Fakta Bong Joon Ho Sutradara Berkekayaan Rp 410 M

Bong Joon Ho meraih penghargaan Oscar

Film terbaik peraih piala Oscar tahun 2020 diraih oleh “Parasite” yang disutradari oleh pria asal Korea Selatan, Bong Joon Ho. Karier Bong Joon Ho yang berkekayaan Rp 410 miliar pun langsung ikut terekspos.

“Setelah memenangkan Best International Feature saya kira itu yang terakhir untuk hari ini dan saya bisa bersantai,” kata Bong Joon Ho saat meraih penghargaan di California, Amerika Serikat, 10 Februari 2020.

Gak hanya satu nominasi, film karyanya tersebut juga menyabet gelar International Feature Film. 

Prestasi tersebut tentunya bikin banyak orang yang hadir berdecak kagum. Bahkan, hampir seluruh headline berita di seluruh dunia memberitakan hal ini. 

Salah satu alasannya karena “Parasite” menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang meraih penghargaan sebagai film terbaik.

Sebenarnya siapa sih sosok Bong Joon Ho? Yuk, ketahui fakta tentangnya seperti dikutip dari CNN:

Berasal dari Keluarga yang Punya Jiwa Seni

dua orang laki-laki sedang menjadi pembicara
Berasal dari Keluarga yang Punya Jiwa Seni (Shutterstock)

Jiwa seni di diri pria kelahiran 14 September 1968 ini ternyata juga tertanam di keluarganya. Bungsu dari empat bersaudara ini memiliki ayah seorang profesor grafis desainer, sedangkan sang bunda adalah ibu rumah tangga.

Kakak perempuan paling mudanya, yaitu Bong Ji-hee adalah seorang dosen fashion stylist di Universitas Anyang, Korea Selatan. 

Sementara kakak laki-laki tertuanya adalah seorang profesor Sastra Inggris di Universitas Nasional Seoul. Jadi, gak aneh kalau darah seni mengalir deras di diri sutradara berkacamata ini!

Kuliah Mengambil Jurusan Sosiologi di Universitas Yonsei

anak kampus sedang berjalan di sebuah universitas
Kuliah Mengambil Jurusan Sosiologi di Universitas Yonsei (Shutterstock)

Meski saat ini dikenal sebagai sutradara ternama di Asia, latar belakang pendidikannya ternyata gak memiliki korelasi secara langsung. 

Pada tahun 1988, pria berzodiak Virgo ini mengambil jurusan Sosiologi di Universitas Yonsei, Korea Selatan.

Selama kuliah, dia aktif mengikuti organisasi mahasiswa yang dibuat pihak kampus. Dia juga suka mengikuti aksi penyampaian pendapat di lingkungan kampus.

Namun, dia terpaksa mengikuti kegiatan wajib militer yang diadakan pemerintah selama dua tahun pada tahun 1990 lalu. Barulah pada tahun 1995 dia lulus dari Universitas Yonsei.

Mengikuti Program Korean Academy of Film Arts

bangku sutradara film
Mengikuti Program Korean Academy of Film Arts (Shutterstock)

Minatnya di dunia sineas mulai muncul ketika mengikuti program Korean Academy of Film Arts selama dua tahun. 

Di sana banyak film pendek yang udah dibuatnya dan bisa disebut menjadi cikal bakal kesuksesan yang diperolehnya hari ini.

Seperti film “Memory Within the Frame” dan “Incoherence” yang ditampilkan di festival film Vancouver dan Hong Kong. Film tersebut merupakan hasil kolaborasinya dengan teman kelasnya.

Terjun ke Dunia Film Profesional Tahun 1997

para kru film sedang syuting
Terjun ke Dunia Film Profesional Tahun 1997 (Shutterstock)

Film pertama yang digarapnya berjudul “Motel Cactus” yang bergenre drama dan romance. Di sana Joon Ho bertugas sepagai penulis cerita.

Lalu di tahun 2005, dia memproduksi film berjudul “Antartic Journal” yang sukses meraup keuntungan hingga US$ 5 juta lebih atau setara Rp 68 miliaran.

Bintang film “Avengers” Chris Evans juga sempat membintangi film garapannya berjudul “Snowpiercer” pada tahun 2013. 

Puncak kariernya di dunia perfilman terjadi pada tahun 2019 ketika menjadi sutradara, penulis sekaligus produser film “Parasite”.

Mendapat Penghargaan Bergengsi Lainnya

seorang pria sedang meraih penghargaan
Mendapat Penghargaan Bergengsi Lainnya (Shutterstock)

Sebelum naik ke panggung Oscar, pria 52 tahun ini juga sempat menerima penghargaan di Festival Film Cannes untuk kategori film terbaik. 

Saat itu, dia mendapatkan penghargaan Palme d’Or, piala tersebut merupakan penghargaan paling bergengsi dalam acara tersebut.

Berapa Harta Kekayaannya?

setumpuk uang dolar
Berapa Harta Kekayaannya? (Shutterstock)

Dengan karier yang terbilang cukup moncer tersebut, Bong sukses memiliki harta kekayaan mencapai US$ 30 juta atau setara Rp 410 miliaran.

Itulah fakta menarik sutradara film “Parasite”. Semoga jejak tersebut bisa menginspirasi pelaku industri film di Tanah Air untuk go international dan menggebrak Hollywood ya!

Selain bisa menorehkan prestasi sebagai insan perfilman, bekerja di industri ini juga menghasilkan banyak pundi-pundi kekayaan. 

Kamu yang senang dengan dunia perfilman juga bisa lho mulai menapaki industri ini dengan mengetahui beragam profesi yang bisa ditempuh. Sebelum mengulasnya lebih jauh, yuk baca di artikel Lifepal.id berikut.

So, mengetahui fakta Bong Joon Ho, sekarang waktunya untuk kamu juga bersinar dengan karya-karyamu. Selamat meraih kesuksesan dan cuan di bidang apapun yang digeluti! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →