5 Film Animasi Disney Paling Laris, Ada yang Cuan Sampai Rp 17 Triliun!

film animasi disney

Film animasi Disney tampaknya gak ada habis-habisnya tampil di layar bioskop setiap tahunnya. Selain menawarkan olahan grafis yang ciamik, perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini juga menyajikan cerita yang menyenangkan untuk ditonton bersama keluarga.

Bulan November ini, tepatnya tanggal 21, sekuel film Disney yang banyak ditunggu-tunggu masyarakat yaitu Frozen 2 tayang di bioskop. Banyak pihak yang menunggu setelah perilisan pertamanya tahun 2013  lalu.

Dari sekian banyak film animasi Disney yang udah dirilis sampai hari ini, kira-kira judul apa yang paling laris dan menghasilkan cuan paling banyak, ya? Mending kita simak langsung aja nih daftar lengkapnya, melansir dari Screen Rant.

Baca juga: Sebelum Aladdin, Ini 6 Live Action Disney Terlaris yang Wajib Ditonton

5. Zootopia – Rp 14,4 triliun

film animasi disney
Zootopia.

Film animasi Disney pertama yang masuk dalam daftar adalah Zootopia, sebuah film yang dirilis pada tahun 2016 yang lalu.

Di film ini banyak aktris dan aktor Hollywood terkenal yang menjadi pengisi suara, mulai dari Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Idris Elba hingga penyanyi Shakira.

Dengan bujet hanya sekitar US$ 150 juta, pihak Disney berhasil melipatgandakan keuntungan mencapai US$ 1,024 miliar atau setara Rp 14,4 triliun.

Baca juga: 5 Alasan Berkunjung ke Hong Kong Disneyland pada Musim Liburan Tengah Tahun

4. Film animasi Disney Finding Dory – Rp 14,5 triliun

film animasi disney
Finding Dory.

Keempat ada film sekuel dari Finding Nemo yakni Finding Dory. Setelah hampir menunggu selama 13 tahun akhirnya para penggemar Nemo bisa melihat aksi ikan-ikan lucu nan kocak di film ini.

Beberapa artis Hollywood yang ikut serta mengisi suara di film ini antara lain adalah Ellen Degeneres, Kaitlin Olson, Ty Burrell dan Eugene Levy.

Hampir sama seperti Zootopia, biaya produksi membuat film Finding Dory ditaksir sekitar US$ 150 juta hingga US$ 200 juta dan berhasil mengumpulkan cuan hingga US$ 1,029 miliar atau Rp 14,5 triliun.

Baca juga: Sah! Disney Akhirnya Pinang 21st Century Fox Senilai Rp 1.000 Triliun

3. Toy Story 3 – Rp 15 triliun

film animasi disney
Toy Story 3.

Selanjutnya ada kisah Woody dan Buzz Lightyear di serial film Toy Story 3. Buat kamu anak milenial pasti tau banget nih sama film yang satu ini karena pertama kali muncul pada tahun 1995.

Aktor kawakan seperti Tom Hanks, Tim Allen dan Michael Keaton ikut serta dalam proses pembuatan film Toy Story 3 sebagai pengisi suara.

Bujet yang dibutuhkan Disney untuk membuat film ini mencapai US$ 200 juta dan keuntungannya mencapai US$ 1,067 miliar atau setara Rp 15 triliun.

2. The Incredibles 2 – Rp 17,5 triliun

film animasi disney
The Incredibles 2.

Duduk di posisi runner up ada film animasi Disney The Incredibles 2. Mirip-mirip dengan Finding Dory, butuh 14 tahun untuk Disney guna membuat sequelnya.

Pengisi suara yang membintangi film ini adalah Samuel L. Jackson, Holly Hunter dan CraigT. Nelson. 

Dengan bujet hanya US$ 200 juta, Disney berhasil meningkatkan keuntungan mencapai US$ 1,242 miliar atau setara Rp 17,5 triliun.

1. Frozen – Rp 18 triliun

film animasi disney
Frozen.

Film animasi Disney dengan pendapatan terbesar sepanjang masa diraih oleh Frozen. Salah satu karakter yang namanya paling dikenal adalah Elsa beserta Anna.

Beberapa artis Hollywood yang mengisi suara film ini adalah Kristen Bell, Idina Menzel, Jonathan Groff dan Josh Gad.

Dengan bujet sekitar US$ 150 juta aja Disney berhasil meraup untung US$ 1,276 miliar atau setara Rp 18 triliun.

Nah itulah 5 daftar film animasi Disney dengan cuan paling banyak selama ini. Apakah film Frozen 2 bisa mengalahkan rekor tersebut? (Editor: Ruben Setiawan)