2 Fakta Menarik Dirut Garuda Baru Irfan Setiaputra

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia yang baru

Irfan Setiaputra telah ditunjuk menjadi Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia yang baru setelah melewati mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu (23/1/2020).

Terpilihnya Irfan menggantikan posisi Dirut sebelumnya, yaitu I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra yang diberhentikan karena terlibat penyelundupan motor gede Harley Davidson dan sepeda Brompton, beberapa waktu lalu.

Selain Irfan yang terpilih menjadi Dirut Garuda, Triawan Munaf juga diangkat sebagai Komisaris Utama Garuda Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya mencari figur terbaik yang untuk mengelola flight carrier, Garuda Indonesia.

“Saya harap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik, mengikuti prinsip Good Corporate Governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi,” kata Erick Thohir.

Sebelumnya, Irfan memang telah menjadi calon kuat yang digadang-gadang menggantikan Ari Ashkara di perusahaan pelat merah tersebut.

Profil Singkat Irfan Setiaputra

Sketsa wajah Irfan Setiaputra
Profil menarik Irfan Setiaputra (Facebook/Irfan Setiaputra)

Irfan Setiaputra merupakan lulusan sarjana informatika dari Institute Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1989. Dalam hal kiprahnya di dunia profesional, Irfan sebenarnya bukanlah orang baru di perusahaan pelat merah.

Sejak lulus dari ITB, pria kelahiran Jakarta, 24 Oktober 1964 itu tercatat telah aral melintang di sejumlah perusahaan teknologi dan informatika. Di antaranya di IBM, LinkNet dan Cisco.

Perjalanan Karier

Irfan Setiaputra saat tengah berada di luar negeri
Perjalanan karier Irfan Setiaputra (Facebook/Irfan Setiaputra)

Irfan telah memiliki sejumlah rekam jejak di sejumlah sektor bisnis, mulai dari dunia telekomunikasi hingga pertambangan.

Seperti dikutip dari laman MWA ITB, Irfan yang merupakan anggota Majelis Wali Amanat Wakil Alumni pernah meraih penghargaan IBM STAR of the STARS Award, IBM Professional Achievement Award, dan Best CEO versi majalah SWA pada tahun 2000.

Irfan pernah menjabat sebagai Managing Director di Cisco. Saat itu, Irfan yang memegang jabatan tersebut hingga tujuh tahun berhasil meningkatkan bisnis Cisco Indonesia dari US$ 25 juta jadi US$ 125 juta.

Kemudian, Irfan pada tahun 2009-2012 pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Inti (Persero). Namun, Irfan memutuskan hengkang karena gaji yang diterima lebih kecil dari pekerjaan sebelumnya.

Setelah keluar dari perusahaan BUMN, Irfan kemudian melanjutkan kariernya di PT Titan Mining Indonesia pada periode Agustus 2012 hingga Juni 2014. Kemudian Irfan menjadi CEO PT Cipta Kridatama pada rentang Juli 2014 hingga Mei 2017.

Irfan juga pernah diangkat sebagai Chief Operating Officer (COO) PT ABM Investama Tbk (ABMM) dari Mei 2015 hingga Mei 2016. Selanjutnya, Irfan menjadi President Director & CEO Reswara Minergi Hartama pada Mei 2017 hingga Desember 2017.

Terakhir, Irfan menjabat sebagai CEO Sigfox Indonesia. Di sana, dia memimpin perusahaan pengelola jaringan Internet of Things (IoT) itu sejak Februari 2019 lalu.

Kini Irfan Setiaputra telah menjadi Dirut Garuda Indonesia yang baru. Semoga dengan seluruh kiprah Irfan sebelumnya di beberapa perusahaan mulai telekomunikasi, pertambangan, hingga pelat merah bisa membawa Garuda Indonesia lebih baik lagi.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →