonesia alias MURI, tetapi kategorinya beda. Kategori yang dimenangkan FAC adalah Pendukung Pencipta Investor Saham Terbanyak 2016.

Sejak berganti nama menjadi FAC, perusahaan sekuritas ini juga seringkali menyabet penghargaan dari BEI lho. Selain itu, mereka bahkan mendapat Sertifikat Halal dari Dewan Syariah Nasional. Jelas ini bukan perusahaan kaleng-kaleng ya!

Mau tahu keunggulan dari sekuritas ini? Yuk kita bahas di poin selanjutnya.

Keunggulan FAC Sekuritas

fac sekuritas
Apa aja keunggulan dari sekuritas ini? (FB Fac Sekuritas)

Setelah tahu sejarah dan sepak terjangnya di dunia keuangan, mari kita cari tahu keunggulan FAC Sekuritas ketimbang sekuritas lainnya.

1. Fee transaksi FAC Sekuritas gak semahal Panin Sekuritas

Biaya transaksi saham di FAC Sekuritas bisa dibilang cukup terjangkau alias gak semahal sister company-nya yaitu Panin Sekuritas. Jumlahnya adalah 0,18 untuk beli, dan 0,28 untuk jual. 

Patut diketahui juga bahwa, biaya deposit awal di rekening dana nasabah atau RDN FAC juga gak semahal Panin Sekuritas. Jika Panin Sekuritas adalah Rp 10 sampai Rp 25 juta, FAC bisa dimulai dengan Rp 3 juta.

2. Pilihan rekening dana nasabah (RDN) di FAC ada lima bank

Lumayan banyak kan pilihan banknya. Jumlahnya adalah lima yaitu:

– Bank Panin

– Bank Mandiri

– Bank Central Asia (BCA)

– Bank CIMB Niaga

– Bank Syariah Mandiri

3. Aplikasi tradingnya bisa untuk seluruh platform

Apapun platformnya baik itu android, iPhone, web browser, atau desktop, aplikasi FAST milik FAC Sekuritas bisa tetap digunakan. Pengin tahu kelebihan aplikasi ini? Mari cek di poin selanjutnya.

FAST, aplikasi trading milik FAC Sekuritas

fac sekuritas
Begini deh tampilan aplikasi FAST (Youtube Investasi Saham)

First Asia Trading System atau FAST, diluncurkan oleh FAC pada tahun 2011. Sementara itu untuk versi mobile, diluncurkan pada tahun 2013. 

Menurut review di Google Playstore, aplikasi ini mendapat bintang empat. Beberapa pengguna mengatakan bahwa user interface dari aplikasi ini cukup baik, dan mudah dipahami.

Sistem keamanan dari aplikasi ini juga sangat mumpuni.

Secara garis besar, FAST dibagi menjadi dua yaitu.

1. FAST 

Ini merupakan online trading system yang diciptakan untuk memudahkan Nasabah dalam bertransaksi saham kapan dan di mana saja. Saham apapun bisa kamu transaksikan di sini.

2. FAST Syariah

Nah kalau yang ini adalah versi syariahnya. Intinya, di aplikasi ini efek-efek yang bisa kamu transaksikan adalah efek syariah yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

saja. 

Mengingat ini adalah aplikasi trading syariah, maka FAST Syariah gak memiliki fitur margin. Kamu hanya bisa melakukan transaksi berdasarkan uang yang tersedia. 

Baik FAST dan FAST Syariah dilengkapi dengan fitur smart trading. Fitur ini bisa membantumu melakukan transaksi saham secara otomatis.

Cara buka akun di FAC Sekuritas

Tenang saja, proses buka akun di FAC Sekuritas ini bisa dilakukan secara online. Berikut adalah langkah-langkah cara bukan akun di sekuritas ini.

1. Isi formulir 

Masuk ke https://facsekuritas.co.id/register dan lakukan registrasi di formulirnya. Pastikan saja, data yang kamu masukkan ke formulir ini adalah data terbaru dan update. 

Proses pengisian formulir ini memang bakal memakan waktu lama, lantaran data-datanya memang cukup banyak. 

Jika kamu ingin melakukan pengisian formulir secara manual, kamu juga bisa melakukannya dengan mendatangi kantor cabang FAC. Bisa pula menghubungi customer representative mereka di 021-72799888.

2. Siapkan dokumen-dokumen ini

Untuk pembukaan RDN dan rekening efek, siapkan saja dokumen berupa fotokopi KTP, NPWP, dan buku tabungan. Khusus yang gak punya NPWP kamu harus membuat keterangan tertulis untuk ini ya.

Setelah itu, unggah semua berkas digital itu ke kantor pusat FAC. 

3. Tunggu permohonan rekeningmu disetujui

Setelah semua data diterima oleh FAC, maka tugasmu selanjutnya adalah menunggu sampai permohonanmu disetujui. Proses pembukaan akun di FAC memakan waktu tiga sampai tujuh hari kerja.

Kantor FAC Sekuritas

Sebagai perusahaan sekuritas ternama di Indonesia, FAC punya tujuh kantor representatif di berbagai kota. Untuk keperluan membuka akun atau mengunjungi kantornya untuk konsultasi, berikut adalah daftar alamat kantor FAC Sekuritas dan nomor kontaknya. 

No Kantor Alamat No Telepon
1 Taman Palem Lestari office Taman Palem Lestari Blok B17 8 Kota Jakarta Barat DKI Jakarta, 11730 P: 02155953775
2 Yogyakarta Jl. Tegalpanggung No. 20A

Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta 55212

P: 0274557559
3 Makassar Jl. Gunung Bawakareng no. 71

Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90157

P: 04113613122
4 Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur Jl. Taman Ade Irma Suryani (TAIS) Nasution No.21, Surabaya, Jawa Timur 90157 P: 0315340888
5 Kantor Perwakilan BEI Bengkulu Jl. Jend. Sudirman No 219B

Kota Bengkulu, Bengkulu 38114

P: 07367313449
6 Kantor Perwakilan BEI Banda Aceh Jl. Tengku Imeum Leung Bata No. 84

Kota Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam 23127

P: 065135101
7 Kantor Perwakilan BEI Jambi Jl Kolonel Abunjani No. 11A dan 11B

Kota Jambi, Jambi 36129

 

 

P: 027415911819

 

Itulah hal-hal yang mesti kamu ketahui seputar FAC Sekuritas. Intinya walaupun sama-sama dari Panin Group, FAC memang lebih terjangkau dari segi biaya ketimbang Panin Sekuritas. 

Semoga bermanfaat, selamat berinvestasi. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →