Sri Mulyani Jadi Menteri Lagi, Ini Sosok Pria di Balik Sang Menkeu

sri mulyani

Sri Mulyani kembali dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) di Kabinet Indonesia Kerja Jilid 2. Kembali dipercaya sebagai Menkeu, Sri Mulyani memiliki sosok luar biasa yang ada di belakangnya, yaitu sang suami, Tonny Sumartono.

Di balik kesuksesan suami, ada istri hebat. Pun begitu sebaliknya, ada suami hebat di balik kesuksesan istri. Istilah itu pas betul diberikan untuk Sri Mulyani.

Pasalnya, di balik kesuksesan Sri Mulyani mencatat prestasi memukau di dunia perekonomian Tanah Air, ada sosok sang suami, Tonny Sumartono.

Betapa tidak, Tonny Sumartono merupakan sosok pendukung pertama Sri Mulyani untuk mencatatkan beberapa keberhasilan hingga gebrakan baru di dunia ekonomi baik Tanah Air hingga dunia.

Beristrikan Menkeu Terbaik Dunia, Tonny Sumartono memiliki beberapa fakta menarik tentangnya. Selain itu, fakta tentang kisah hubungan mereka juga menarik untuk diulas. 

Penasaran? Yuk, simak faktanya seperti dirangkum Lifepal di sini:

Karyawan bank yang nikahi staf pengajar

sri mulyani
Karyawan bank yang nikahi staf pengajar (Instagram/@smindrawati)

Kisah perkenalan Sri Mulyani dan Tonny Sumartono ternyata dimulai usai wanita 57 tahun tersebut menyelesaikan pendidikan master di Univercity of Illinois, Amerika. 

Saat itu, wanita yang juga akrab disapa Mbak Ani bekerja sebagai staf pengajar Universitas Indonesia (UI), sementara Tonny Sumartono merupakan pegawai bank.

Keduanya menikah pada tahun 1970. Dari hasil pernikahannya dengan Tonny Sumartono, anak seorang dosen di Semarang itu dikaruniai tiga orang anak.

Baca juga: Bergaji Rp 5 Miliar per Tahun, Segini Total Kekayaan Sri Mulyani

Kerap dipanggil Bapak Sri Mulyani

sri mulyani
Kerap dipanggil Bapak Sri Mulyani (Instagram/@smindrawati)

Sosok Tonny Sumartono memang jarang terekspos media. Namun, kehadirannya sebenarnya tak jauh-jauh dari wanita yang kerap disapa Ani.

Sosok Tonny yang jarang terekspos pun membuatnya kerap dipanggil Bapak Sri Mulyani. 

Menemani Bu Ani mencatat prestasi cemerlang

sri mulyani
Menemani Bu Ani mencatat prestasi cemerlang (Instagram/@smindrawati)

Sri Mulyani sebelum menjadi menkeu di pemerintahan Jokowi, telah lebih dulu menjaga anggaran keuangan zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bu Ani pun telah mencatatkan banyak prestasi cemerlang.

Salah satunya, mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates.

Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian, Minggu 11 Februari 2018 lalu, penghargaan tersebut diserahkan oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Proses seleksi dalam menentukan predikat Menteri Terbaik dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit.

“Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi,” ungkap Sri Mulyani dalam kata sambutannya, seperti dikutip dari Kompas.com.

Itulah Sri Mulyani yang mendapat dukungan penuh dari rekan hidupnya, Tonny Sumartono untuk terus menorehkan prestasi cemerlang di dunia perekonomian Indonesia hingga dunia. 

Selamat bertugas kembali sebagai Menkeu RI jilid II Bu Ani, semoga perekonomian Indonesia semakin baik lagi dengan andil Ibu!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →