Tambah Modal Rp 28 T di Indonesia, Ini 4 Fakta Softbank yang Gemar Berinvestasi Startup!

softbank

Nama perusahaan asal Jepang Softbank dalam beberapa tahun belakangan emang santer dibicarakan media Tanah Air dan dunia terkait aktivitas bisnisnya yang sangat cepat menyebar. Salah satu startup lokal yang pernah disuntik dana adalah Tokopedia pada tahun 2018.

Gak berhenti sampai di situ perusahaan yang berdiri pada 3 September 1981 itu berencana bakal memberikan uangnya lagi untuk mengembangkan infrastruktur digital di Tanah Air.

“Kami akan membangun kantor pusat kedua Grab di Indonesia dan menjadikannya unicorn kelima, dan juga menginvestasikan US$ 2 miliar melalui Grab,” ungkap CEO Softbank Masayoshi Son saat bertemu Jokowi di Istana Negara pada 29 Juli 2019 lalu, seperti dikutip dari Media Indonesia.

Salah satu wujud dari investasi itu adalah dengan menghadirkan kantor unicorn kelima di Indonesia, yakni Grab dalam waktu dekat.

Tercatat paling gak ada lima perusahaan rintisan lokal yang mendapatkan sokongan modal seperti Alodokter, Shopback, Modalku, Moka dan CoHive. Pantas saja mereka disebut langganan investasi di Indonesia ya kan?

Daripada berlama-lama lagi mending kita simak saja empat fakta unik tentang Softbank yang penting kamu ketahui.

Softbank adalah perusahaan terbesar kedua di Jepang dengan nilai pasar Rp 1.594 triliunan

Softbank
Softbank

Gak aneh kalau mereka gencar banget menambah modal startup dunia dengan uang yang dimiliki. Pasalnya, mereka merupakan perusahaan terbesar kedua di Negeri Sakura dengan nilai pasar mencapai Rp 1.594 triliunan.

Masih kalah di bandingkan dengan raksasa otomotif Toyota yang memiliki nilai pasar sekitar Rp 2.505 triliunan. Namun, masih berada satu peringkat di atas Mitsubishi UFJ Financial Group dengan nilai pasar Rp 925 triliunan

Hanya saja, secara peringkat global Softbank masih berada di posisi ke-36.

Baca juga: Berasal dari Korea Utara, Ini 6 Fakta Masayoshi Son Orang Terkaya di Jepang

Memiliki industri bisnis di berbagai sektor penting

Softbank
Softbank

Selanjutnya yang membuat SoftBank memiliki nilai pasar yang kuat adalah lini bisnisnya yang hampir ada di setiap industri, contohnya seperti Internet, Smartphone, robot, energi listrik, telekomunikasi dan e-commerce.

Bahkan, di Jepang perusahaan yang dibuat Masayosho Son ini berkontribusi sebagai distributor produk Apple resmi.

Filosofi perusahaan yang sangat kuat

Softbank
Softbank

Untuk mendirikan perusahaan yang hebat dan kuat, tentu diperlukan sebuah filosofi yang kuat sebagai pondasi.

Salah satu filosofi yang disebutkan pendirinya, yaitu Masayoshi Son, adalah perusahaannya harus memiliki rencana selama 300 tahun ke depan dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Mungkin karena filosofi yang bisa dikatakan anti-mainstream itu, korporasi Masayoshi berhasil mengarungi beberapa negara termasuk di Indonesia.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Investasi terbesarnya dilakukan pada tahun 2016 senilai Rp 455 triliunan

Softbank
Softbank

Jika di bandingkan dengan modal yang ditanamkan di Indonesia sampai hari ini, rekor nilai kerja sama investasi yang dilakukan Softbank pada tahun 2016 sangat jauh nilainya.

Tercatat rekor tersebut menyentuh angka US$ 32 miliar atau setara Rp 455 triliunan dengan perusahaan ARM Holdings yang berasal dari Inggris dan bergerak di bidang semi konduktor.

Itulah sedikit fakta unik mengenai SoftBank yang bisa kamu ketahui. Semoga ke depannya semakin banyak pihak yang menanamkan modal di Indonesia agar infrastruktur bisa berkembang ya, guys! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →