2 Periode Jadi Menlu, Ini Fakta Retno Marsudi yang Berharta Rp 15 M

Retno-Marsudi-blog

Retno Marsudi kembali ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri di kabinet kerja Jokowi-Ma’ruf selama periode 2019-2024.

Seperti yang diketahui, posisi Menteri Luar Negeri sebelumnya juga diisi pemilik nama lengkap Retno Lestari Priansari ini.

Menjabat sebagai Menteri Luar Negeri selama dua periode tentu saja membuat wanita kelahiran Semarang, 27 November 1962 ini semakin jadi sorotan masyarakat.

Kalau soal prestasi, udah gak perlu diragukan lagi. Dia berhasil menyabet beberapa penghargaan yang diberikan oleh lembaga yang ada di dunia. Salah satunya, “Order of Merit” dari Raja Norwegia pada tahun 2011.

Penasaran dengan fakta menarik Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Mursadi? Simak rangkuman Lifepal dari beberapa sumber berikut:

Mengenal sosok Retno Marsudi

Retno Marsudi
Mengenal sosok Retno Marsudi (Instagram/@retno_marsudi)

Pemilik nama lengkap Retno Lestari Priansari Marsudi yang dikenal dengan nama Retno Marsudi ini lahir dan besar di Semarang. 

Dia menempuh pendidikan menengah atas di SMA Negeri 3 Semarang dan melanjutkan studi S1-nya di kampus ternama Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta jurusan Ilmu Hubungan Internasional.

Usai memperoleh gelar Sarjana, Retno lalu melanjutkan pendidikan Magister (S2) jurusan Undang-Undang Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda.

Retno menikah dengan Agus Marsudi yang berprofesi sebagai seorang arsitek dan dikarunia dua orang anak yang bernama Dyota Marsudi dan Bagas Marsudi.

Baca juga: Sri Mulyani dan Gaya Hidup Sederhananya yang Menginspirasi!

Jejak kariernya di Kementerian Indonesia

retno marsudi
Jejak karier di kementerian Indonesia (Instagram/@retno_marsudi)

Usai menyelesaikan pendidikannya, Retno lantas bekerja di Kementerian Luar Negeri Indonesia. Dia kemudian menjabat sebagai Sekretaris Satu Bidang Ekonomi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda dari tahun 1997 hingga 2001.

Karirnya terus meroket hingga ditunjuk sebagai Direktur Eropa dan Amerika di tahun 2001. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 2003, Retno dipromosikan menjadi Direktur Eropa Barat.

Di tahun 2005, karir Retno semakin cemerlang. Menteri Luar Negeri wanita pertama di Indonesia ini diangkat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia.

Hingga akhirnya, dia kembali ke Jakarta untuk mengisi posisi sebagai Direktur Jenderal Eropa dan Amerika dan di tahun 2012, Retno dikirim kembali menjadi Duta Besar Indonesia untuk Belanda.

Lalu di tahun 2014, Retno yang sempat mendalami studi Hak Asasi Manusia di Universitas Oslo ini ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri oleh Presiden Joko Widodo.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kemudian pada tanggal 23 Oktober 2019, Retno kembali diminta untuk membantu pemerintahan Indonesia pada susunan Kabinet Indonesia Maju dan melanjutkan kiprahnya sebagai Menteri Luar Negeri.

Raih banyak penghargaan

retno marsudi
Raih banyak penghargaan (Instagram/@retno_marsudi)

Kalau berbicara soal kinerja kerja, tentu saja Retno Marsudi memiliki track record yang gak sembarangan. Ya Iyalah, buktinya aja bisa menjabat sebagai Menteri Luar Negeri selama dua periode.

Selama mengemban tugasnya, wanita berusia 56 tahun ini diketahui berhasil memperoleh beberapa penghargaan.

Pada Desember 2011, Retno Mursadi mendapat penghargaan “Order of Merit” dari Raja Norwegia. Bahkan Retno merupakan orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan itu lho.

Di tahun 2017, Retno juga mendapat penghargaan dari UN Women dan Partnership Global Forum (PGF) di bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan.

Retno Marsudi menerima penghargaan tersebut langsung dari Asisten Sekretaris Jenderal PBB sekaligus Deputi Direktur Eksekutif UN Women, Lakhsmi Puri di Markas Besar PBB, New York.

Kekayaan mencapai Rp 15 miliar

retno marsudi
Kekayaan mencapai Rp 15 M (Instagram/@retno_marsudi)

Sukses menjadi seorang Diplomat dan Menteri, membuat Retno memiliki kekayaan yang gak sedikit. 

Seperti dilansir dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di pelaporan April 2018, Retno diketahui memiliki total kekayaan mencapai Rp 15 miliar.

Dalam laporan tersebut, Retno memiliki rumah yang jika dijumlahkan senilai Rp 2,5 miliar. Kendaraan senilai Rp 733 juta dan yang terbesar ada di kas atau setara kas, sayang tidak dijelaskan lebih rinci terkait kekayaan yang dimilikinya.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai sosok Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi yang sangat berprestasi. Selamat dan sukses untuk Bu Retno kembali jadi Menlu RI! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →