Dari Nol Jadi Berharta, Ini Deretan Film yang Memotivasi Agar Sukses!

Lagi pengin membakar semangat  dengan menonton film inspirasi terbaik? Ternyata ada cukup banyak film yang bisa dijadikan inspirasi dan motivasi kamu biar makin semangat lho. Kamu pasti udah gak asing lagi nih dengan film-film ini, mau tahu apa aja?

Bisa jadi kamu udah punya beberapa daftar film yang bikin kamu bersemangat. Buat menambah daftar tersebut, berikut beberapa judul film inspirasi yang bisa jadi belum kamu tonton.

Tontonan kadang bisa jadi sumber motivasi buat yang menontonnya. Oleh sebab itu, gak ada salahnya buat pilih-pilih film yang sekiranya mampu membangkitkan motivasi dalam diri kamu, bukan gitu?

MoneySmart.id udah merangkum nih beberapa judul film inspirasi terbaik dari dalam negeri dan luar negeri. Mungkin beberapa dari kamu udah pernah udah menontonnya. Nah, gak ada salahnya kok menonton kembali. Mau tahu apa aja? Yuk, kita lihat bersama-sama berikut ini:

1. The Greatest Showman

Film yang terbilang masih baru ini rilis pada tahun 2017 lalu bisa dikatakan kisahnya terinspirasi dari kisah nyata P.T. Barnum alias Phineas Taylor Barnum. Sosok tersebut merupakan seseorang yang berpikir out of the box di zamannya.

Meskipun dia bukanlah seseorang yang berasal dari keluarga kaya, P. T. Barnum berhasil jadi pencetus bisnis sirkus yang mendunia. Disajikan dengan konsep drama musikal, banyak pelajaran berharga yang hadir pada film inspirasi terbaik satu ini.

Perjuangan P.T. Barnum dari nol buat memulai bisnisnya patut dapat acungan jempol. Dari film ini, kamu bisa memetik pelajaran bahwa kesuksesan bisa hadir bila kamu mampu jadi visioner. Emang sih gak ada yang orisinal sekarang ini namun kamu bisa lakukan inovasi.

2. The Pursuit of Happyness

Pasti tahu dong gimana harunya film “The Pursuit of Happyness”. Film ini juga terinspirasi dari kisah nyata seorang pialang saham ternama, Chris Gardner. Perjalanannya hingga jadi seorang pialang saham ternyata gak mulus-mulus banget lho, bahkan cenderung miris banget kalau kamu udah pernah menonton aksi Will Smith dan putranya, Jaden Smith di film ini.

Chris Gardner semula adalah seorang salesman yang menghabiskan seluruh tabungan keluarga demi membeli sebuah franchise. Produk yang ia jual adalah scanner tulang portable yang emang bagus namun sangat mahal sehingga gak laku.

Kondisi tersebut jadi titik kegagalan Chris Gardner. Tabungan keluarga habis, dia ditinggal istri, dan bahkan dia bersama putranya harus jadi tuna wisma. Meski demikian, himpitan ekonomi tersebut ternyata jadi cambuk agar bisa sukses buat Chris Gardner.

Dia malah belajar sesuatu yang sangat baru buatnya, yaitu pialang saham. Kemudian, dia bertekad buat jadi anak magang terbaik biar bisa jadi karyawan tetap perusahaan tempatnya melamar. Akhirnya, Chris Gardner berhasil dan bahkan mendirikan perusahaan pialang sahamnya sendiri.

Dari film ini mengajarkan kamu buat gak menyerah saat alami kegagalan. Bisa jadi kegagalan tersebut malah jadi titik balik kamu jadi orang sukses dan kaya raya.

3. Forrest Gump

Judul “Forrest Gump” diambil dari nama tokoh utamanya sendiri. Film tersebut menceritakan tentang si Forrest Gump yang acap kali dapat bullying. Sebab, Forrest memiliki keterbatasan fisik dan kecerdasan di bawah rata-rata.

Meski demikian, ternyata Forrest punya kemampuan berlari sangat cepat. Bahkan, diceritakan dia berlari mengelilingi Amerika Serikat selama lebih dari tiga setengah tahun yang bikin ia terkenal.

Sebelumnya, Forrest sendiri ternyata berhasil masuk pasukan militer Amerika Serikat dan ditempatkan di Vietnam. Bahkan, dia berhasil mengembangkan bisnis udang bersama rekannya, Bubba.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Dari kisah film “Forrest Gump” ini jadi pelajaran bahwa keterbatasan fisik bahkan mental bukanlah penghalang buat sukses. Kesuksesan adalah hak semua orang. Yang terpenting adalah gimana kamu mau berusaha.

4. Joy

Diperankan oleh Jennifer Lawrence, film “Joy” berkisah tentang Joy Mangano yang adalah janda tiga anak yang berhasil bangkit dari keterpurukan. Kehidupan Joy sangat rumit. Mulai dari orangtuanya yang bercerai dan dirinya juga mengalami hal sama seperti kedua orangtuanya.

Joy ternyata punya bakat yang terpendam sejak kecil. Akhirnya, dirinya membuat alat pel canggih yang dia beri nama Miracle Pop.

Perjuangannya buat menawarkan prototype-nya tersebut pun gak mudah. Meski demikian, usahanya berhasil dan dia sukses jadi pengusaha kaya raya di New York.

Kisah Joy ini memberikan inspirasi bahwa kamu harus mencoba mengeksekusi ide yang ada dalam pikiran kamu. Plus, tentu aja berusaha buat meyakinkan orang-orang lain bahwa ide tersebut berhasil.

5. Slumdog Millionaire

Film “Slumdog Millionaire” emang menceritakan kisah seorang anak jalanan yang memenangkan kuis Who Wants to be a Millionaire. Meski demikian, perjalanan pemeran utama Jamal Malik (Dev Patel) sangat inspiratif buat disimak.

Apalagi kisah kaum kelas bawah seperti ini jarang diangkat ke film. Kisah Jamal Malik yang bertahan hidup di jalanan karena terpisah dengan ibunya sangat mengiris hati. Akan tetapi, Jamal Malik jadi contoh bahwa gimanapun kondisi kamu, kamu tetap harus berusaha.

Seorang anak jalanan sekalipun berhak buat sukses. Meskipun misalnya Jamal gak memenangkan kuis tersebut pun, Jamal udah kasih contoh perjuangan hidup yang begitu hebat.

6. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Film Indonesia satu ini menceritakan tentang motivator Merry Riana yang dulunya berhasil mendapatkan sejuta dolar sebelum usia 26 tahun. Perjalanannya buat jadi agen asuransi yang sukses cukup penuh liku.

Merry Riana harus menempuh pendidikan di Singapura karena kondisi Indonesia yang kurang kondusif. Di sana dirinya mesti berjuang buat menyelesaikan pendidikan tingginya karena uang yang dikirimkan orangtuanya nyatanya gak mencukupi.

Merry Riana gak menyerah gitu aja. Dirinya berhasil mendapatkan pinjaman pendidikan dan bahkan seusai kuliah dia berusaha buat segera melunasinya. Berbagai cara dia tempuh. Bahkan dengan cara bekerja membagi-bagi brosur.

Film inspirasi terbaik buat sukses dari “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar” ini layak kamu tonton. Semangat Merry Riana buat mau bekerja apa aja dan mencoba menekuni bidang tertentu patut dicontoh.

7. 9 Summers 10 Autumns

Film “9 Summers 10 Autumns” bercerita tentang Iwan yang berasal dari kota kecil, Malang. Di sana dirinya tinggal bersama orangtuanya di rumah berukuran 6 x 7 meter aja. Bahkan, Iwan gak punya kamar sendiri.

Background keluarga Iwan jauh dari kata kaya. Ayahnya adalah sopir angkot sementara sang ibunda gak tamat bangku pendidikan Sekolah Dasar. Meski demikian, Iwan punya mimpi besar. Ia pun gigih menempuh pendidikan hingga membawanya bekerja di New York, Amerika Serikat. Gak tanggung-tanggung, Iwan berhasil dapat posisi bagus di perusahaan top dunia.

Kisah “9 Summers 10 Autumns” mengajarkan kamu bahwa buat meraih sukses, salah satunya bisa dilakukan dengan giat bersekolah. Pendidikan bisa mengubah cara pandang dan bahkan jadi batu loncatan buat sukses.

Film-film inspiratif terbaik yang udah disebutkan di artikel ini banyak menghadirkan pelajaran kesuksesan dari berbagai angle. Terbukti bahwa kesuksesan dan bahkan jadi kaya raya bisa kamu raih dengan berbagai cara. Yang terpenting adalah mau menggali potensi diri dan ulet bekerja.

Gak cuma itu, buat mencapai sebuah kesuksesan kamu emang mesti melalui sebuah proses. Proses lah yang membuat dirimu menjadi orang kuat dalam menghadapi segala rintangan dan dapat melaluinya dengan baik.

Jangan pernah takut dengan yang namanya sebuah proses dalam mengerjakan segala sesuatunya. Oh iya, doa juga salah satu kunci sebuah kesuksesan kamu dalam mencapai segala sesuatunya. Semoga informasi mengenai film inspirasi terbaik tersebut bermanfaat! (Editor: Mahardian Prawira)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →